Piala Presiden 2022 Bisa Dihadiri Penonton, BNPB: Suporter Diimbau Taat Prokes

Oleh Harley Ikhsan pada 07 Jun 2022, 23:20 WIB
Diperbarui 07 Jun 2022, 23:40 WIB
Menpora
Perbesar
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pada rapat kordinasi Piala Presiden 2022. (Liputan6.com/Marco Tampubolon)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendukung kehadiran Piala Presiden 2022 dengan penonton di stadion. Namun, suporter yang datang menyaksikan langsung pertandingan diminta mematuhi protokol kesehatan.

Dalam rapat koordinasi antara Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Polri. PSSI, dan PT LIB, diputuskan pendukung bisa memenuhi 75 persen kapasitas stadion.

“Diimbau penonton yang hadir secara langsung mematuhi protokol kesehatan untuk saling menjaga satu sama lainnya,” kata Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Zaherman Muabezi usai menghairi rapat koordinasi Piala Presiden 2022, dilansir situs Kemenpora.

Zaherman menyampaikan, seluruh penonton yang hadir dan masuk ke stadion juga diharuskan sudah menerima vaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali. Mereka juga diminta untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi. “Sekali lagi, diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Plt. Sesditjen P2PKemenkes, Yudhi Pramono. Dia berharap penonton bisa mengikuti imbauan yang dianjurkan. “Kami berharap tetap jaga protokol kesehatan. Penonton yang datang sudah vaksin dua kali,” terangnya.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengumumkan kepastian penonton di stadion usai memimpin rapat koordinasi.. 

"Rapat koordinasi ini membicarakan soal kehadiran penonton di lapangan. Ini yang pertama setelah FIFA matchday," kata Menpora Amali usai rapat.

"Berkat kedisiplinan yang ketat apa yang sempat dikhawatirkan munculnya klaster pada Liga 1 dan Liga 2 tidak terjadi. Kita akan lanjutkan. Apa yang diakukan di Liga 1 dan Liga 2 akan kita coba lanjutkan (di Piala Presiden)."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Wajib Punya Tiket

Konferensi Pers Piala Presiden 2022
Perbesar
Dari kiri: Dirut Persis Solo, Kaesang Pangarep, Presiden Borneo FC, Nabil Husein, Direktur Persib Bandung Teddy Tjahjono dan Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana saat konferensi pers Piala Presiden 2022 di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Senayan City, Jakarta pada Senin (06/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menambahkan, hasil rapat telah memutuskan, kuota penonton untuk Piala Presiden 2022 dibatasi sebesar 75 persen dari kapasitas stadion. Pembelian tiket dilakukan secara online melalui aplikasi yang tengah disiapkan oleh PSSI.

"Tidak ada antigen lagi untuk suporter. Tapi kami sampaikan kepada seluruh suporter yang ingin mendukung timnya, hanya yang punya tiket yang bisa masuk," ujarnya

Iriawan menambahkan, setiap penonton Piala Presiden 2022 wajib sudah vaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali. Mereka juga diminta untuk mendaftar di aplikasi peduli-lindungi sebagai syarat untuk membeli tiket. Dan penonton juga diimbau untuk tetap menggunakan masker selama menyaksikan pertandingan.

Menpora Amali kemudian mengingatkan, tidak ada pembelian tiket di lokasi pertandingan. Semua tiket Piala Presiden 2022 dijual online.

"Tiket yang dijual juga sekali pakai, dan tidak ada penjualan on the spot. Semua lewat online," katanya.

Piala Presiden 2022 rencananya akan bergulir mulai 11 Juni hingga 17 Juli 2022. Turnamen pramusim ini berlangsung di empat kota, yakni Solo, Bandung, Malang, dan Samarinda. Sebanyak 18 tim Liga 1 bakal ambil bagian. Masing-masing di bagi ke dalam empat grup.


Digelar di 4 Kota

Konferensi Pers Piala Presiden 2022
Perbesar
Dari kiri: Dirut Persis Solo, Kaesang Pangarep, Presiden Borneo FC, Nabil Husein, Direktur Persib Bandung Teddy Tjahjono dan Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana foto bersama usai konferensi pers Piala Presiden 2022 di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Senayan City, Jakarta pada Senin (06/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Turnamen pramusim Piala Presiden 2022 bakal bergulir jelang musim kompetisi 2022/2023. Ajang tersebut dimulai 11 Juni hingga 17 Juli.

Duel Persis Solo vs PSS Sleman di Stadion Manahan akan membuka ajang Piala Presiden 2022. Pada hari pertama, juga berlangsung laga Arema FC vs PSM Makassar.

Piala Presiden 2022 akan berlangsung di empat kota: Bandung, Solo, Malang, dan Samarinda. Grup A bermain di Stadion Manahan (Solo), Grup B di Stadion Segiri (Samarinda), Grup C di Stadion GBLA (Bandung), dan Grup D di Stadion Kanjuruhan (Malang).

"Tuan rumah pertama adalah Persis Solo, di mana Pak Presiden (Joko Widodo) berasa dari Solo. Kedua adalah Malang karena mereka (Arema FC) sudah menjuarai turnamen ini dua kali. Begitu pula dengan Bandung yang sudah menjuarainya sekali," kata PSSI Mochamad Iriawan.

"Terakhir, Samarinda. Karena, kami mendukung pembangunan Ibu Kota Negara Baru yang akan berpindah ke Kalimantan Timur," sambungnya.

Fase grup akan berlangsung hingga 28 Juni mendatang, disusul dengan babak perempat final pada 2-3 Juli.

Setelah itu babak semifinal Piala Presiden 2022 akan digelar dalam sistem dua leg. Pertandingan pertama berlangsung 7 Juli dan leg kedua dihelat 11 Juli. Final Piala Presiden 2022 juga akan digelar dua leg pada 14 dan 17 Juli.

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya