Trauma Insiden Rasisme Kembali Terulang, Gareth Southgate: Saya Mempertimbangkan Semuanya

Oleh Liputan6.com pada 07 Jun 2022, 23:00 WIB
Diperbarui 07 Jun 2022, 23:00 WIB
Foto: Melempem di Liga Inggris Kane dan Maguire Trengginas di Timnas Inggris
Perbesar
Pasukan Gareth Southgate lolos ke Piala Dunia 2022 dengan rekor tak terkalahkan dalam 10 pertandingan Grup I Kualifikasi Zona Eropa dengan delapan kemenangan dan dua hasil imbang. (AP/Antonio Calanni)

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Timnas Inggris Gareth Southgate menjelaskan pelecehan rasis yang ditujukan kepada pemain kulit hitam usai final Euro 2020 berdampak pada mentalitas pemain. 

Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka menjadi sasaran pelacehan setelah gagal menunaikan tugas menjadi algojo pada final kontra Italia. Akibatnya The Three Liones takluk 2-3 usai bermain 1-1 selama 120 menit.

“Kami menjalani proses persiapan penalti. Kami pasti telah meninjau itu,” kata Southgate. “Tapi secara tidak langsung kami telah menciptakan lapisan kesulitan lain dalam mengatasi adu penalti. Saya harus mempertimbangkan semua hal ini dan itu sangat kompleks.” 

Sebagai informasi, Southgate pernah menjadi wajah kegagalan Inggris atas kesalahan penaltinya sendiri melawan Jerman di Euro 1996. Menurutnya, dia tidak akan membiarkan konsekuensi potensial dari kesalahan mempengaruhinya ketike memilih pengambil penalti. 

“Tidaklah tepat untuk tidak memilih pemain yang menurut Anda terbaik. Karena apa konsekuensi yang mungkin dari mereka hilang,” kata Southgate. “Saya harus memilih dengan keyakinan mereka akan mencetak gol.” 


Inggris vs Hungaria

Persiapan Timnas Inggris Jelang UEFA Nations League
Perbesar
Striker Inggris Tammy Abraham (kiri) dan gelandang Inggris Jude Bellingham (kanan) tertawa bersama selama sesi latihan tim di stadion St George's Park di Burton-upon-Trent, Senin (30/5/2022). Timnas Inggris akan menjalani laga perdana Grup 3 League A UEFA Nations League dengan menghadapi Hungaria di Budapest pada Sabtu WIB, 4 Juni 2022. (Paul ELLIS/AFP)

Kini,pasukan Southgate sedang berlaga pada lanjutan grup UEFA Nations League 2022/2023. Pada partai perdana grup 3, Inggris harus menelan kekelahan dari Hungaria dengan skor 0-1. 

Dominik Szoboszlai berhasl mencetak gol ke gawang Inggris pada menit ke-66 melalui penalti. Dalam jalannya pertandingan, Hungaria langsung tampil menekan sejak awal. Hal ini berhasil diantisipasi dengan baik oleh Inggris. 

Pada menit ke-18, Conor Coady hampir membobol gawang Hungaria dengan kepalanya, namun sayangnya sundulannya melebar. Memasuki babak kedua, Inggris membuka peluang untuk mencetak gol di menit ke-51. Namun, upaya Bukako tidak berhasil karena kiper Hungaria. 

Inggris yang sudah tertinggal satu gol terus menyerang pertahanan Hungaria. Sayangnya, peluang yang didapatkan oleh Harry Kane tidak berhasil menjadikan angka. 

Hingga pertandingan harus diselesaikan dengan kemenangan 1-0 oleh Hungaria. Dengan hasil ini Hungaria berhasil menduduki puncak klasemen grup 3 dengan koleksi 3 poin.


Jadwal Pertandingan Timnas Inggris di UEFA Nations League

Rabu, 8 Juni 2022: 

Inggris vs Jerman 

Lokasi: Stadion Allianz Arena 

 

Minggu, 12 Juni 2022

Inggris vs Italia 

Lokasi: Stadion Molineux

 

Rabu, 15 Juni 2022

Inggris vs Hungaria 

Lokasi: Stadion Molineux

 

Penulis: Jesslyn Koesman

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya