Sukses

Trauma Insiden Rasisme Kembali Terulang, Gareth Southgate: Saya Mempertimbangkan Semuanya

Pada final Euro 2020, Inggris harus menelan kekalahan 2-3 melalui adu penalti. Setelah selesai pertandingan, ketiga pemain Timnas Inggris mendapatkan pelecehan rasis yang dilakukan secara daring karena gagal menunaikan tugas sebagai algojo.

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Timnas Inggris Gareth Southgate menjelaskan pelecehan rasis yang ditujukan kepada pemain kulit hitam usai final Euro 2020 berdampak pada mentalitas pemain. 

Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka menjadi sasaran pelacehan setelah gagal menunaikan tugas menjadi algojo pada final kontra Italia. Akibatnya The Three Liones takluk 2-3 usai bermain 1-1 selama 120 menit.

“Kami menjalani proses persiapan penalti. Kami pasti telah meninjau itu,” kata Southgate. “Tapi secara tidak langsung kami telah menciptakan lapisan kesulitan lain dalam mengatasi adu penalti. Saya harus mempertimbangkan semua hal ini dan itu sangat kompleks.” 

Sebagai informasi, Southgate pernah menjadi wajah kegagalan Inggris atas kesalahan penaltinya sendiri melawan Jerman di Euro 1996. Menurutnya, dia tidak akan membiarkan konsekuensi potensial dari kesalahan mempengaruhinya ketike memilih pengambil penalti. 

“Tidaklah tepat untuk tidak memilih pemain yang menurut Anda terbaik. Karena apa konsekuensi yang mungkin dari mereka hilang,” kata Southgate. “Saya harus memilih dengan keyakinan mereka akan mencetak gol.” 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inggris vs Hungaria

Kini,pasukan Southgate sedang berlaga pada lanjutan grup UEFA Nations League 2022/2023. Pada partai perdana grup 3, Inggris harus menelan kekelahan dari Hungaria dengan skor 0-1. 

Dominik Szoboszlai berhasl mencetak gol ke gawang Inggris pada menit ke-66 melalui penalti. Dalam jalannya pertandingan, Hungaria langsung tampil menekan sejak awal. Hal ini berhasil diantisipasi dengan baik oleh Inggris. 

Pada menit ke-18, Conor Coady hampir membobol gawang Hungaria dengan kepalanya, namun sayangnya sundulannya melebar. Memasuki babak kedua, Inggris membuka peluang untuk mencetak gol di menit ke-51. Namun, upaya Bukako tidak berhasil karena kiper Hungaria. 

Inggris yang sudah tertinggal satu gol terus menyerang pertahanan Hungaria. Sayangnya, peluang yang didapatkan oleh Harry Kane tidak berhasil menjadikan angka. 

Hingga pertandingan harus diselesaikan dengan kemenangan 1-0 oleh Hungaria. Dengan hasil ini Hungaria berhasil menduduki puncak klasemen grup 3 dengan koleksi 3 poin.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Inggris di UEFA Nations League

Rabu, 8 Juni 2022: 

Inggris vs Jerman 

Lokasi: Stadion Allianz Arena 

 

Minggu, 12 Juni 2022

Inggris vs Italia 

Lokasi: Stadion Molineux

 

Rabu, 15 Juni 2022

Inggris vs Hungaria 

Lokasi: Stadion Molineux

 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.