AC Milan Bersiap Tawarkan Kontrak Baru pada Fikayo Tomori

Oleh AY Yustiawan pada 24 Mei 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 08:00 WIB
Liga Italia AC Milan vs Verona
Perbesar
(Dari kiri) Gelandang AC Milan Ismael Bennacer, penyerang Verona Nikola Kalinic dan bek AC Milan Inggris Fikayo Tomori berebut bola pada pekan kedelapan Liga Italia 2021/2022 di San Siro, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB. AC Milan menang dramatis atas Hellas Verona 3-2. (Marco BERTORELLO / AFP)

Liputan6.com, Jakarta AC Milan dikabarkan siap memberikan perpanjangan kontrak kepada bek Fikayo Tomori. Ini sebagai bukti penghargaan juara Liga Italia atas penampilan pemain tersebut.

Sejak meninggalkan Chelsea pada Januari tahun lalu, bek tengah ini telah membuktikan dirinya sebagai salah satu bek terbaik di Serie A, dengan total 48 penampilan.

Pemain berusia 24 tahun itu melakukan start ke-30 musim 2021-22 pada hari Minggu saat Milan mengalahkan Sassuolo dan tampil sebagai juara. Ini sekaligus mengakhiri penantian 11 tahun mereka untuk mahkota papan atas di kompetisi itu.

Menurut The Telegraph, Milan siap untuk memberi penghargaan kepada Tomori dengan menawarkan kontrak baru kepadanya. Meskipun kontraknya saat ini tidak akan berakhir hingga 2025.

Raksasa Italia itu diduga ingin memastikan bahwa pemain internasional Inggris itu tetap di San Siro dalam jangka panjang. Mereka menandatangani pemain hanya dengan 25 juta pounds.

Setelah menetap di Italia, Tomori diperkirakan akan menerima proposal yang diperbarui pada saat ia dikatakan menargetkan penarikan kembali ke skuad Inggris menjelang Piala Dunia.


Tim Utama

Foto: 5 Pemain yang Langsung Nyetel dengan AC Milan usai Didatangkan pada Bursa Transfer Musim Dingin Eropa, termasuk Zlatan Ibrahimovic
Perbesar
Fikayo Tomori. Bek tengah Inggris berusia 24 tahun ini didatangkan AC Milan dari Chelsea pada Januari 2021 dengan status pinjaman. Langsung masuk skuat utama, ia tampil 17 laga di Liga Italia dengan torehan 1 gol. Pada musim 2021/2022 ini statusnya dipermanenkan oleh Rossoneri. (AFP/Tiziana Fabi)

Seperti diketahui, Tomori adalah lulusan Akademi Chelsea, dan telah bersama The Blues sejak level U-8 dan membuat total 27 penampilan tim utama untuk klub, mencetak dua gol senior.

Tomori menikmati kesuksesan besar bersama Chelsea di level junior, memenangkan FA Youth Cup dan UEFA Youth League, mencetak gol di kedua final, selain dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Akademi kami pada tahun 2016.


PInjaman

Foto: Duel Imbang Juventus dan AC Milan pada Giornata Keempat Liga Italia 2021 / 2022
Perbesar
Unggul satu angka, skuat La Vecchia Signora bermain dominan dengan pertahanan yang mengesankan. Peluang kembali terjadi kala adu satu lawan satu antara Adrien Rabiot (kanan) dan Fikayo Tomori. Namun, Juventus belum bisa menggandakan keunggulan hingga babak pertama usai. (AFP/Isabella Bonotto)

Dia diberikan debut seniornya oleh Guus Hiddink pada tahun yang sama, masuk dari bangku cadangan untuk menggantikan Branislav Ivanovic selama 30 menit terakhir.

Sang bek kemudian menghabiskan waktu dengan status pinjaman di Championship bersama Brighton and Hove Albion, Hull City dan Derby County, sebelum masuk ke skuat tim utama Chelsea di bawah pelatih kepala Frank Lampard pada musim 2019/20.


Senior

FOTO: AC Milan Sukses Juara Liga Italia
Perbesar
Pemain AC Milan Rafael Leao (kiri), Olivier Giroud (tengah), dan Fikayo Tomori merayakan kemenangan atas Sassuolo pada pertandingan sepak bola Liga Italia di Stadion Mapei Reggio Emilia, Italia, 22 Mei 2022. AC Milan juara Liga Italia usai mengalahkan Sassuolo dengan skor 3-0. (Spada/LaPresse via AP)

Penampilan Tomori membuatnya mendapatkan panggilan senior pertamanya ke Inggris pada Oktober 2019, diikuti oleh debutnya di Three Lions di kualifikasi Euro 2020 melawan Kosovo sebulan kemudian. Namun, itu tetap satu-satunya topi internasionalnya sejauh ini.

Dengan persaingan tambahan untuk mendapatkan tempat di bek tengah pada 2020/21, Tomori membuat empat penampilan di paruh pertama musim. Dua di antaranya menjadi starter, keduanya di Carabao Cup.


Pengganti

FOTO: Dipermalukan AC Milan, Juventus Terancam Gagal Tampil di Liga Champions Musim Depan
Perbesar
Pemain AC Milan, Fikayo Tomori, berebut bola dengan striker Juventus, Cristiano Ronaldo, pada laga Liga Italia di Stadion Allianz, Senin (10/5/2021). AC Milan menang dengan skor 3-0. (Spada/LaPresse via AP)

Satu-satunya pertandingan Liga Inggris datang sebagai pemain pengganti babak pertama dalam kekalahan 2-0 dari Liverpool pada September, sebelum pindah ke AC Milan dengan status pinjaman pada Januari.

Chelsea berterima kasih kepada Fikayo atas kontribusinya di klub, dari level junior hingga tim utama, dan mendoakan yang terbaik untuk kariernya di masa depan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya