Arsenal Bakal Lepas 9 Pemain di Bursa Transfer Musim Panas

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 24 Mei 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 14:00 WIB
FOTO: Arsenal Gagal Tembus Liga Champions
Perbesar
Pemain Arsenal Cedric Soares (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Everton pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Emirates Stadium, London, Inggris, 22 Mei 2022. Arsenal menang dengan skor 5-1, tetapi gagal tembus ke Liga Champions. (AP Photo/David Cliff)

Liputan6.com, Jakarta Manajer Arsenal Mikel Arteta diprediksi akan melepas sembilan pemain di bursa transfer musim panas. Langkah ini bakal membantu The Gunners mengumpulkan tambahan 60 juta poundsterling yang dapat digunakan untuk merekrut pemain anyar.

Sebagai informasi, Arsenal baru saja menjalani musim yang kurang memuaskan di Liga Inggris. Bukayo Saka dan kawan-kawan gagal finis di peringkat empat besar klasemen akhir usai tertinggal dua poin dari rivalnya Tottenham Hotspur.

Kemenangan 5–1 atas Everton dalam laga pekan ke-38 Liga Premier yang berlangsung di Stadion Emirates pada Minggu (22/5/2022) tak cukup untuk menggeser posisi The Lilywhites. Pasalnya di hari yang sama, skuad asuhan Antonio Conte juga sukses menekuk tim degradasi Norwich City dengan skor telak 5–0.

Laporan The Sun mengeklaim The Gunners akan berupaya meningkatkan kualitas skuad mereka pasca kegagalan menembus Liga Champions musim depan. Pihak klub kabarnya rela menghabiskan 150 juta poundsterling untuk kebutuhan belanja pemain.

Arsenal sejatinya telah melepas sejumlah penggawa, baik dengan status pinjaman maupun permanen, pada jendela transfer Januari lalu. Akan tetapi, hal itu nampaknya belum cukup bagi The Gunners. Klub yang ditukangi oleh Mikel Arteta juga ingin mendatangkan striker sebagai prioritas utama.

Sejauh ini, Hector Bellerin, Ainsley Maitland-Niles, dan Pablo Mari menjadi nama-nama yang dikaitkan dengan kepindahan permanen dari Emirates. Lucas Torreira yang musim lalu dipinjamkan ke Fiorentina juga bisa hengkang.

Eddie Nketiah dan Alexandre Lacazette akan mengakhiri masa kontraknya pada musim panas. Sementara itu, Matteo Guendouzi dan Dinos Mavropanos dikabarkan sepakat keluar usai masa pinjaman mereka berakhir. Selanjutnya, Bernd Leno yang tergusur oleh Aaron Ramsdale pun diperkirakan bakal angkat kaki dari Arsenal.


Jebolan Akademi

Foto: Pesta Gol Pemain Muda Arsenal Meriahkan Laga Perempatfinal Carabao Cup 2021
Perbesar
Tak puas, anak asuh Mikel Arteta masih berambisi untuk menambah gol. Hasilnya, Charlie Patino yang baru masuk di babak kedua, berhasil mencetak angka di menit-menit penghujung Laga Perempatfinal Carabao Cup 2021. Skor akhir menjadi 5-1. (AFP/Glyn Kirk)

Tak hanya terjun ke jendela transfer musim panas, Arsenal juga dilaporkan bakal memboyong tiga pemain jebolan akademi ke tim utama. Dilansir dari Mirror, Charlie Patino, Miguel Azeez, dan Omari Hutchinson merupakan bagian dari skuad matchday musim ini, yang diprediksi bakal mendapat tanggung jawab ekstra musim depan.

Duo pinjaman William Saliba dan Reiss Nelson juga berpotensi dipulangkan ke Emirates. Pasalnya, Saliba sukses membangun image apik saat membela Marseille. Sementara itu, Nelson berhasil mencetak empat gol untuk Feyenoord dan menjadi starter kala timnya berhadapan dengan Marseille di dua leg semifinal Liga Konferensi Eropa.

Di sisi lain, Arsenal saat ini tengah mencoba memperpanjang masa tinggal Bukayo Saka. Pemain asal Inggris itu masih memiliki kontrak di Emirates hingga Juni 2024. Walau begitu, The Gunners sudah ingin melakukan pembicaraan formal terkait masa depan pemain dengan sang agen.

Upaya The Gunners untuk mempertahankan Saka kemungkinan bakal menemui jalan terjal. Pemain berusia 20 tahun itu ingin bermain di Liga Champions, sementara Arsenal saat ini sudah kehilang kesempatan untuk lolos ke kompetisi tersebut.

Untuk menengahi situasi ini, Saka meminta Arsenal menyertakan klausul pelepasan dalam kontrak barunya di Emirates. Meski tergolong sebagai hal yang tak wajar dalam sistem sepak bola Inggris, The Gunners bisa saja membuat pengecualian demi mengikat Saka dengan kesepakatan baru.


Kecewa

Newcastle United Bungkam Arsenal di St James Park
Perbesar
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta meneriakkan instruksi kepada para pemain dari pinggir lapangan saat bertanding melawan Newcastle United selama pertandingan Liga Inggris di St James' Park di Newcastle-upon-Tyne, Inggris (17/5/2022). Newcastle United menang atas Arsenal 2-0. (AFP/Oli Scarff)

Sebelum menang atas Everton di laga terakhir, Arsenal diketahui telah mencatatkan dua kekalahan beruntun kala berhadapan dengan Tottenham Hotspur dan Newcastle United di Liga Inggris. Torehan tersebut menjadi salah satu faktor yang menggagalkan impian Arsenal untuk finis di posisi empat besar klasemen akhir.

Manajer The Gunners, Mikel Arteta, nampaknya kecewa berat dengan performa The Gunners musim ini. Pelatih asal Spanyol itu bahkan pernah menyebut Arsenal tidak memiliki level yang dibutuhkan untuk bermain di Liga Champions.

“Sangat mengecewakan bahwa Newcastle 10 kali lipat lebih baik dibanding kami. Kinerja (Arsenal) tidak mendekati level yang kami butuhkan jika kami ingin bermain di Liga Champions, ujar Arteta kepada Sky Sports pasca kekalahan timnya dari The Magpies pada Selasa (17/5/2022) lalu.

“Saya sangat kecewa. Ini sangat menyakitkan. Itu (posisi empat besar sebelumnya) ada di tangan kami, dan hari ini hal itu bukan lagi di tangan kami,” sambung pelatih yang pernah menjalani karier sebagai pemain Arsenal itu.

Arsenal yang menghuni peringkat lima klasemen akhir Liga Inggris selanjutnya berhak berlaga di Liga Europa. Tim yang bermarkas di Emirates itu bakal ditemani oleh Manchester United yang hanya mampu finis di posisi enam musim ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya