Sukses

MotoGP 2022: Operasi Sukses, Marc Marquez Lanjutkan Proses Pemulihan

Operasi keempat lengan Marc Marquez berjalan dengan sukses. Operasi terbaru kali ini diperuntukan untuk menyelaraskan kembali tulang untuk meningkatkan mobiltitas dan mengurangi rasa sakit. Kini, Marc Marquez tengah dalam masa pemulihan.

Liputan6.com, Jakarta - Juata MotoGP enam kali Marc Marquez menjalani operasi keempat pada lengan kanannya di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, Kamis (2/6/2022) waktu setempat. Tindakan medis berjalan lancar.

Bintang Respol honda itu mendapat lampu hijau untuk meniggalkan MotoGP 2022 untuk menuntaskan masalah yang mengganggu kinerjanya.

Marquez sudah menjalani tiga operasi demi mengatasi cedera yang diderita di Jerez pada 2020. Operasi terbaru kali ini diperuntukan untuk menyelaraskan kembali tulang demimeningkatkan mobiltitas dan mengurangi rasa sakit.

“Berlangsung selama tiga jam, Dr Joaquin Sanchez Sotelo dan timnya melakukan osteotomi humerus,” tulis pernyataan Respol Honda, Jumat (3/6/2022). “Operasi itu berjalan sukses tanpa komplikasi oleh Dr Sanchez Sotelo saat Marc Marquez memasuki tahap pasca operasi perawatannya di Mayo Clinic.” 

“Marquez akan tetap berada di Amerika Serikat selama beberapa hari mendatang untuk menjamin pemulihan pasca operasinya segera sebelum kembali ke Spanyol untuk melanjutkan rencana perawatannya.” 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Dr Sanchez Sotelo

Ketua divisi bedah bahu dan siku Mayo Clinic Dr Sanchez Sotelo mengatakan proses operasinya berjalan dengan sangat memuaskan. 

“Hari ini kami memiliki kesempatan untuk mengoperasi humerus kanan Tuan Marc Marquez,” ucap Dr Sanchez. “Prosedur selesai dalam waktu kurang lebih tiga jam. Terlepas dari komplektisitas prosedur, hasil akhirnya memuaskan.” 

“Pembedahan terdiri dari menghilangkan dua sekrup proksimal dari pelat posterior yang sebelumnya ditempatkan oleh Dr Samuel Antuna pada Desember 2020, diikuti oleh osteotomi humerus rotasi.” 

“Prosedur ini melibatkan pembuatan potongan melintang tulang humerus untuk memutar humerus di sepanjang sumbu panjangnya.” 

3 dari 3 halaman

Rehat dari MotoGP 2022

Sebelumnya Marquez sudah menyatakan mundur sementara dari perhelatan MotoGP 2022 karena cedera lengan yang kerap kali menghantuinya.

“Sayangnya, saya harus beristirahat dari musim 2022 yang akan menjauhkan saya dari kompetisi untuk sementara waktu. Setelah berbulan-bulan bekerja keras dengan tim medis baru saya di Madrid,” tulis Marquez dilansir dari laman resmi Respol Honda. 

“Kondisi fisik saya telah membaik dan saya telah mengurangi ketidaknyamanan di lengan kanan saya untuk dapat bersaing di MotoGP, tetapi saya masih memiliki keterbatasan yang signifikan dalam humerus saya yang tidak memungkinkan saya untuk mengendarai motor dengan benar dan mencapai tujuan yang selalu saya tetapkan untuk diri saya sendiri.” 

“Saya telah membuat keputusan untuk melakukan operasi baru dengan tujuan meningkatkan posisi saya di motor yang akan memungkinkan saya untuk naik tanpa batasan saat ini.” 

“Secara pribadi, saya memiliki motivasi dan antusiasme maksimal untuk terus bekerja dan berusaha untuk kembali bersaing di level tertinggi.”

 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.