Sukses

Jadi Sponsor Formula E Jakarta, Produsen Bir Bikin Tagline Konsumsi yang Bertanggung Jawab

Heineken juga memastikan tidak bakal menjual bir di lokasi Jakarta e-Prix 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Heineken sebagai sponsor ajang Formula E Jakarta menimbulkan polemik. Namun, produsen bir tersebut tetap mengusung kampanye positif.

Salah satunya dengan mengusung slogan When You Drink, Never Drive. Jargon tersebut akan memenuhi Jakarta International e-Prix Circuit tempat balapan digelar pada Sabtu (4/6/2022).

Heineken juga tidak akan menjual produk di venue Jakarta e-Prix, melainkan di ASHTA District 8. Di sana Heineken menggelar dalam gelaran Formula E-xperience dan membuka Greener Bar mulai Selasa (31/5/2022).

"Bagi kami yang terpenting adalah mengemudi dengan tanggung jawab. Maka kami berkampanye, jangan minum bir kalau bakal mengemudi," kata Marketing Director of Multi Bintang Indonesia Jessica Setiawan pada konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa.

"Meski tagline ini sedikit kontradiktif bagi perusahaan bir, ini komitmen kita untuk menyampaikan bagaimana mengonsumsi bir secara bertanggung jawab. Kami juga hanya menjual kepada yang berusia di atas 21 tahun," paparnya.

Formula E Chief Executive Jamie Reigle mengamini komitmen Heineken. Dia merujuk dua seri pembuka musim ini yang berlangsung di Arab Saudi.

"Kami menghormati hukum, kebiasaan, dan budaya negara penyelenggara. Kami sudah balapan di Arab Saudi dan di sana kami tidak mempromosikan alkohol. Kami menyesuaikan," kata Reigle.

Heineken adalah satu sponsor global Formula E yang selalu hadir dalam setiap ajang di seluruh dunia. Meski begitu, pihak penyelenggara tetap mematuhi kebijakan masing-masing negara tuan rumah terkait sponsor.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembalap Mulai Tiba

Jakarta e-Prix merupakan seri kesembilan dari 16 balapan Formula E 2021-2022. Pembalap Mercedes-EQ Formula E Team Stoffel Vandoorne memimpin klasemen dengan perolehan 111 angka, unggul 12 poin atas pesaing terdekat Edoardo Mortara dari ROKiT Venturi Racing.

Meneken kontrak lima tahun, ibu kota Indonesia ini semestinya mulai menggelar Formula E pada musim 2019/2020. Namun, ajang baru bisa digelar tahun ini karena pandemi Covid-19.

Satu persatu pembalap dan kru Formula E yang akan berlaga mulai berdatangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (31/5/2022).

"Hari ini, ada 18 orang pembalap dan 904 orang kru formula E yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Muhammad Tito Andrianto.

Menurutnya, pembalap dan kru yang masuk diberlakukan Visa B211 dan Visa On Arrival (VOA) bagi negara yang masuk dalam subjek VOA. 

Selain itu, penumpang dari luar negeri yang memiliki tujuan untuk menonton ajang Formula E dapat menggunakan Visa jenis Bebas Visa Kunjungan (BVK), apabila negaranya masuk dalam subjek BVK dan Visa On arrival (VOA) apabila negaranya masuk dalam subjek VOA. 

"Untuk memperlancar proses kedatangan pembalap dan kru formula E, Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan konter khusus di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Terminal 3 kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta," kata dia.

3 dari 3 halaman

Rangkaian Persaingan

Rangkaian acara Formula E Jakarta pada 4 Juni 2022 mendatang terdiri dari sesi latihan bebas pertama akan dilangsungkan pada pukul 07.15–07.55 pagi WIB.

Berlanjut pada sesi latihan bebas kedua yang akan dihelat pada pukul 08.55–09.40 pagi WIB. Usai sesi latihan bebas, para pembalap akan menghadapi sesi kualifikasi.

Sesi kualifikasi sendiri akan berlangsung pada pukul 10.40 -11.55 WIB. Lalu pada pukul 13.00-14.00 WIB akan diisi pertunjukkan musik dengan balapan dimulai pukul 15.04 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.