Indonesia 3 Besar SEA Games 2021, Puan Maharani Apresiasi Kemenpora dan Stakeholder

Oleh Harley Ikhsan pada 23 Mei 2022, 22:15 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 22:15 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani di Rapat Paripurna DPR RI dalam rangka ulang tahun ke-75 DPR
Perbesar
Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan terima kasih menyusul keberhasilan Indonesia di SEA Games 2021. (Foto: Dokumentasi DPR).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan terima kasih kepada atlet, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), tim Chief demission (CdM) Kontingen Indonesia, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) atas keberhasilan menduduki peringkat tiga SEA Games 2021.

Tim Merah Putih berhasil memperbaiki peringkat dari event sebelumnya di Filipina. Para atlet total mengoleksi 242 medali.

"Juga untuk staf Kedutaan Besar Indonesia untuk Vietnam, serta seluruh stakeholder terkait yang telah bekerja sebaik-baiknya sehingga Indonesia bisa keluar sebagai tiga besar di SEA Games 2021," kata Puan dilansir situs resmi Kemenpora.

“Dan tentunya untuk masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan kepada kontingen SEA Games, baik yang secara langsung, maupun yang mendoakan dari rumah,” kata sambungnya.

Puan mengapresiasi Tim Merah Putih yang berhasil memperbaiki peringkat dari event yang sama sebelumnya di Filipina yang berada di posisi empat besar.

“Selamat untuk tim SEA Games Indonesia yang telah keluar sebagai peringkat ketiga. Prestasi yang ditorehkan oleh atlet dan seluruh tim sangat luar biasa dan tentu menjadi kebanggaan bangsa. Salut untuk Tim Merah Putih,” kata Puan.

Mantan Menko PMK itu menyebut, tidak ada hal yang mustahil untuk didapatkan dengan kerja keras dan semangat gotong royong. Puan mengatakan, tim Merah Putih juga patut berbangga karena berhasil menang dari rival abadi di SEA Games Vietnam yakni Malaysia.

“Kita bersyukur tim Indonesia mampu mencapai target masuk tiga besar. Semua atlet telah menunjukkan performa terbaiknya,” tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sejarah Tim Basket

Foto: Pecah! Momen Kebahagiaan Timnas Basket Putra Indonesia Saat Cetak Sejarah Sabet Emas di Ajang SEA Games 2021
Perbesar
Pemain Timnas Basket Putra Indonesia merayakan kemenangan usai berhasil menumbangkan Filipina dan berhasil mencetak sejarah dengan merebut emas SEA Games pertama sejak 1977 di SEA Games 2021 Vietnam yang berlangsung di Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium, Minggu (22/5/2022). Skuat asuhan Milos Pejic berhasil menang dengan skor 85-81. (NOC Indonesia/MP Media/Iqbal Fauzi)

Pada SEA Games Vietnam, Indonesia memboyong 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu. Secara khusus Puan menyebut kesuksesan tim basket putra mengakhiri dominasi Filipina.

“Di SEA Games kali ini, kita berhasil mencatatkan sejarah karena untuk pertama kalinya sejak mengikuti SEA Games pada 1977, tim basket Indonesia bisa mendapatkan medali emas,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

“Apalagi Indonesia berhasil mengalahkan negara yang unggul di cabang olahraga basket. Kini timnas basket putra Indonesia sudah diperhitungkan di level Asia Tenggara,” imbuhnya.

Puan juga berharap keberhasilan kontingen di SEA Games akan membuat Indonesia semakin diakui dalam ajang olahraga dunia. Puan pun berpesan agar keberhasilan di SEA Games 2021 Vietnam dijadikan sebagai pemacu semangat agar Timnas Indonesia bisa meningkatkan prestasi ke depan.

“Karena keberhasilan ini merupakan keberhasilan seluruh bangsa Indonesia. Timnas Indonesia harus semakin menunjukkan prestasinya pada ajang-ajang olahraga yang akan datang dan terus mengharumkan nama bangsa,” pungkasnya.


Resmi Ditutup

penutupan SEA Games 2021
Perbesar
Hiburan pada upacara penutupan SEA Games 2021 di My Dinh National Stadium, Senin (23/5/2022). (AFP/Tang Chhin Sothy)

SEA Games 2021 resmi ditutup melalui upacara di Vietnam Asian Indoor Game, Senin (23/5/2022). Asia Tenggara kini bersiap menyambut ajang berikutnya di Kamboja tahun depan.

Puluhan penari mengenakan pakaian tradisional Ao Dai membuka upacara penutupan SEA Games Vietnam. Penari dan penyanyi kemudian memperlihatkan kebolehan mereka dan menghibur penonton.

"Pembukaan upacara penutupan menggambarkan Hanoi yang merupakan kota perdamaian, sesuai dengan tema tarian My Hanoi Your Love," ujar pembawa acara.

Negara peserta kemudian diperkenalkan, disertai dengan bendera negara yang dimulai dengan Brunei Darussalam dan diakhiri tuan rumah.

Para pejabat memberikan sambutan. Selanjutnya bendera ASEAN diturunkan dan diserahkan ke perwakilan Kamboja, tuan rumah ajang berikutnya pada 2023. Penampilan budaya Kamboja juga dipertontonkan.

Penutupan SEA Games 2021 berlangsung selama kurang lebih 90 menit. Pihak panitia memberikan salam perpisahan dengan tema acara “Coming together to shine”.

"Para atlet telah melalui banyak kompetisi dan menunjukkan bakat mereka, sehingga upacara penutupan akan menjadi momen bagi semua orang untuk menghormati dan memuji mereka, dan meningkatkan sportivitas," kata Tran Ly Ly, direktur upacara pembukaan sekaligus penutupan SEA Games 2021, dilansir laman resmi kompetisi.

Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Cara Cegah Covid-19 Saat Berolahraga di Gym. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya