Sukses

Hasil Formula E 2022: Balapan Sengit, Mitch Evans Juara Jakarta e-Prix

Andalan Jaguar TCS Racing Mitch Evans memenangkan ajang balap Formula E Jakarta e-Prix 2022, Sabtu (4/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Andalan Jaguar TCS Racing Mitch Evans memenangkan ajang balap Formula E Jakarta e-Prix 2022, Sabtu (4/6/2022). Dia memenangkan balapan dramatis melawan pembalap DS Techeetah Jean-Eric Vergne dan Edoardo Mortara (ROKiT Venturi Racing) di Jakarta International e-Prix Cirkuit.

Balapan Jakarta e-Prix sejak awal berlangsung sengit. Belum apa-apa, safety car sudah keluar di lap kedua karena ban Oliver Rowland (Mahindra Racing) terlepas.

Lomba kembali dimulai tidak lama berselang. Antonio Felix da Costa (DS Techeetah) melakukan kesalahan sehingga disalip Evans.

Vergne dan Evans lalu bergantian karena mengambil attack mode (AM). Mayoritas pembalab juga mengambil AM, fitur pada balapan Formula E untuk mendapat tambahan tenaga di mobil.

Langkah berbeda diambil Mortara yang baru melakukannya beberapa putaran berselang. Begitu pula Evans.

Sementara duo DS Techeetah mengambil AM kedua tidak lama berselang. Kondisi inidimaksimalkan Evans demi menguasai urutan terdepan. Namun, tambahan daya memudahkan Vergne untuk kembali menempati posisi teratas.

Meski begitu, strategi Evans yang lebih lambat mengambil AM terbukti jitu. Dia mengunakan kesempatan demi menyalip Vergne. Mortara juga sempat mengancam Vergne sebelum harus puas menempati posisi terakhir podium Jakarta e-Prix 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Hadir

Presiden Joko Widodo turut menyaksikan balapan. Presiden tiba sekira pukul 14.10 WIB dan disambut oleh Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, serta Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni.

Sebelum balapan dimulai, Presiden melakukan grid walk atau peninjauan barisan start sembari menyapa para pebalap yang bersiap mengawali lomba didampingi Chief Championship Officer sekaligus Founder Formula E Alberto Longo.

Selepas grid walk, Presiden juga akan berfoto bersama dengan ke-22 pebalap dari 11 tim yang berlaga di Jakarta E-Prix 2022.

Selain itu, biasanya Presiden juga dijadwalkan menyerahkan trofi bagi para pebalap yang di akhir lomba mampu meraih podium atau finis di tiga urutan terdepan Jakarta E-Prix 2022.

3 dari 3 halaman

Balapan Pertama

Jakarta e-Prix merupakan seri kesembilan dari 16 balapan Formula E 2021-2022. Meneken kontrak lima tahun, ibu kota Indonesia ini semestinya mulai menggelar Formula E pada musim 2019/2020. Namun, ajang baru bisa digelar tahun ini karena pandemi Covid-19.

Balapan Formula E di Jakarta ini merupakan edisi pertama. Sejak digelar pada September 2014, Formula E belum pernah diadakan di Indonesia. Praktis Jakarta menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Formula E.

Formula E akan berlangsung di Jakarta International e-Prix Cirkuit. Sirkuit ini baru dibangun di kawasan Ancol. Waktu pembangunannya sangat singkat 54 hari saja.

Sirkuit Formula E Jakarta ini memiliki lintasan sepanjang 2,4 KM dan 18 tikungan. Ini menjadi sirkuit Formula E dangan tikungan terbanyak. Desain sirkuit menyerupai kuda lumping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.