Sukses

Pembalap Mercedes-EQ Stoffel Vandoorne Tertantang Menjajal Sirkuit Formula E Jakarta

Pembalap Mercedes-EQ Formula E Team Stoffel Vandoorne mengaku tertantang untuk menjajal aspal di Sirkuit Formula E Jakarta. Pasalnya, lintasan itu tergolong baru, sehingga seluruh pembalap masih asing dengan situasi di sana.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta e-Prix 2022 bakal bergulir Sabtu (4/6/2022). Ajang yang berlangsung di Ancol ini merupakan seri kesembilan dari 16 balapan Formula E musim 2021/2022.

Pembalap Mercedes-EQ Formula E Team Stoffel Vandoorne mengaku tertantang untuk menjajal aspal di Sirkuit Formula E Jakarta. Pasalnya, lintasan itu tergolong baru. Seluruh pembalap pun diprediksi masih asing dengan situasi di Jakarta E-Prix International Circuit.

“Ini kota baru dan sirkuit baru. Jakarta adalah sesuatu yang tidak diketahui semua orang. Akan tetapi, saya suka menemui lintasan baru. Itu selalu menyenanangkan,” ujarnya jelang balapan di Jakarta e-Prix, seperti dilansir dari situs resmi Formula E.

“Saya menyukai tantangan ketika kita tidak tahu persis apa yang akan terjadi. Saya juga berpikir bahwa tim kami kuat dalam situasi seperti ini. Kami benar-benar siap. Sekarang (kami) harus memanfaatkannya demi keuntungan kami.”

“Kami menjalani balapan yang apik terakhir kali. Tujuan kami tentu saja untuk melanjutkan hal ini dengan cara yang sama, tanpa menaikkan ekspetasi terlalu banyak. Saya percaya diri pada mobil saya, dan balapan kami secara umum bagus,” pungkas eks pembalap Formula 1 itu.

Adapun Stoffel Vandoorne saat ini berada di puncak klasemen sementara Formula E 2021/2022 dengan torehan 111 poin. Ia unggul 12 angka dari pesaing terdekatnya, Edoardo Mortara, yang berstatus sebagai pembalap ROKiT Venturi Racing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Percaya Diri

Selaras dengan pernyataan Vandoorne, Team Principal Mercedes-EQ Formula E Team Ian James juga mengaku optmisitis menghadapi Jakarta E-Prix 2022. Pasalnya, Mercedes-EQ sejauh ini telah menuai hasil apik dalam balapan yang berlangsung di Berlin beberapa waktu lalu.

“(Hasil balapan di) Berlin merupakan langkah baru yang membawa tim kami ke arah yang benar. Kami nampaknya telah menemukan pace yang mampu kami capai,” ujar James dalam situs resmi Formula E, seperti dilansir Liputan6.com pada Jumat (3/6/2022).

“Akan tetapi dalam balapan, Anda tidak bisa menerima sesuatu begitu saja. Anda harus selalu memastikan diri Anda berada di posisi atas, terutama ketika menghadapi persaingan sengit seperti yang terjadi di Formula E.”

“(Sirkuit di) Jakarta adalah trek baru, tantangan baru bagi semua orang. Jadi ini adalah soal kemampuan beradaptasi. Tak hanya lintasannya, iklim di sini juga akan memainkan peran besar dalam tantangan yang kami hadapi. Sederhananya, ini menjadi akhir pekan yang unik dalam kalender (Formula E) 2021/2022,” sambung James.

3 dari 3 halaman

Nyck de Vries

Di sisi lain, rekan pembalap Mercedes-EQ Formula E Team, Nyck de Vries, juga antusias jelang balapan di Jakarta E-Prix 2022. Pembalap berdarah Indonesia itu menerima dukungan dan sambutan hangat selama di Jakarta.

“Walaupun ini bukan balapan kandang, tetapi saya merasa di rumah sendiri,” kata De Vries dalam acara Meet and Greet di Heineken Greener Bar, ASHTA District 8, Kamis (3/6/2022).

“Kami belum mampu meraih hasil bagus, meski punya tim dan mobil yang bagus. Saya bukan pecundang, tetapi sering kali ada masalah yang terjadi di luar kendali saya, seperti pada balapan pertama Berlin.”

“Semoga kami bisa menjaga momentum dan membuat Anda semua bangga,” sambung pembalap berusia 27 tahun tersebut.

Sebagai informasi, rangkaian acara Formula E Jakarta akan bergulir pada Sabtu, 4 Juni 2022. Seri kesembilan Formula E 2021/2022 bakal diawali dengan sesi latihan bebas pertama mulai pukul 07.15–07.55 pagi WIB.

Latihan bebas kedua akan kembali dihelat pada pukul 08.55–09.40 pagi WIB. Usai menjalani sesi latihan bebas, para pembalap akan melakoni babak kualifikasi mulia pukul 10.40 sampai 11.55 waktu setempat.

Selanjutnya, pada pukul 13.00–14.00 WIB, acara akan disambung dengan pertunjukkan musik. Sementara itu, balapan utama baru akan dimulai pada pukul 15.04 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.