Piala Presiden Resmi Bergulir Lagi, Indosiar Tayangkan 42 Pertandingan

Oleh Marco Tampubolon pada 06 Jun 2022, 15:35 WIB
Diperbarui 07 Jun 2022, 17:25 WIB
Presiden Jokowi, Piala Thomas
Perbesar
Presiden Joko Widodo mengangkat trofi Piala Thomas 2020 di Bali International Convention Center & Westin Resort di Nusa Dua, Bali, Kamis (2/12/2021) sore. Selain 12 pemain anggota tim dan pelatih, juga hadir Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna. (PBSI)

Liputan6.com, Jakarta Turnamen pramusim Piala Presiden bakal bergulir lagi tahun ini. Sempat vakum selama dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19, kejuaraan ini kembali memeriahkan perhelatan sepak bola Tanah Air. Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, Piala Presiden 2022 hanya diikuti oleh klub-klub dari Liga 1.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam sambutannya mengatakan, Piala Presiden 2022 akan berlangsung di empat kota, yakni Solo, Malang, Bandung, dan Samarinda mulai 11 Juni - 17 Juli mendatang.

"Kami izin ketetapan dari pemerintah, mengenai izin penonton. Kita ketahui bahwa laga uji coba sudah dihadiri penonton, dan kami masih berkoordinasi dengan pihak terkait tentang kehadiran penonton di Piala Presiden. Kami akan berkoordinasi dengan panitia lokal setempat," kata Mochamad Iriawan dalam acara peluncuran Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Lt.8 Senayan City, Senayan, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Sebanyak 18 klub Liga 1 bakal tampil dalam kejuaraan ini. Peserta dibagi dalam empat grup, dan dibagi berdasarkan lokasi tuan rumah. "Kami sudah siap menjadi tuan rumah. Rencananya Bandung akan menggunakan stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)," ujar Direktur Persib Bandung, Teddy Tjahjono. 

Selain Persib, tiga klub lainnya juga ditunjuk sebagai tuan rumah, yakni Persis Solo, Arema Malang, dan Borneo FC. Persis merupakan pendatang baru di Liga 1, sementara Persib dan Arema pernah menjadi juara Piala Presiden. Sementara Borneo FC menjadi satu-satunya klub di luar Pulau Jawa yang jadi tuan rumah.

 


Disiarkan Langsung Indosiar

Drawing Piala Presiden 2019
Perbesar
Direktur Program SCTV dan Indosiar, Harsiwi Achmad, saat drawing delapan besar Piala Presiden 2019 di ruang media SUGBK, Jakarta, Selasa (19/3). Pertandingan akan berlangsung pada 29-31 Maret mendatang. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara itu Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad, mengatakan, sebanyak 42 pertandingan Piala Presiden 2022 bakal disiarkan langsung melalui stasiun televisi Indosiar dan live streaming di Vidio.

"Setiap hari akan ada 2 kick off, pertama pukul 16.00 WIB dan kedua 20.30 WIB," ujar Harsiwi.

"Seluruhnya akan disiarkan secara langsung di Indosiar dan Live Streaming Vidio. Dan bagi yang tidak sempat, tayangan ulang bisa disaksikan di O Channel juga," kata Harsiwi menambahkan.  

Indosiar bukan kali ini saja menjadi pemegang hak siar Piala Presiden. Sejak Piala Presiden pertama yang berlangsung 2015 lalu, stasiun televisi di bawah Emtek Group ini juga sudah ikut berpartisipasi. 

"Indosiar memang sangat men-support acara ini. Emtek melalui Indosiar sudah sejak awal menyiarkan Piala Presiden. Setiap edisi tidak mengecewakan, selalu banyak yang menonton," kata Harsiwi.


Dikemas dengan Sajian yang Menghibur

Logo Indosiar
Perbesar
Logo Indosiar

Seperti edisi-edisi sebelumnya, Piala Presiden 2022 juga akan dikemas dengan tampilan yang menghibur. Di acara opening dan closing ceremony, Indosiar juga akan menghadirkan sejumlah artis papan atas. 

Rencananya, acara opening akan dihibur oleh kehadiran grup band Gigi. Sedangkan penutupan akan menghadirkan kolaborasi DJ dengan Judika yang membawakan lagu medley dari Sabang sampai Merauke.

Berikut adalah daftar pembagian grup Piala Presiden 2022:

Grup A (Solo): Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman

Grup B (Samarinda): Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Cilegon FC, Madura United

Grup C (Bandung): Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya

Grup D (Malang): Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri

 


Daftar Pemenang Piala Presiden

Tahun-Lokasi Final-Juara-Skor-Runner Up-Nama Venue

2015 Jakarta Persib 2–0 Sriwijaya FC Stadion Utama Gelora Bung Karno

2017 Bogor, Jawa Barat Arema FC 5–1 Pusamania Borneo F.C. Stadion Pakansari

2018 Jakarta Persija Jakarta 3–0 Bali United F.C. Stadion Utama Gelora Bung Karno

2019 Surabaya-Malang Arema FC 4–2 agg. Persebaya Surabaya Stadion Gelora Bung Tomo-Stadion Kanjuruhan

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya