Sukses Raih Perak di SEA Games Hanoi, Timnas Basket 5x5 Putri Yakin Bisa Lebih Baik Lagi

Oleh Liputan6.com pada 25 Mei 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 25 Mei 2022, 14:00 WIB
Timnas Bola Basket 5x5 Indonesia Putri
Perbesar
Timnas Bola Basket 5x5 Indonesia Putri (Sumber: Perbasi)

Liputan6.com, Jakarta Timnas basket 5x5 putri Indonesia berhasil menyabet medali perak di SEA Games 2021. Kimberley Pierre Louis Cs hanya kalah sekali dari Filipina di laga perdana. Selebihnya, timnas basket putri Indonesia berhasil menghabisi Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Singapura. 

Dengan hasil ini, timnas basket 5x5 putri berhasil memperbaiki raihan SEA Games 2019 di Manila. Kala itu, mereka membawa pulang perunggu. 

Kapten Timnas Basket 5x5 Putri, Henny Sutjiono menjelaskan bahwa timnas basket putri tetap mau memberikan yang terbaik meski sudah kalah di laga perdana. 

“Pertama targetnya memang mau emas ya, tapi setelah kalah dari Filipina, kami masih mau memberikan yang terbaik, mati-matian pokoknya, memberikan terbaik untuk Indonesia. Jadi walaupun masih membawa pulang silver, saya optimis untuk ke depannya kita bisa lebih baik lagi mendapatkan emas,” ujar Henny Sutjiono dilansir dari laman resmi Perbasi, Selasa (25/5/2022). 

“Saya yakin karena melihat begitu banyaknya anak-anak muda yang taletanya baik, masa depannya cukup baik,” tambahnya. 


Apresiasi Kepada Seluruh Pihak

Timnas Basket Putri
Perbesar
Timnas Basket Putri kategori 5x5 yang akan membela Indonesia di ajang SEA Games 2021 (Sumber: PP Perbasi). 

Pada kesempatan yang sama, manajer timnas putri, Christopher Tanuwidjaja juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjuangan timnas. 

“Perjalanan kita ini gak mungkin mencapai hasil maksimal tanpa mereka-mereka ini, semua yang di belakang layar, semua yang tidak kelihatan, itu yang sebetulnya kontribusinya sangat besar buat kita. Jadi bukan hanya pemain-pemain dan pelatih tapi kontribusi-kontribusi orang di belakang layar yang berjuang keras untuk keberangkatan ke SEA Games ini,” terang Christopher. 

Ketika ditanya mengenai pencapaian timnas basket di Hanoi, Christopher mengatakan bahwa penentuan emas memang ditentukan oleh kemenangan tim lain, yaitu Malaysia. 

“Tapi ternyata Malaysia hanya menang satu games jadi kita hanya dapat perak. Namun justru itu, perak ini buat saya adalah suatu pelajaran di mana kita semua bisa melihat para srikandi-srikandi kita punya mental baja gak mau kalah.”

“Mereka kalah di games 1 tapi lawan tim yang berat berikutnya mereka fight dan mereka tunjukkan mereka bisa menang semua games selanjutnya,” pungkasnya. 


Kimberley Pierre Louis

Pemain naturalisasi, Kimberley Pierre Louis juga merasa belum puas dengan capaian timnas basket 5x5 putri Indonesia di SEA Games Hanoi. Hal ini dikarenakan, dia melakuakn persiapan yang matang dan memiliki keyakinan untuk membawa pulang emas. 

“Maaf tidak bisa bawa pulang emas kali ini. Kita kalah lawan Filipina di game pertama. Yah, sekarang kita bersiap untuk (SEA Games) Kamboja, pekerjaan belum selesai, semoga bisa lebih baik lagi. Sampai ketemu di 2023, Kamboja Gold,” terang Kimberley. 

Penulis: Jesslyn Koesman

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya