MU Tunjuk Ten Hag Jadi Manajer Baru Diawali dengan Kesalahan Kontrak

Oleh AY Yustiawan pada 25 Mei 2022, 13:30 WIB
Diperbarui 25 Mei 2022, 13:30 WIB
Manchester United - Liga Champions
Perbesar
Para pemain Manchester United Marcus Rashford, Bruno Fernandes, dan Harry Maguire terlihat lesu setelah bek Atalanta Merih Demiral mencetak gol dalam matchday ketiga Grup F Liga Champions di Old Trafford, Manchester, Inggris, Kamis, 21 Oktober 2021. (AP P

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU sudah mengumumkan perpanjangan kontrak Bruno Fernandes yang menguntungkan pada 1 April lalu. Dengan begitu MU sudah mengamankan masa depannya di klub hingga musim panas 2026.

Keputusan untuk memperpanjang kontrak Fernandes dibuat saat Ralf Rangnick masih sebagai penanggung jawab sementara MU. Kini, penunjukan Erik ten Hag diumumkan 20 hari setelah perpanjangan kontrak Fernandes diresmikan.

Itu adalah keputusan yang membingungkan dari klub untuk menghadiahi pemain dengan kontrak baru oleh manajer sementara. Mungkin Ten Hag memberi perpanjangan lampu hijau dan restunya, tetapi bagaimanapun juga United seharusnya memberinya pilihan itu pada saat kedatangannya.

Sumber klub telah mengindikasikan Ten Hag sebenarnya adalah yang terdepan untuk pekerjaan MU sepanjang Maret dan itu jauh sebelum konfirmasi perpanjangan Fernandes. Sepertinya, ada masalah serius dengan kekuatan pemain di Old Trafford dan keputusan itu adalah gejalanya.

Fernandes sendiri tidak engkonfirmasi kenaikan gajinya sejak diumumkan. "Yang terbaik belum datang dari saya dan tim ini," kata gelandang itu setelah menandatangani kontrak.


Memburuk

Liverpool vs MU
Perbesar
Pemain Manchester United Marcus Rashford, kiri, dan pemain Manchester United Bruno Fernandes, kanan, memberi isyarat saat pemain Liverpool Mohamed Salah melakukan selebrasi dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sep

Kritik tertentu pada Fernandes musim ini, sebenarnya ada yang kurang tepat. Dia telah menjadi kekuatan pendorong di belakang tim MU sejak kedatangannya dari Sporting Libson pada tahun 2020. Bahkan, penampilannya telah membuatnya disayangi oleh para pendukung.

Fernandes tak luput dari kritik. Dia sensasional untuk klub, tetapi penampilannya telah mengalami kemunduran musim ini dan mereka mengalami kemunduran lagi setelah perpanjangan kontraknya. Fernandes telah boros, merajuk dan tidak efektif dalam pertandingan.


Penghargaan

Foto: Bruno Fernandes Gak Maruk, Sumbang Dua Assist saat Manchester United Benamkan Brentford 3-1 di Liga Inggris
Perbesar
Manchester United semakin menjauh dengan unggul 3-0 pada menit ke-77. Marcus Rashford yang baru dimasukkan pada menit ke-71 menggantikan Mason Greenwood berhasil mencetak gol usai menerima umpan pendek Bruno Fernandes. (AP/Matt Dunham)

MU kalah 0-1 dari Crystal Palace pada hari Minggu lalu, dan Fernandes seperti memberi lawannya kesempatan mencetak gol. Dia rentan dalam konsentrasi dan David de Gea dan Cristiano Ronaldo adalah satu-satunya pemain yang tidak mengecewakan klub musim ini. Fernandes biasanya ada dalam daftar itu.

Fernandes telah memenangkan penghargaan Sir Matt Busby Player of the Year dua kali namun dia tidak pernah dalam pembicaraan untuk penghargaan musim ini. Ini adalah bukti kualitasnya bahwa dia masih berhasil menyumbangkan 10 gol dan 14 assist dalam kampanye terburuknya di Manchester.


Bukan Kesalahan

Foto: Duo Portugis Saling Bahu, Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes Beri Kemenangan Berharga untuk MU di Liga Inggris
Perbesar
Manchester United berhasil memetik poin penuh saat menjamu Brighton pada laga lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Rabu (16/02/2022) dini hari WIB. Duo Portugis, Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes masing-masing mencetak gol kemenangan Setan Merah. (Foto kolase: AP/Rui Viera)

Meskipun penampilannya sejak perpanjangan kontraknya sangat buruk, itu tidak berarti bahwa memperpanjang kerja sang pemain adalah sebuah kesalahan.

Itu adalah keputusan yang benar untuk memperpanjang kontrak Fernandes, tapi itu adalah keputusan yang salah untuk melakukannya tanpa Ten Hag di klub.


Tak Adil

Foto: 5 Transfer Musim Dingin Termahal dalam Sejarah Liga Inggris, Termasuk Pembelian Bruno Fernandes ke Manchester United
Perbesar
Bruno Fernandes saat ini menjadi pemain vital di skuat Manchester United. Didatangkan dari Sporting CP pada transfer musim dingin 2020, Setan Merah harus merogoh kocek sebesar 63 juta euro. Sejauh ini, Bruno telah mencetak 45 gol dan 24 assist dalam 104 laga bersama MU. (AFP/Adrian Dennis)

Tidak adil menyalahkan Ten Hag untuk itu. Direktur sepak bola John Murtough akan mengambil tanggung jawab, tapi mungkin Ten Hag mungkin bisa meminta klub untuk menunda perpanjangan kontrak sebelum kedatangannya, meskipun dia disibukkan dengan Ajax.

Namun, United seharusnya mengambil pendekatan itu, terlepas dari apakah itu muncul dalam diskusi dengan Ten Hag atau tidak. Membagikan perpanjangan kontrak dengan manajer sementara yang bertanggung jawab menjadi preseden berbahaya yang pada akhirnya bisa merugikan United.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya