Jelang FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket Bakal Jajal Kekuatan Klub NBL 1

Oleh Liputan6.com pada 09 Jun 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 09 Jun 2022, 15:30 WIB
Timnas Bola Basket 5x5 Indonesia Putra
Perbesar
Penampilan Timnas Bola Basket 5x5 Indonesia Putra saat melawan Singapura, Jumat (20/5/2022) (Sumber: Perbasi)

Liputan6.com, Jakarta PP Perbasi mengumumkan 16 roster yang akan dibawa ke Australia untuk memantapkan persiapan menuju FIBA Asia Cup 2022 yang dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta pada 12 hingga 24 Juli 2022. 

Manajer Timnas basket 5x5 Putra Indonesia, Jeremy Immanuel Santoso menjelaskan try-out kali ini diharapkan timnas basket bisa mendapatkan pelajaran langsung dari penghuni rangking ketiga FIBA dunia, yakni Australia.

“Kami ingin anak-anak mendapatkan pembelajaran langsung dimana level bola basket di Australia itu yang kita tahu adalah rangking ketiga di FIBA dunia,” ungkap Jeremy dilansir dari laman resmi federasi. 

Selama di Australia, timnas basket Indonesia akan menjalani 10 uji coba melawan klub NBL 1. Jeremy juga menambahkan klub-klub NBL 1 memiliki pemain yang bagus dan cara bermain yang baik. 

“Mereka memiliki postur-postur pemain dan memiliki cara bermain yang sangat tinggi. Jadi di Australia ini mempersiapkan secara langsung anak-anak melawan level bolabasket yang jauh lebih tinggi dari SEA Games. Itu harapan kami di Australia dengan memainkan 10 game,” ungkapnya. 


Kombinasi Pemain Muda dan Peraih Emas SEA Games

Timnas Bola Basket 5x5 Indonesia Putra
Perbesar
Rajko Toroman dan Milos sedang memberikan instruksi saat berlaga di SEA Games 2021 (Sumber: Perbasi)

Pada kesempatan yang sama, Jeremy juga menjelaskan bahwa pemain yang dibawa merupakan kombinasi pemain yang meraih emas di SEA Games dan pemain muda. 

Beberapa pemain muda seperti Kelvin Sanjaya dan Muhammad Arighi masuk untuk mengantikan slot Hardianus Lakudu dan Dame Diagne. 

“Pemain kita bawa 10 pemain SEA Games selain Hardianus yang cedera dan Dame yang ujian akhir tahun. Pemain itu akan ikut menambah roster kita menjadi 16 orangnya,” terangnya. 

Sebagai informasi, pada SEA Games 2021 yang dilaksanakan di Hanoi, Vietnam, Timnas basket 5x5 putra Indonesia berhasil mengalahkan Filipina pada laga final dan berhasil membawa pulang medali emas SEA Games. 


16 Roster yang Diboyong ke Australia

1. Andakara Prastawa Dhyaksa

2. Yudha Saputera

3. Widyanta Putra Teja

4. Arki Dikania Wisnu

5. Aggasi Yeshe Goantara

6. Abraham Damar Grahita

7. Juan Laurent Kokodiputra

8. Brandon Jawato 

9. Vincent R. Kosasih

10. Derrick M. Xzavierro

11. Marques T. Bolden 

12. M. Arighi Hadran Noor

13. Kelvin Sanjaya

14. Kevin Yonas Argadiba Sitorus

15. Ali Bagir Alhadar

16. Aldy Izzatur Rachman

Penulis: Jesslyn Koesman

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya