Sukses

Perjalanan Liverpool ke Final Liga Champions 2021/2022: Mulus Tanpa Hambatan

Liverpool akan bertemu Real Madrid di final Liga Champions 2021/2022 yang akan dilangsungkan di Stade de France, Minggu (29/5/2022). Simak perjalanan Liverpool untuk bisa sampai di titik final Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta Liverpool akan menghadapi Real Madrid pada final Liga Champions 2021/2022  di Stade de France, Paris, Prancis, Minggu (29/5/2022). Pasukan Jurgen Klopp melalui jalan yang cukup mulus untuk mencapai partai puncak kejuaraan antarklub Benua Biru tersebut. 

Di babak penyisihan, Liverpool yang tergabung di grup B bersama AC Milan, Atletico Madrid, dan Porto langsung dapat memenangkan enam pertandingan grup. Ini merupakan sebuah prestasi yang tidak pernah diterima oleh klub Liga Primer lainnya di Liga Champions. 

Mohamed Salah Cs memulai kemenangan perdananya dengan skor 3-2 saat melawan AC Milan. Liverpool pun kemudian berhasil mengalahkan Porto 5-1 dan 2-0. Selanjutnya, saat bertemu dengan Atletico Madrid, The Reds juga berhasil memenangkan pertandingan dnegan skor 2-3 dan 2-0. Padahal pada pertemuan di babak 16 besar Liga Champions Maret 2020, Atletico sempat menang agregat 4-2.

Pada laga terakhir penyisihan Grup B, Liverpool kembali mengalahkan AC Milan dengan skor 1-0. Dengan kemenangan ini, Liverpool menjadi juara grup B dengan poin sempurna, yaitu 18 poin dari enam pertandingan.

Berikut perjalanan Liverpool dari babak 16 besar hingga semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak 16 Besar: Liverpool 2-1 Inter Milan

Liverpool awalnya dipertemukan dengan Austria RB Salzburg di babak 16 besar, tetapi kesalahan memalukan dalam proses undian memaksa UEFA melakukan undian ulang pada hari yang sama, dan pasukan Klopp malah mendapatkan juara Italia Inter Milan. 

Di leg pertama di Milan, gol dari Roberto Firmino dan Salah membawa Liverpool menang 2-0 di Giuseppe Meazze. Meski tidak bermain lebih bagus dari Inter Milan, namun Liverpool bagus dalam memanfaatkan peluang. 

Pada leg kedua, Liverpool justru unggul meraih kemenangan di Anfield. Namun, pasukan Simone ini memberikan perlawanan yang sengit sehingga Liverpool kalah. Meski kalah, Liverpool tetap melangkap ke perempat final dengan agregat 2-1 untuk Liverpool. 

3 dari 4 halaman

Perempat Final: Liverpool 6-4 Benfica

Di babak perempat final, Liverpool berhasil mengalahkan Benfica Portugal dengan 3-1 di leg pertama di Lisbon. Ibrahima Konate, Sadio Mane, dan Diaz mencetak gol untuk The Reds. Sementara itu, pada pertemuan kedua, Liverpool bermain sama kuat 3-3 dengan Benfica. Meski demikian, Liverpool tetap melaju ke babak berikutnya dengan agregat 6-4. 

4 dari 4 halaman

Semifinal: Liverpool 5-2

Pada babak semifinal, Liverpool langsung tampil dominan di leg pertama dengan meraih kemenangan 3-0 sebelum berpindah ke markas Villarreal, Estadio de La Ceramica. 

Di leg kedua, mental Liverpool benar-benar teruji karena sudah tertinggal 0-1. Namun, Jurgen Klopp berhasil merubah permainan Liverpool dan memasukkan Luis Diaz pada awal babak kedua. 

Liverpool berhasil bangkit dan membalikkan keadaan berkat gol dari Fabinho, Luis Diaz, dan Sadio Mane. kemenangan itu membuat Liverpool dipastikan lolos ke final Liga Champions dengan agregat 5-2 atas Villarreal. 

Penulis: Jesslyn Koesman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.