Sukses

Suporter Arsenal Gelar Donor Darah di 61 Kota

Donor darah di 61 kota akan dilakukan fans Arsenal di Indonesia pada 12 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Para penggemar klub Liga Inggris Arsenal di Indonesia kembali mengadakan kegiatan amal donor darah. Acara donor darah ini diadakan Arsenal Indonesia Supporters atau AIS pada 12 Juni 2022. 

Yang luar biasa donor darah ini diadakan AIS di 61 kota di Indonesia. Penyelenggaraan donor darah berlangsung dari Aceh hingga Jayapura. 

Event ini diadakan dalam rangka hari jadi AIS ke-19. Selain itu juga untuk menyemarakan Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh setiap tanggal 14 Juni.

AIS sudah rutin menggelar donor darah guna merayakan hari jadi sejal 2015. Tahun ini merupakan edisi kedelapan donor darah diadakan AIS. 

Menariknya event donor darah AIS ini terbuka untuk masyarakat umum. Siapa saja walaupun bukan penggemar Arsenal dan anggota AIS tetap dapat berpartisipasi. Aksi mulai AIS ini juga sudah terpantau oleh Arsenal di London. 

"Kami juga mengirimkan undangan untuk komunitas suporter lain di setiap daerah. Kita senang kalau ada fans klub lain ikutan donor darah. Kita ingin ditiru. Kami dari AIS berharap diikuti komunitas lain kita tidak akan merasa dicontek. Perlu digarisbawahi acara donor darah AIS ini untuk umum," kata Ketua Komite AIS Donor Darah Nasional, Eddi Brokoli. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3.000 Kantong Darah

Eddi Brokoli yang merupakan selebriti memang merupakan penggemar berat Arsenal. Kebetulan dia dan keluarganya selama ini gemar donor darah sehingga bersedia memimpin kegiatan amal AIS ini.

"Saya dibesarkan keluarga yg rajin donor darah. Dari keluarga cuma ibu saja yang tak bisa ikut donor darah karena ada tekanan darah tinggi," ujar Eddi dalam jumpa pers di Eiger Adventure Store Haji Nawi. 

Dalam menggelar donor darah di 61 kota, AIS menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI). Mereka menargetkan mendapat 3.000 kantong darah dari 4.000 peserta pada edisi 2022 ini. 

3 dari 3 halaman

Meningkat

"Kami rutin mengadakan acara donor darah ini sejak 2015. Ini event tahunan skalanya nasional. Palang Merah Indonesia selalu mengapresiasi aksi kami menggelar donor darah. Karena bisa dibilang kami komunitas pertama yang rutin melakukannya setiap tahun," lanjut Eddi.

Saat pandemi virus corona Covid-19 masih mewabah di Indonesia, AIS juga tetap mengadakan donor darah. Namun saat itu donor darah dipindah ke UDD PMI di masing-masing kota dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dengan kondisi pandemi Covid-19 semakin membaik AIS yakin jumlah pendonor darah kembali naik. Apalagi kini donor darah bisa dilakukan di tempat-tempat umum di berbagai kota, tak terbatas di UDD PMI. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.