Sukses

Menpora Siapkan UPI Bandung Sebagai Lokasi TC Timnas Indonesia

Pemerintah menyiapkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung sebagai lokasi pemusatan latihan (TC) bagi Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah menyiapkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung sebagai lokasi pemusatan latihan (TC) bagi Timnas Indonesia.

"Pemerintah ingin membantu PSSI. Ini sebagai solusi jangka pendek. Kenapa kami memilih di sana? Karena lingkungannya sangat cocok," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di sela Kongres Biasa PSSI 2022, Senin (30/5/2022).

Sebagai perguruan tinggi pendidikan yang memiliki spesialisasi keolahragaan, UPI mempunyai infrastruktur lengkap untuk Tim Garuda. Selain lapangan sepak bola, tersedia pusat kesehatan dan sains olahraga. Selain itu, situasi lingkungan kampus nyaman untuk berlatih.

Para pemain timnas nantinya juga bisa tinggal di hotel yang berada di sekitar UPI. "Ini penting untuk sepak bola Indonesia. Timnas bisa berlatih 24 jam, tidak perlu menyesuaikan waktu tertentu seperti kalau menumpang tempat lain," tutur Zainudin Amali.

Menpora memastikan PSSI bisa menggunakan fasilitas UPI Bandung kapan saja sampai federasi merasa cukup. Zainudin secara pribadi menjamin hal tersebut dan mengatakan Rektor UPI Solehudin sudah memberi izin.

"Pak rektor sudah oke. Kami menyiapkan semuanya sampai PSSI merasa tidak perlu lagi karena mendapatkan tempat lain yang bagus. Selama PSSI mau menggunakan UPI, saya menjamin bisa dipakai," katanya.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berterima kasih atas perhatian pemerintah kepada Timnas Indonesia dan memastikan pihaknya akan segera berkomunikasi dengan para pelatih timnas terkait penunjukan UPI sebagai tempat pusat latihan skuad Garuda.

"Kami akan berkomunikasi dengan pelatih. Kami menunggu beberapa perbaikan di sana," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keunggulan UPI

Menpora Zainudin Amali sempat mendatangi UPI Bandung. Pihaknya sebelumnya sudah meninjau kampus dalam rangka sentra Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Nah setelah itu ada kebutuhan dari PSSI untuk segera mendapatkan training camp persiapan atlet timnas,” kata Menpora Amali.

“Saya mengusulkan ke PSSI dan pelatih Shin Tae-yong ada tempat di UPI. Kemudian kita komunikasi dengan rektor UPI dan beliau bersedia. Sudah ditinjau dan cocok, lingkungan, dan fasilitas juga.”

“Fasilitas yang penting adalah lapangan. Kemudian pendukungnya adalah tempat penginapan, sport science, juga ada kolam renang. Disini ada semua dan mendukung. Namun, memang harus ada yang diperbaiki, nanti yang kurang akan ditambah,” paparnya.

3 dari 3 halaman

Komentar Rektor UPI dan Shin Tae-yong

Rektor UPI Solehuddin mengaku sangat bangga karena UPI telah diusulkan sebagai lokasi pemusatan latihan untuk Timnas Indonesia. Dia akan memberikan dukungan maksimal.

“Suatu kebanggaan bagi kami. UPI dipandang cocok karena alasan yang telah disampaikan tadi. Sebagai tuan rumah yang diberi kepercayaan, kami akan maksimal. Kami berupaya memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yang hadir pada kesempatan ini juga menyambut baik dukungan pemerintah. Lingkungan di kampus UPI dinilainya sangat bagus.

“Disini lingkungan sangay baik. Saya juga sudah bicara dengan pak Menpora juga Ketum PSSI. Selain lapangan, fasilitas pendukung lainnya harus baik. Ada kesempatan untuk meningkatkan kemampuan pemain,” pungkas Shin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.