Bursa Transfer Serie A: Paul Pogba Pilih Juventus Setelah Tinggalkan MU

Oleh Bogi Triyadi pada 03 Jun 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 03 Jun 2022, 06:00 WIB
Paul Pogba - Manchester United - Ramadhan 2022
Perbesar
Paul Pogba santer dikabarkan akan memilih Juventus setelah meninggalkan Manchester United atau MU musim panas ini. (foto: Paul ELLIS / AFP)

Liputan6.com, Turin - Paul Pogba kembali berstatus bebas transfer setelah kontraknya dengan Manchester United berakhir akhir Juni 2022 Ini seperti saat gelandang asal Prancis itu meninggalkan Old Trafford pada 2012 lalu.

Sejumlah sumber termasuk Sky Sport Italia, Gazzetta dello Sport, dan Sportitalia meyakini Pogba sudah memilih Juventus setelah berpisah dengan MU. Raksasa Serie A Italia itu mengalahkan minat Paris Saint-Germain, Real Madrid, dan Manchester City.

Calciomercato.it bahkan mengklaim agen baru Pogba, Rafael Pimenta akan berada di Turin pada Minggu depan. Dia akan menyelesaikan rincian kontrak pemain berusia 29 tahun itu dengan Juventus.

Pimenta telah bekerja untuk Mino Raiola selama dua dekade. Dia mengambil alih negosiasi Pogba setelah Raiola meninggal pada Mei lalu lalu.

Pakar transfer Sky Sport Italia Fabrizio Romano punya angka 8 juta pound atau Rp 124 miliar per musim untuk gaji Pogba. Jumlah itu akan ditambah bonus, tergantung kinerja pemenang Piala Dunia 2018 tersebut.

Empat tahun lalu, Juventus menjual Pogba ke MU dengan rekor transfer dunia sebesar 105 juta euro. Sekarang Bianconeri kembali mendapatkan Pogba dengan status bebas transfer, seperti pada 2012 lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ingin bertahan

Paul Pogba - Manchester United - MU
Perbesar
Paul Pogba meninggalkan Manchester United atau MU setelah kontraknya habis pada akhir Juni 2022. (Lindsey Parnaby / AFP)

Paul Pogba sebenarnya ingin bertahan di Manchester United. Menurut Mirror (via The Athletic), pemain berusia 29 tahun tersebut pernah mengirim beberapa pesan kepada manajer MU Ole Gunnar Solskjaer.

Pesan itu disampaikan Pogba kepada Solskjaer pada musim panas 2020, saat kontraknya tersisa 12 bulan lagi. Dia meminta kepada Solskjaer agar memberi tahu kepada hierarki klub bahwa pemenang Piala Dunia 2018 itu ingin kontraknya diperbarui.

Tetapi, hierarki Man Utd menolak keinginan Paul Pogba. Sebaliknya, mereka memilih memperpanjang kontrak mantan pemain Juventus itu satu tahun, yang membuatnya bertahan di Old Trafford hingga 2022.

Keuntungan dari klausul ini adalah juara Liga Inggris 20 kali itu tidak perlu memperbaiki gaji mingguan Pogba, yang sudah melonjak 290 ribu pound atau sekitar Rp 5,2 miliar. Kelemahannya ialah hal itu membuat pemain kecewa dan membuatnya berpikir secara berbeda tentang masa depan jangka panjangnya di klub.

 


Pesan perpisahan Pogba

Paul Pogba - Manchester United - 16 April 2022
Perbesar
Gelandang Manchester United atau MU Paul Pogba di bangku cadangan setelah diganti dalam pertandingan Liga Inggris melawan Norwich City di Old Trafford, Manchester, 16 April 2022. (Paul ELLIS / AFP)

Paul Pogba telah mengirimkan pesan kepada fans Manchester United atau MU setelah kepergiannya dari Old Trafford diumumkan klub. Dia menyampaikan rasa terima kasih pada klub dan penggemarnya.

"Saya merasa terhormat telah bermain untuk klub ini. Banyak momen dan kenangan indah tetapi yang paling penting adalah dukungan tanpa syarat dari para penggemar. Terima kasih Manchester United," kata Pogba.

Beberapa jam sebelumnya, MU telah mengumumkan Pogba akan pergi untuk kali kedua dengan status bebas trasfer. "Klub dapat mengumumkan bahwa Paul Pogba akan meninggalkan Manchester United pada akhir Juni, setelah kontraknya berakhir," demikian pernyataan MU di situs resmi klub, Rabu (1/6/2022).

"Semua orang di klub ingin mengucapkan selamat kepada Paul atas kariernya yang sukses. dan terima kasih atas kontribusinya untuk Manchester United."

"Kami mendoakan yang terbaik untuknya untuk langkah selanjutnya dalam perjalanan yang luar biasa," bunyi pernyataan MU selanjutnya.

Infografis transfer MU - November 2021
Perbesar
Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya