Sukses

Jelang Try Out ke Australia, Timnas Basket 5x5 Putra Semakin Solid

Timnas Basket 5x5 Putra Indonesia akan terbang ke Australia untuk melakukan try-out bersama tim NBL 1. Kali ini, para pemain muda akan dibawa oleh duet pelatih Rajko Toroman dan Milos Pejic yang berhasil membawa medali emas SEA Games ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Basket 5x5 Putra Indonesia akan melakukan uji tanding atau try-out ke Australia sebagai persiapan awal jelang FIBA Asia Cup 2022 yang dilangsungkan di Istora Senayan, 12 hingga 24 Juli 2022. 

Sebelum terbang ke Australia, Andakara Prastawa Cs menghadapi pemenang IBL musim lalu, Satria Muda Pertamina pada Sabtu (4/6/2022). Asisten Pelatih Wahyu Widayat Jati, mengatakan bahwa uji coba pertama ini dimainkan oleh pemain muda. Pertandingan uji coba ini berhasil dimenangkan oleh timnas dengan skor 102-77. 

“Dalam uji coba kita memainkan beberapa pemain muda yang akan dibawa untuk try out ke Australia, seperti Ali Bagis, Aldy Izzatur Rachman, Kelvin Sanjaya, Mohammad Arighi. So far, mereka masih banyak hal yang harus di-improve,” jelas Wahyu dilansir dari laman resmi federasi. 

Pelatih yang akrab disapa Cacing itu, sangat yakin dengan masa depan tim ini. Perkembangan mereka pesar setelah meraih emas di SEA Games Vietnam. Terutama kerja sama antar pemain. 

“Pemain semakin solid sebagai sebuah tim,” terang Cacing. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Duet Rajko Toroman dan Milos Pejic

Duet pelatih tersebut sebelumnya berhasil menghantarkan medali emas di SEA Games 2021. Mencetak sejarah dengan berdiri di podium tertinggi untuk pertama kali, timnas basket 5x5 putra mengalahkan Filipina dengan 85-81 di final. 

Manajer timnas putra Jeremy Imanuel Santoso mengatakan kedua pelatih tersebut ditargetkan mencatat rekor berikutnya di FIBA Asia Cup nanti. 

“Untuk FIBA Asia Cup kita akan tetap memakai komposisi kepelatihan sama dengan SEA Games karena melihat kesuksesan mereka,” ujar Jeremy dilansir dari laman resmi PP Perbasi.

“Para pemain dan pelatih sudah satu visi bahwa dari awal target besar tim ini adalah membuat sejarah dengan qualified ke FIBA World Cup. Jadi pengorbanan kita belum selesai hingga mendapatkan tiket ke World Cup,” lanjut Jeremy.

3 dari 3 halaman

Jadwal Try-out di Australia

Berikut jadwal tanding Timnas Basket 5x5 Putra Indonesia di Australia 

(hari, tanggal, kota, dan tempat) 

Indonesia vs Diamond Valley Eagles: Jumat, 10 Juni – Melbourne – Diamond Valley Sports & Fitness Centre

Indonesia vs Wyndham (BigV): Sabtu, 11 Juni  – Werribee – Eagle Stadium

Indonesia vs Eltham Wildcats: Minggu, 12 Juni- Melbourne - Eltham High School

Indonesia vs Waverley Falcons: Senin, 13 Juni - Melbourne - Waverley Basketball Centre

Indonesia vs Sunshine Coast Phoenix: Rabu, 15 Juni - Sunshine Coast - Maroochydore Basketball Stadium

Indonesia vs South West Metro Pirates: Kamis, 16 Juni - Brisbane - Hibiscus Sports Stadium

Indonesia vs Southern District Spartans: Minggu, 19 Juni - Brisbane - Rowland Cowan Stadium

Indonesia vs Logan Thunder: Senin, 20 Juni - Brisbane - Bendigo Bank Cornubia Park Sports Centre

Indonesia vs Ipswich Force: Rabu, 22 Juni- Ipswich - JBS Stadium

Indonesia vs Brisbane Capitals: Kamis, 23 Juni - Brisbane - Auchenflower Stadium

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.