Sukses

Rajko Toroman dan Milos Pejic Pimpin Timnas Basket Putra di FIBA Asia Cup

Timnas basket 5x5 putra Indonesia kembali ditangani dua pelatih, Rajko Toroman dan Milos Pejic, pada ajang FIBA Asia Cup yang akan berlangsung 12-24 Juli di Istora Senayan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas basket 5x5 putra Indonesia akan menjalani FIBA Asia Cup 2022 pada 12-24 Juli mendatang. Timnas tetap menggunakan komposisi pelatih duet Rajko Toroman dan Milos Pejic. 

Duet pelatih tersebut sebelumnya berhasil menghantarkan medali emas di SEA Games 2021. Mencetak sejarah dengan berdiri di podium tertinggi untuk pertama kali, timnas basket 5x5 putra mengalahkan Filipina dengan 85-81 di final. 

Manajer timnas putra Jeremy Imanuel Santoso mengatakan kedua pelatih tersebut ditargetkan mencatat rekor berikutnya di FIBA Asia Cup nanti. 

“Untuk FIBA Asia Cup kita akan tetap memakai komposisi kepelatihan sama dengan SEA Games karena melihat kesuksesan mereka,” ujar Jeremy dilansir dari laman resmi PP Perbasi, Senin (30/5/2022). 

“Para pemain dan pelatih sudah satu visi bahwa dari awal target besar tim ini adalah membuat sejarah dengan qualified ke FIBA World Cup. Jadi pengorbanan kita belum selesai hingga mendapatkan tiket ke World Cup,” lanjut Jeremy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengembalikan Kondisi Fisik

Lebih lanjut, Jeremy juga mengatakan latihan di pekan pertama setelah libur SEA Games adalah mengembalikan kondisi fisik pemain. Langkah ini diambil karena pemain baru saja menikmati enam hari istirahat. 

“Jadi sepekan ini kita fokus latihan untuk kembalikan kondisi fisik pemain setelah libur enam hari. Kemudian akan berlanjut membangun chemistry antarpemain untuk hadapi FIBA Asia Cup. Target kita lolos delapan besar. Itu target besar kita. Dengan begitu kita qualified ke World Cup," terangnya. 

3 dari 3 halaman

Try-Out ke Australia

Untuk mempersiapkan diri, timnas basket akan menjalani uji coba ke Australia pada 9-24 Juni mendatang. Selama 14 hari, Andakara Prastawa dan kawan-kawan akan melawan sembilan tim NBL 1 Australia di Brisbane dan Melbourne. 

Selain menatap FIBA Asia Cup, latihan ini juga untuk menghadapi dua pertandingan sisa kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C Zona Asia. 

 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.