Menpora Jajaki Kerjasama Indonesia dengan Portugal di Sepak Bola

Oleh Defri Saefullah pada 25 Mei 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 25 Mei 2022, 17:00 WIB
Menpora
Perbesar
Menpora Zainudin Amali (kanan) saat menerima duta besar Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso (dok: Kemenpora)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menjajaki kerjasama antara Indonesia dengan Portugal dalam pembinaan sepak bola di Tanah Air. Hal ini terungkap usai pertemuan dengan Duta Besar RI untuk Republik Portugal, Rudy Alfonso, Rabu (25/5/2022) pagi.

"Pak Dubes menyampaikan hal yang sangat bagus dan sangat penting yakni tentang pengembangan sepak bola di Tanah Air. Kita tahu bahwa Portugal itu negara yang punya tradisi sepak bola yang sangat bagus, bahkan pemain-pemainnya juga tersebar dimana-mana, kan dia mirip-mirip Brazil," ujar Menpora Amali.

"Saya berharap kepada pak Dubes manfaatkan kehadiran beliau di sana untuk membuat suasana pembinaan sepak bola di Tanah Air, apa yang bisa dikontrubusikan, itu yang saya minta ke beliau," dia menambahkan.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Republik Portugal, Rudy Alfonso dalam kesempatan ini melaporkan kepada Menpora Amali bahwa presiden federasi sepakbola Portugal, Fernando Gomes sangat terbuka untuk membantu Indonesia dalam pengembangan sepakbola. Bahkan, mereka mengundang federasi sepakbola Indonesia atau PSSI untuk hadir di Portugal.

"Undangan sudah dikirim ke Ketua Umum PSSI, kemrin saya sudah menemui Ketum PSSI. Dan, bulan September Ketua Umum PSSI akan ke Portugal bertemu dengan Fernando Gomes presiden federasi sepakbola Portugal," ujarnya.

 


Sambut Baik

Menpora Zainudin Amali
Perbesar
Kekecewaan dan kesedihan tampak terlihat dari raut wajah para punggawa Timnas Indonesia U-23 usai dikalahkan Thailand 0-1 di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5) sore. Langkah pemain pun terlihat diiringi kesedihan menuju ruang ganti.(foto:raiky/kemenpora.go.id)

 

Rudy Alfonso mengatakan, Fernando Gomes sangat senang untuk bekerjasama dalam pengembangan sepakbola dengan Indonesia. Itu karena Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa.

Gomes bahkan membandingkan jumlah penduduk Portugal yang hanya 10 juta jiwa, sementara Indonesia sekira 274 juta.

"Itu adalah suatu potensi yang besar dan mereka sampaikan juga bahwa mereka saat ini sedang melatih atau membantu Timur Leste untuk meningkatkan sepakbbolanya dan mereka menyampaikan bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama itu akan ada kejutan di sana. Dan disampaikan untuk membantu Indonesia jauh lebih mudah daripada membantu Timur Leste, karena resource Indonesia jauh lebih besar dan bakat sepakbola Indonesia jauh lebih banyak," katanya.

 


Optimistis

 

Rudy mengatakan optimistis kerjasama Indonesia dengan Portugal bakal berjalan lancar.

"Berangkat dari situasi seperti, saya sangat optimis dan saya juga lebih optimis lagi karena Pak Menpora sangat mendukung upaya ini dan saya akan selalu berkordiansi untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari keberadaan saya sebagai dubes di Portugal untuk kemajuan sepakbola kita di Tanah Air," katanya.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya