Sukses

Kevin de Bruyne: Haaland adalah Pemain yang Dicari Manchester City!

Bintang Manchester City Kevin de Bruyne ikut mengomentari kepindahan Erling Haaland ke Etihad.

Liputan6.com, Jakarta Manchester City bakal kedatangan Erling Haaland pada musim panas ini. Mesin pencetak gol asal Norwegia itu kabarnya telah menyetujui kontrak berdurasi lima tahun, yang bakal membuatnya meraup 400.000 poundsterling per pekan di Etihad.

Dilansir dari Mirror, Haaland merupakan salah satu striker paling dicari di kancah sepak bola Eropa. Penampilannya yang gemilang bersama RB Salzburg dan Borussia Dortmund membuat pemain berusia 21 tahun ini sukses menarik minat sejumlah klub besar.

Haaland sejatinya pernah dikaitkan dengan duo rival El Clasico, Real Madrid dan Barcelona. Namun, penggawa internasional Norwegia akhirnya merapat ke Liga Inggris dengan nilai transfer yang diperkirakan mencapai 51 juta poundsterling.

Bintang Manchester City Kevin de Bruyne ikut mengomentari kabar kepindahan Haaland. Menurutnya, striker kelahiran Inggris itu adalah tipe pemain yang selalu dicari Manchester City di bawah asuhan Pep Guardiola.

“Erling Haaland adalah striker top. Kepindahannya akan membantu kami berkembang sebagai sebuah tim. Semua orang berharap banyak (padanya). Kami selalu mencari pemain nomor sembilan. Saya pikir akan bagus memiliki striker yang mencetak 20 sampai 25 gol per musim,” ujar De Bruyne, seperti dilansir dari Goal.com.

“Mungkin (kedatangannya juga akan membantu saya). Ada tahun-tahun ketika saya mencetak lebih banyak assist ketimbang musim ini. Namun, kemampuan saya menciptakan peluang dan beberapa hal lainnya tetap konsisten. Angka adalah bagian dari sepak bola, tetapi (catatan) itu tak pernah mengungkap kisah lengkap kepada Anda,” sambung sang pemain asal Belgia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Striker Berbakat

Petinggi Manchester City, Khaldoon Al Mubarak juga memuji transfer Erling Haaland ke Etihad. Menurutnya, Haaland adalah striker berbakat yang diinginkan banyak tim besar di dunia.

“Dia (Erling Haaland) adalah striker yang sangat unik, sangat berbakat, saya pikir seluruh dunia telah melihatnya,” kata Al Mubarak dalam situs resmi Manchester City, seperti dilansir dari laporan Mirror.

“Saya bisa bilang bahwa setiap tim besar di dunia ingin (Haaland) bergabung (dengan mereka), dan kami benar-benar senang karena Haaland memilih untuk bermain bersama Manchester City. Saya pikir, ini adalah bukti semua pekerjaan hebat yang terjadi di klub,” sambungnya.

Haaland memang merupakan salah satu striker muda paling tajam di Eropa. Tak heran jika skuad-skuad besar mulai bersaing mengamankan tanda tangan sang pemain jelang bursa transfer musim panas.

Kedatangan Haaland tak pelak bakal menyebabkan perubahan radikal dalam skuad Manchester City. Pasalnya, The Citizens kerap bermain tanpa penyerang tengah yang diakui dalam sejumlah pertandingan musim lalu.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Jurgen Klopp

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, juga sempat menanggapi kabar transfer Haaland ke Manchester City. Juru taktik asal Jerman itu menilai kedatangan Haaland di Etihad akan menciptakan level baru dalam sepak bola.

“Saya tahu saat ini banyak orang akan berbicara soal uang. Namun, transfer (Haaland ke City) akan menciptakan level baru, izinkan saya mengatakannya demikian” ujar Klopp seperti dikutip dari Metro pada awal bulan lalu.

“Jika Erling Haaland pergi ke sana (Manchester City), itu tidak akan melemahkan mereka. Tentu saja tidak,” sambung juru taktik berusia 54 tahun tersebut.

Sebagai informasi, Liverpool merupakan musuh bebuyutan City di Liga Inggris musim 2021/2022. Keduanya bersaing ketat demi memperebutkan posisi puncak klasemen akhir.

Skuad asuhan Pep Guardiola akhirnya finis di posisi teratas dengan koleksi 93 poin dari 38 pertandingan. Sementara itu, The Reds harus puas menyandang status runner up setelah tertinggal satu angka dari Manchester City.

Keberhasilan City merebut trofi tak lepas dari comeback menawan mereka kala menjamu Aston Villa pada Minggu (22/5/2022). Dalam laga pemungkas musim 2021/2022, The Citizens sempat tertinggal dua angka sebelum akhirnya mencuri kemenangan dengan skor tipis 3-2.

4 dari 4 halaman

Berburu Pemain

Kendati telah meraih hasil apik di Liga Inggris, Manchester City masih akan membenahi skuadnya jelang kompetisi musim depan. Erling Haaland tak akan menjadi satu-satunya pemain top yang diboyong ke Etihad.

Dilansir dari Liputan6.com, The Citizens bakal aktif berburu pemain di bursa transfer musim panas. Pasalnya, klub asuhan Pep Guardiola masih haus akan gelar juara Liga Champions. Seperti diketahui, Manchester City gagal melangkah ke partai puncak musim lalu, usai kalah agregat 5–6 dari Real Madrid di semifinal.

“Kami berupaya memperkuat area yang perlu kami perkuat. Setiap musim, beberapa pemain pergi, sehingga kami harus menyegarkan skuad. Kami akan melakukan beberapa (pembelian) lagi. Kami mencoba untuk melaju secepat yang kami bisa, tetapi hal itu tidak selalu berada dalam kendali kami,” ujar Khaldoon Al Mubarak dalam situs resmi klub.

Adapun Manchester City juga dketahui telah merekrut penyerang muda Argentina Julian Alvarez dari River Plate. Setelahnya, Pep Guardiola diprediksi bakal membenahi lini tengah The Citizens. Pasalnya, kontrak Fernandinho akan habis pada akhir Juni.

Kandidat pemain tengah yang berpotensi direkrut The Citizens adalah pemain Leeds United Kalvin Phillips atau gelandang West Ham United Declan Rice. Di samping itu, Guardiola juga kabarnya menyukai Marc Cucurella yang bermain untuk Brighton and Hove Albion.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.