Erik Ten Hag Datang, MU Kebut Perburuan Bek RB Leipzig

Oleh Marco Tampubolon pada 27 Mei 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 17:30 WIB
Foto: Lalui Laga Dramatis, Berikut Momen Suka Cita RB Leipzig Saat Juarai Piala Liga Jerman
Perbesar
Pemain Leipzig, Nordi Mukiele (tengah) merayakan kemenangan bersama rekan setimnya usai mengalahkan SC Freiburg pada partai final DFB Pokal atau Piala Liga Jerman yang berlangsung di Stadion Olimpiade di Berlin, Jerman, Sabtu, 21 Mei 2022 waktu setempat. Die Bullen berhasil menang lewat babak adu penalti dengan skor 4-2 usai laga berjalan imbang 1-1. (AFP/Ronny Hartmann)

Liputan6.com, Jakarta Satu per satu pemain yang menjadi incaran Manchester United atau MU pada musim panas nanti mulai mencuat ke permukaan. Terbaru adalah pemain RB Leipzig, Nordi Mukiele. Pria berusia 24 tahun itu disebut-sebut masuk dalam radar Setan Merah setelah tampil gemilang sepanjang musim 2021/2022. 

Mukiele merupakan pemain yang bisa tampil di berbagai posisi. Di RB Leipzig pemain asal Prancis tersebut mengambil peran sebagai bek sayap tapi bisa dimainkan juga di posisi bek tengah. Musim lalu, Mukiele mencetak 2 gol dan lima assist. Dan menurut laporan Foot Mercato, penampilannya telah memikat Manchester United (MU) yang saat ini ditangani oleh manajer baru, yakni Erik Ten Hag

Mukiele masih menyisakan kontrak selama setahun bersama RB Leipzig. Namun tim yang berlaga di Bundesliga itu sepertinya bakal kesulitan menahan godaan dari tim-tim lain yang menginginkannya. 

Nilai transfer Mukiele diperkirakan mencapai angka 10 hingga 15 juta euro. Bagi sebagian klub, angka ini dianggap sangat potensial untuk mendapatkan jasa pemain kelahiran Montreuil, Prancis tersebut. 

Menurut Foot Mercato, MU menjadi tim pertama yang mengontak Leipzig terkait Mukiele. Namun MU sebenarnya bukanlah satu-satunya klub yang berminat. Sebelumnya, Atletico Madrid juga sempat menunjukkan ketertarikannya. Hanya saja, direktur olahraga Los Bancos, Andre Berta mundur teratur.

Musim ini, bukan tidak mungkin Los Blancos bakal mencoba lagi. Dan bila MU dan klub-klub lainnya mampu menggoda Mukiele untuk pindah, Leipzig sepertinya bakal kesulitan mempertahankannya. Mereka lebih baik melepas pemain tersebut daripada harus kehilangan dia secara gratis tahun 2023. 

 


Lepas 10 Pemain

Erik ten Hag - Manchester United - Liga Inggris - 22 Mei 2022
Perbesar
Manajer baru Manchester United Erik ten Hag menyaksikan pertandingan Liga Inggris antara Crystal Palace dan MU di Stadion Selhurst Park, London, 22 Mei 2022. (JUSTIN TALLIS / AFP)

Perombakan pemain memang disebut-sebut menjadi langkah pertama yang bakal dilakukan Ten Hag dalam membenahi penampilan MU musim depan. Kabarnya, pelatih berusia 52 tahun bakal melepas 10 pemainnya dan menggantikannya dengan wajah-wajah baru yang sesuai dengan gaya permaiannya.

Dean Henderson merupakan salah satu nama yang digadang-gadang bakal hengkang dari Setan Merah. Penjaga gawang asal Inggris ini dikaitkan dengan Newcastle United, setelah ia gagal menggeser posisi David de Gea di Old Trafford.

Melansir laporan Mirror, MU mematok harga sekitar 40 juta poundsterling untuk klub yang menginginkan jasa Henderson. Hal yang sama juga berlaku bagi Aaron Wan-Bissaka. Pemain tersebut bakal dilepas setelah menjalani musim yang mengecewakan bersama MU.

Selain dua nama di atas, pemenang Piala Dunia 2018 Paul Pogba juga bakal angkat kaki dari Old Trafford pada akhir musim. Pesepak bola yang pergi dengan status bebas transfer itu kabarnya telah menarik minat raksasa Paris Saint-Germain (PSG) dan Juventus... (Selanjutnya klik tautan ini).


Berbau Ajax Amsterdam

Pau Torres
Perbesar
Pau Torres (AP)

Sebagai gantinya, Ten Hag menginginkan amunisi baru untuk menopang skema bermainnya. Pria berusia 52 tahun itu dikabarkan tengah memburu sejumlah nama yang sesuai dengan kriterianya. 

Sebagian di antaranya merupakan pemain-pemain yang sudah lama dikenalnya. Baik yang pernah mengenyam akademi di Ajax Amsterdam hingga pemain yang pernah atau masih ada di klub itu. 

Sebut saja Jurrien Timber. Pemain Ajax itu menurut Ten Hag sangat dibutuhkan MU. Selain itu, Ten Hag juga mengincar Antony. Winger 22 tahun ini sudah tampil gemilang dengan Ajax musim lalu. Dia mencetak 12 gol dan 10 assist dari 33 kali penampilan. Erik Ten Hag juga disebut-sebut berniat mendatangkan pemain Barcelona, Pau Torres yang juga pernah digembleng di akademi Ajax.


Diganggu Klub Lain

Namun tidak semua rencana Ten Hag berjalan mulus. Sebab sebagian nama juga masuk dalam radar klub lain, termasuk Pau Torres dan Antony. Keduanya juga masuk dalam radar klub besar lainnya. 

Torres kabarnya diminati juga oleh Tottenham Hotspur. Sementara Antony diincar oleh Liverpool.

Spurs seperti dilaporkan media Spanyol, Cadena Ser bahkan sudah mengajukan penawaran resmi sebesar 45 juta poundsterling atau sekitar 58 juta euro. Angka ini sedikit lebih tinggi dari tawaran Setan Merah yang diperkirakan hanya sebesar  50 juta euro atau setara dengan Rp780 juta. 

(Ikuti berita selengkapnya pada tautan ini).

Erik Ten Hag seperti diketahui telah ditunjuk menjadi manajer baru MU menggantikan Ralf Rangnick. Usai membawa Ajax Amsterdam menjuarai kompetisi Eredivisie musim ini, Ten Hag segera mengalihkan perhatiannya kepada Setan Merah. Dia bahkan sudah hadir memantau langsung pertandingan MU pada laga terakhir melawan Crystal Palace di Liga Inggris, Minggu lalu. 

Sayang, Ten Harus menyaksikan Setan Merah kalah 0-1 dalam laga ini. Kabarnya, Ten Hag bakal melakukan perombakan besar-besaran dan berharap MU bisa kembali ke level Liga Champions. 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya