Sukses

Menpora Zainudin Amali Dampingi Presiden Jokowi Saksikan Balapan Formula E

Menpora Zainudin Amali mendampingi Presiden Joko Widodo menyaksikan balapan Formula E Jakarta e-Prix 2022 di Ancol, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia atau Menpora Zainudin Amali mendampingi Presiden Joko Widodo menyaksikan balapan Formula E Jakarta e-Prix 2022 di Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6). Sebelum balapan dimulai, Presiden Jokowi melakukan grid walk atau peninjauan barisan start.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi juga tampak menyapa para pembalap yang bersiap mengawali lomba. Dia didampingi Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo.

Selain Menpora Amali, jajaran menteri lainnya juga ikut tampak hadir. Mereka adalah Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menaker Ida Fauziah, Menparekraf Sandiaga Uno.

Selain itu, ada juga Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni, Co-Founder Formula E Alberto Longo, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ajang balapan ini dimenangkan Mitch Evans. Presiden Joko Widodo kemudian menyerahkan piala ke Mitch. Proses penyerahan piala itu disambut tepuk tangan dari para penonton yang hadir langsung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Event masa depan

Presiden Joko Widodo menilai Formula E Jakarta e-Prix yang digelar di Ancol, Jakarta Utara, berjalan lancar dan sukses. Dia menyebut, ajang balap mobil listrik ini merupakan event masa depan.

"Ya Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik. Saya kira ini event masa depan," katanya

Ke depannya, tambah Presiden Jokowi, akan ada pergesaran pemakaian mobil berbahan bakar fosil ke mobil listrik. Sehingga, Formula E akan menjadi loncatan untuk membangun ekosistem baterai listrik.

"Menjadi sebuah tontonan yang ke depan, menurut saya akan semakin digemari dan ini juga bagus untuk negara kita karena kita ingin membangun ekosistem baterai listrik. Mulai dari, nikel raw material, smelter, industri lithium baterai, kemudian mobil listriknya," paparnya.

"Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di Formula E akan mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan."

Presiden Jokowi pun mendukung ke depannya balapan Formula E di Indonesia dilakukan dua seri. Terlebih, event tersebut membawa dampak yang positif bagi Indonesia.

"Semua yang baik untuk negara ini kita dukung," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Perayaan kemenangan tanpa sampanye

Tidak ada sampanye pada perayaan pemenang Formula E Jakarta e-Prix 2022. Sebagai gantinya, juara balapan Mitch Evans dari Jaguar TCS Racing menggelar gestur unik.

Evans menggunakan trofi yang diberikan Presiden Joko Widodo layaknya botol sampanye. Kemudian, dia mengguncang-guncangkannya dan melakukan gestur menuang isi seperti ketika selebrasi dengan sampanye pada umumnya.

Absennya sampanye di perayaan juara merupakan kebijakan operator Formula E yang menghargai budaya lokal. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia, alkohol merupakan barang haram di Tanah Air.

Sampanye juga menghilang pada gelaran MotoGP Indonesia di Mandalika, Maret lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini