Sukses

Indonesia vs Ghana di Turnamen Toulon 2022: Garuda Nusantara Susun Strategi

Timnas Indonesia U-19 melakoni laga kedua pada Turnamen Toulon 2022. Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan menghadapi Ghana di Stade Jules-Ladoumegue, Kamis (2/6/2022).

Liputan6.com, Vitrolles - Timnas Indonesia U-19 melakoni laga kedua pada Turnamen Toulon 2022. Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan menghadapi Ghana di Stade Jules-Ladoumegue, Kamis (2/6/2022).

Garuda Nusantara coba memperbaiki kinerja usai ditaklukkan Venezuela 0-1 pada laga pembuka, Minggu (30/6/2022). Hasil tersebut membuat timnas U-19 Indonesia menempati peringkat tiga klasemen sementara Grup B.

Mereka memiliki rapor serupa dengan Ghana yang menyerah 0-1 dari Meksiko. Dalam situasi ini, timnas U-19 tidak boleh kalah jika ingin menjaga harapan lolos ke babak gugur.

Hanya juara grup yang otomatis melangkah ke semifinal Turnamen Toulon. Sementara satu tempat lain diisi runner-up terbaik dari tiga grup yang ada.

Untuk itu, pelatih Dzenan Radoncic sudah menyiapkan strategi matang. "Saat Anda bertemu tim kuat seperti Ghana, dengan pemain tinggi dan fisik kuat, saya berharap anak-anak bisa tetap memainkan bola bawah," ungkapnya dikutip situs resmi federasi.

"Itu juga yang kita mainkan sebelumnya (melawan Venezuela). Saya pikir akan sama saat lawan Ghana. Kami akan coba tetap berdekatan, kompak, tetap konsentrasi penuh sepanjang pertandingan, dengan begitu, kami akan mendapatkan hasil bagus bagus," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atasi Kekurangan

Radoncic juga berharap anak asuhnya dapat membenahi kekurangan, yakni mengasah ketajaman. Kendala tersebut terlihat pada duel kontra Venezuela. Timnas dinilainya bisa menguasai permainan.

"Akan tetapi kami belum bisa cetak gol, itu karena mereka tim yang bagus, dengan pemain yang bagus juga. Kadang kita hilang konsentrasi, dan kami kebobolan dengan mudah," ungkap Radoncic.

"Namun saya tidak menyesali hal itu, anak-anak sudah menunjukkan permainan terbaik mereka, saya senang berada disini, kami telah menunjukkan bahwa kami dari Asia Tenggara pun bisa bermain sepak bola dengan baik."

Turnamen Toulon 2022 berlangsung pada 29 Mei-12 Juni 2022 di Prancis. Pada turnamen untuk pemain U-17 sampai U-23 itu, Indonesia berada di Grup B bersama Meksiko, Ghana, dan Venezuela.

Turnamen Toulon menjadi salah satu persiapan timnas U-19 Indonesia menuju Piala Dunia U-20 2023. 

"Saya pikir kami bisa mengambil banyak pelajaran di turnamen ini, apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 nanti," kata Dzenan.

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain

1. Arkhan Fikri

2. Ahmad Rusadi

3. Alfriyanto Nico Saputro

4. Cahya Supriadi

5. Dimas Juliono Pamungkas

6. Edgard Amping

7. Erlangga Setyo Dwi Saputra

8. Ferdiansyah Cecep Surya

9. Hokky Caraka Bintang Brilliant

10. Kadek Arel Priyatna

11. Kakang Rudianto

12. Marcell Januar Putra

13. Ricky Pratama

14. Ronaldo Joybera Kwateh

15. Muhammad Rafli Asrul

16. Mikael Alfredo Tata

17. Raka Cahyana Rizky

18. Razzaa Fachrezi Aziz

19. Frezy Al Hudaifi

20. Subhan Fajri

21. Syukran Arabia Samual

22. Muhammad Ferrari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.