Sukses

Rekor Langsung Tercipta di Kualifikasi Formula E Jakarta

Langsung ada rekor dahsyat yang tercipta Formula E Jakarta pada sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu siang.

Liputan6.com, Jakarta- Sesi kualifikasi Formula E 2022 Jakarta baru saja berakhir pada Sabtu (4/6/2022) siang WIB. Rekor baru langsung tercipta di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Pole position Formula E Jakarta 2022 diraih pembalap DS Techeetah Jean Eric Vergne. Pria Prancis itu menjadi yang terbaik usai mengalahkan rekan setimnya Antonio Felix da Costa pada final babak kualifikasi.

Keberhasilan ini membuat Vergne mencatatkan diri sebagai orang pertama yang meraih pole position di JIEC. Maklum saja ini merupakan kali pertama Jakarta jadi tuan rumah Formula E.

Vergne juga menorehkan rekor baru dalam sejarah Formula E. Vergne menjadi pembalap paling banyak meraih pole position. Total sudah 15 kali Vergne meraih pole position di ajang Formula E.

Berkat meraih pole position di Jakarta EPrix, Vergne mendapat tambahan tiga poin. Sesuai peraturan Formula E, peraih pole position setiap serinya diganjar poin tiga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem Kualifikasi

Vergne membukukan waktu satu menit 8,523 detik di final. Dia unggul atas Da Costa yang menorehkan satu menit 9,340 detik. 

Tidak seperti ajang balap biasanya, kualifikasi Formula E menghadirkan format berbeda. Penghuni empat posisi teratas pada dua grup kualifikasi melaju ke babak gugur untuk memperebutkan pole di balapan.

3 dari 3 halaman

Pejabat

Rencananya Presiden Joko Widodo akan hadir menyaksikan balapan Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit. Jokowi akan ditemani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Selain itu, ketua MPR yang juga pemimpin Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo juga akan hadir. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani juga akan menonton langsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.