Rekap Klasemen Akhir 5 Liga Populer Eropa: Tim Juara, Degradasi, dan Top Skor Musim 2021/2022

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 23 Mei 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 18:00 WIB
FOTO: Manchester City Juara Liga Inggris
Perbesar
Para pemain Manchester City merayakan dengan trofi setelah memenangkan gelar Liga Inggris 2022 di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, Minggu, 22 Mei 2022. Manchester City menjadi juara Liga Inggris usai menang 3-2 atas Aston Villa. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi sepak bola musim 2021/2022 di liga-liga top Eropa telah menemui ujung. Sejumlah laga pemungkas dalam pekan terakhir kompetisi resmi digelar pada akhir pekan lalu.

Manchester City keluar sebagai kampiun Liga Inggris musim ini usai membekuk Aston Villa dengan 3–2 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Etihad. Kemenangan itu mengantar The Citizens unggul satu poin dari Liverpool di tempat kedua.

Skuad asuhan Jurgen Klopp memang selalu menempel torehan angka Manchester City di klasemen Liga Premier. Keduanya sering kali hanya berselisih satu poin, sehingga harus bersaing ketat di pertandingan pekan ke-38 demi memastikan gelar juara di genggaman mereka.

Liverpool juga berhasil menekuk Wolverhampton Wanderers dengan 3–1 dalam laga yang berlangsung pada Minggu (22/5/2022). Namun, hasil itu belum cukup untuk menggeser posisi Manchester City yang juga mendapat tambahan tiga angka di laga pemungkas.

Sadio Mane dan kawan-kawan harus puas dengan status runner up usai mengumpulkan 92 poin di klasemen akhir Liga Inggris. Sementara itu, klub yang ditukangi oleh Pep Guardiola sukses meraih gelar ke delapan di Liga Premier musim ini.

Situasi serupa juga terjadi di Serie A. Klub yang berhak meraih juara masih harus ditentukan dalam laga pekan terakhir Liga Italia. AC Milan yang menjadi pemuncak klasemen sejatinya hanya membutuhkan satu poin untuk mengamankan gelar musim ini.

Pasalnya, mereka punya rekor head-to-head superior dengan rival bebuyutan Inter Milan. Rossoneri juga diketahui memiliki keunggulan dua poin menuju babak final. Kendati demikian, AC Milan tetap tampil garang di markas Sassuolo.

Olivier Giroud dan kolega sukses membungkam tuan rumah lewat tiga gol tanpa balas, sekaligus mengakhiri paceklik gelar Liga Italia yang telah berlangsung selama 11 tahun. Simak rekap lengkap hasil akhir liga top Eropa, mulai dari Liga Inggris, Serie A, La Liga, Ligue1, hingga Bundesliga pada halaman selanjutnya!


1. Liga Inggris

FOTO: Manchester City Juara Liga Inggris
Perbesar
Para pemain Manchester City merayakan gelar juara Liga Inggris 2022 di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, 22 Mei 2022. Manchester City menjadi juara Liga Inggris usai menang 3-2 atas Aston Villa. (AP Photo/Dave Thompson)

Manchester City terlibat persaingan sengit dengan Liverpool di Liga Inggris musim 2021/2022. Skuad asuhan Pep Guardiola harus memenangkan laga pekan ke-38 jika ingin menghidupkan peluang untuk menjadi kampiun Liga Premier.

Sayangnya, pertandingan pemungkas tak berjalan mulus sejak awal. Manchester City sempat tertinggal 0–2 dari Aston Villa dalam laga yang berlangsung di Stadion Etihad pada Minggu (22/5/2022). Kendati demikian, pasukan Pep Guardiola sukses bangkit dan mencetak tiga gol dalam lima menit, sehingga kedudukan berbalik menjadi 3–2.

Di tempat berbeda, Liverpool juga tertinggal lebih dulu. Skuad asuhan Jurgen Klopp sudah kebobolan sejak menit ke-3. Namun, Sadio Mane berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-24. Perolehan angka The Reds kembali bertambah usai Mohamed Salah dan Andrew Robertson mencatatkan namanya di papan skor, masing-masing pada menit ke-84 dan 89.

Hasil pertandingan ini membuat Manchester City kokoh berdiri di puncak klasemen. Liverpool menyusul di peringkat kedua dengan torehan 92 poin. Chelsea menempati urutan ketiga, sementara Tottenham Hotspur menjadi klub terakhir yang dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan usai finis di posisi empat besar.

Tim yang menghuni peringkat lima dan enam selanjutnya berhak atas tempat di Liga Europa. Kedua tim tersebut adalah Arsenal dan Manchester United.

Kontras dengan The Citizens, Burnley, Watford, dan Norwich City harus rela menelan hasil buruk di kompetisi musim ini. Ketiganya menjadi tim yang terdegradasi setelah hanya menorehkan 35, 23, dan 22 poin di klasemen akhir Liga Inggris.

Adapun gelar top skor tahun ini disandang oleh dua pemain. Penggawa Tottenham Hotspur Son Heung-min dan mesin pencetak gol Liverpool Mohamed Salah berbagi predikat lantaran keduanya sama-sama mengemas 23 gol.


2. Serie A

FOTO: AC Milan Sukses Juara Liga Italia
Perbesar
Para pemain AC Milan merayakan kemenangan setelah mengalahkan Sassuolo pada pertandingan sepak bola Liga Italia di Stadion Mapei Reggio Emilia, Italia, 22 Mei 2022. AC Milan juara Liga Italia usai mengalahkan Sassuolo dengan skor 3-0. (Michele Nucci/LaPresse via AP)

Pertarungan ketat juga terjadi di Serie A. AC Milan bersaing dengan rival sekotanya, Inter Milan, dalam perebutan gelar juara Liga Italia musim 2021/2022.

Penantian panjang Rossoneri akhirnya menemui ujing di markas Sassuolo. Skuad asuhan Stefano Pioli merengkuh scudetto musim ini, usai mengalahkan tuan rumah dengan 3-0 di Stadion Mapei, pada Minggu (22/5/2022) malam WIB.

Hasil tersebut membawa AC Milan menyudahi paceklik gelar Liga Italia yang telah berlangsung selama 11 tahun. Sementara itu, Nerazzurri harus puas finis sebagai runner up usai mengoeksi 84 poin–tertinggal dua angka dari Rossoneri.

Napoli dan Juventus menjadi dua klub terakhir yang sukses mengamankan tempat di Liga Champions musim depan usai finis di peringkat tiga dan empat klasemen Serie A musim 2021/2022. Adapun Lazio dan AS Roma berhak atas tempat di Liga Europa, setelah menduduki peringkat 5 dan 6.

Sebanyak tiga tim akan terdegradasi dari Serie A. Mereka adalah Venezia, Genoa, dan Cagliari. Ketiganya menjadi juru kunci di klasemen Liga Italia musim ini, usai hanya mengoleksi masing-masing 27, 28, dan 30 poin.

Gelar top skor Liga Italia diraih oleh Ciro Immobile. Pemain berusia 32 tahun itu berhak atas predikat pencetak gol terbanyak usai mengoleksi 27 gol di Serie A. Di sisi lain, Dusan Vlahovic yang baru pindah ke Juventus bertengger di posisi kedua dengan catatan 24 gol.


3. La Liga

Pesta Real Madrid Juara La Liga Spanyol
Perbesar
Para pemain Real Madrid merayakan trofi La Liga Spanyol di alun-alun Plaza Cibeles di Madrid pada 30 April 2022. Real Madrid mengamankan gelar La Liga ke-35 setelah kemenangan kandang 4-0 atas Espanyol. (AFP/Oscar Del Pozo)

Berbeda dengan Liga Premier dan Serie A, kompetisi sepak bola di La Liga tak berlangsung ketat hingga pekan terakhir. Malahan, laga pemungkas pada pekan ke-38 tak terlalu mengubah urutan klasemen Liga Spanyol musim ini.

Real Madrid sudah dipastikan menjadi kampiun La Liga 2021/2022 sejak akhir April lalu. Skuad asuhan Carlo Ancelotti mengadakan pesta pora usai menang telak 4–0 atas Espanyol dalam pertandingan lanjutan yang berlangsung di Santiago Bernabeu pada Sabtu (30/4/2022).

Torehan poin Los Blancos memang tidak terkejar. Mereka tercatat telah mengemas 81 angka ketika pertandingan baru memasuki pekan ke-34. Real Madrid kembali menambahkan lima poin di klasemen akhir, sehingga koleksi angkanya kini menjadi 86.

Barcelona berhasil finis di peringkat dua dengan torehan 73 poin. Meski sempat bermain buruk pada awal musim, Sergio Busquets dan kawan-kawan mampu merangsek ke peringkat atas di bawah asuhan manajer baru Xavi Hernandez.

Atletico Madrid dan Sevilla mengisi tempat ketiga dan keempat. Kedua tim ini selanjutnya akan menemani Los Blancos dan Blaugrana untuk berlaga di Liga Champions musim depan.

Adapun Real Betis dan Real Sociedad harus puas berkompetisi di Liga Europa. Keduanya finis di posisi lima dan enam klasemen akhir La Liga 2021/2022.

Berbanding terbalik dengan kesuksesan Real Madrid, Alaves bersama Levante dan Granada harus berlapang dada. Ketiganya terdegradasi setelah menjadi juru kunci di Liga Spanyol.

Sementara itu, Karim Benzema melengkapi raihan gelar Los Blancos musim ini. Ia didaulat sebagai top skor Liga Italia berkat koleksi 27 gol yang dilesakkannya sepanjang musim.


4. Ligue 1

Mbappe Cetak Hattrick, PSG Pesta Gol ke Gawang Metz
Perbesar
Tim Paris Saint Germain merayakan gelar juara Ligue 1 Prancis dengan mengangkat trofi usai pertandingan akhir musim melawan Metz di stadion Parc des Princes di Paris, Prancis, Minggu (22/5/2022). PSG pesta lima gol ke gawang Metz. (AP Photo/Michel Spingler)

Di Prancis, Lionel Messi sukses merasakan gelar Ligue 1 perdananya bersama Paris Saint-Germain (PSG). Les Parisiens berhak mengangkat trofi juara usai mengumpulkan 86 poin sepanjang kompetisi musim 2021/2022.

Sementara itu, Marseille harus puas dengan status runner up. Klub yang bermarkas di Stade Velodrome ini tercecer 15 angka dari skuad asuhan Mauricio Pochettino. Kendati demikian, Marseille patut berbangga. Pasalnya mereka juga dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan bersama PSG.

AS Monaco tergeser ke peringkat tiga klasemen akhir dengan torehan 69 poin. Alhasil, klub berjuluk Les Rouge et Blanc ini harus mengikuti babak kualifikasi Liga Champions.

Adapun Rennes bertengger di posisi keempat. Raihan ini membuat tim asuhan Bruno Genesio berhak atas tempat di Liga Europa. Metz dan Bordeaux menjadi dua tim yang telah dipastikan degradasi dari Ligue 1.

Di sisi lain, Kylian Mbappe yang memilih bertahan di PSG sukses menyandang predikat sebagai top skor musim ini. Ia tampil gemilang bersama Les Parisiens usai mencetak 28 gol sepanjang kompetisi.


5. Bundesliga

Foto: Pesta Pora Pemain Bayern Munchen usai Kembali Meraih Juara Bundesliga 2021 / 2022
Perbesar
Bayern Munchen sukses meraih gelar juara Bundesliga musim 2021/2022. Kepastian itu didapat Die Roten usai mengalahkan Borussia Dortmund pada laga pekan ke-31 Bundesliga di Allianz Arena, Sabtu (23/4/2022) malam WIB. (AFP/Christof Stache)

Dominasi Bayern Munchen di Bundesliga masih sulit dipatahkan. Robert Lewandowski dan kawan-kawan kembali menjadi kampiun Liga Jerman usai merajai klasemen akhir Liga Jerman dengan torehan 77 poin.

Borussia Dortmund menempel di peringkat kedua dengan koleksi 69 angka, disusul Bayer Leverkusen dan RB Leipzig yang masing-masing bertengger di posisi tiga dan empat. Penghuni top four Bundesliga selanjutnya berhak atas tempat di Liga Champions.

Adapun Union Berlin dan SC Freiburg, yang hanya mampu finis di peringkat lima dan enam, harus puas berkompetisi di Liga Europa. Sementara itu, Arminia dan Furth menjadi dua tim yang sudah dipastikan degradasi dari Bundesliga.

Selaras dengan kesuksesan klubnya, Robert Lewandowski juga didaulat sebagai top skor Liga Jerman musim 2021/2022. Pesepak bola berusia 33 tahun itu menjadi pemain tersubur di Bundesliga usai mengoleksi 35 gol sepanjang musim ini.

Sebagai informasi, bomber muda sekaligus properti paling diminati di bursa transfer musim panas–Erling Haaland–hanya finis di posisi ketiga dengan koleksi 22 gol. Ia berselisih dua angka dari Patrik Schick yang sukses membobol gawang lawan sebanyak 24 kali.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya