Sukses

Hasi Laga Uji Coba: Timnas Vietnam Tekuk Afghanistan

Dua gol timnas Vietnam diborong striker pendatang baru Pham Tuan Hai. Dia tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan sang pelatih untuk menempati posisi yang biasa dihuni Nguyen Tien Linh.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Vietnam kembali menunjukkan ketangguhannya. Pasukan Park Hang Seo berhasil mengalahkan Afghanistan 2-0 dalam laga uji coba yang berlagsung di Thong Nat Stadium, Rabu malam (1/6/2022). 

Sudah lima tahun sejak timnas Vietnam terahir kali tampil di stadion ini. Dukungan publik sangat besar dan pasukan Golden Warriors tidak menyia-nyiakannya. 

Dua gol Vietnam diborong striker pendatang baru Pham Tuan Hai. Dia tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan sang pelatih untuk menempati posisi yang biasa dihuni Nguyen Tien Linh.

Masing-masing gol tercipta di babak pertama dan kedua. Ini merupakan gol perdana Tua Hai bersama timnas Vietnam sekaligus membuka peluangnya menembus tim inti skuad Golden Warriors.

Seperti dilansir dari Vietnamplus, gol pertama Tuan Hai berawal dari sepak pojok yang diberikan wasit setelah tendangan melengkung Nguyen Quang Hai mampu ditepis kiper lawan pada menit ke-31. Sementara go kedua lahir dua menit sebelum laga berakhir. Tuan Hai yang lepas dari pengawalan berhasil melakukan solo run dari sisi sayap kanan sebelum melepas tendangan keras ke jaring lawan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Malaysia Benamkan Hong Kong

Hasil positif juga diraih Timnas Malaysia saat menjalani laga uji coba melawan Hong Kong di Stadion Nasional Bukit Jalil, Rabu (1/6/2022). Tampil di depan publik sendiri, Harimau Malaya menang 2-0.

Seperti dilansir dari Harian Metro.my, dua gol Timnas Malaysia dicetak Safawi lewat titik putih penalti pada menit ke-31 dan tendangan keras Safiq pada menit ke-89. Ini merupakan kemenangan pertama yang diraih timnas Malaysia atas Hong Kong sejak tahun 2012 lalu. Sebelum pertandingan melawan Hong Kong, Harimau Malaya juga berhasil mengalahkan Bruneo Darussalam dengan skor 4-0.

Tidak mudah bagi Malaysia menundukkan Hong Kong pada pertandingan kemarin malam. Namun aksi empat penyerang tuan rumah, yakni Darren Lok, Arif Aiman, Akhyar Rashid, dan Safawi Rasid cukup merepotkan tim tamu. Gencarnya serangan yang dilancarkan Timnas Malaysia akhirnya berbuah hasil.

Pada menit ke-31, pemain belakang Hong Kong terpaksa menjatuhkn Akhyar di kotak penalti. Wasit pun menunjuk titik putih yang berhasil diselesaikan dengan sempurna oleh Safawi.

(Simak lanjutan beritanya pada tautan ini)

 

3 dari 4 halaman

Indonesia Ditahan Bangladesh

Sementara itu, laga uji coba yang mempertemukan Indonesia dan Bangladesh justru berakhir tanpa pemenang. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat itu, berakhir dengan skor 0-0.

Tuan rumah bermain sabar membangun serangan. Peluang pun didapat pada menit ke-10. Lemparan ke dalam Pratama Arhan menemui kepala Fachruddin Aryanto. Sayang tandukannya masih lemah ke pelukan kiper Bangladesh Anisur Rahman.

Saddil Ramdani kemudian menguji Anisur Rahman. Sementara tendangan Irfan Jaya masih melambung. Selanjutnya giliran Stefano Lilipaly yang mendapat peluang. Menerima umpan terobosan dan lolos jebakan offside, dia gagal menaklukkan Anisur Rahman yang menutup ruang tembak.

Di tengah sengitnya pertandingan, timnas mendapat pukulan telak jelang berakhirnya babak pertama. Asnawi Mangkualam menderita cedera hamstring dan harus diganti Koko Ari Araya.

Shin Tae-yong merubah personel pada jeda. Elkan Baggott masuk menggantikan Fachruddin Aryanto.

Tim Garuda masih menekan. Tendangan bebas Stefano Lilipaly masih membentur tembok. Muhammad Rafli menyambar bola muntah, tapi tendangannya belum menemui sasaran.

Marselino Ferdinan, Alfeandra Dewangga, dan Dimas Drajad lalu masuk mengisi tempat yang ditinggalkan Rachmat Irianto, Pratama Arhan, dan Muhammad Rafli. (Lanjutannya klik di sini).

4 dari 4 halaman

Kualifikasi Piala Asia

Kedua tim menggunakan pertandingan ini sebagai persiapan kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia masuk Grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Sementara Bangladesh berada di Grup E menghadapi Bahrain, Turkmenistan, dan tuan rumah Malaysia.

"Pelatih memberi arahan untuk menerapkan strategi bertahan dan melancarkan serangan balik. Kami juga berlatih terkait situasi bola mati. Target kami adalah bermain bagus, dan menjadikannya modal di Kualifikasi Piala Asia," tandas asisten pelatih Bangladesh Hasan Al Mamun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.