Nasib Malang Dialami Pelatih AC Milan, Medali Juara Hilang Dicuri Saat Perayaan Scudetto

Oleh AY Yustiawan pada 23 Mei 2022, 09:00 WIB
Diperbarui 23 Mei 2022, 09:00 WIB
Foto: AC Milan dan Inter Sama-sama Menang, Penentuan Gelar Juara Harus Dituntaskan hingga Pekan Terakhir
Perbesar
Hingga laga usai skor 2-0 untuk kemenangan AC Milan tetap bertahan. Pasukan Stefano Pioli total mengemas 83 poin, unggul dua poin dari Inter Milan yang akhirnya menang 3-1 dari tuan rumah Cagliari. (AP/Antonio Calanni)

Liputan6.com, Jakarta Nasib malang menimpa pelatih AC Milan Stefano Pioli saat perayaan timnya meraih gelar juara Liga Italia musim 2021/2022 di Stadion Mapei, Minggu malam WIB (23/5/2022). Medali pemenang miliknya hilang dicuri.

"Bantu saya menemukannya, itu satu-satunya yang saya miliki," kata Pioli sedih.

Ahli taktik asal Italia itu memenangkan Scudetto pertama dalam kariernya etelah menang 3-0 atas Sassuolo pada laga terakhir kompetisi di Stadion Mapei.

Itu adalah Scudetto pertama Milan dalam 11 tahun, yang ke-19 dalam sejarah klub. Namun, tidak semuanya berjalan sesuai rencana di Reggio Emilia.

Faktanya, medali pemenang Pioli dicuri di lapangan di Stadion Mapei. Dia akan balik ke Milano tanpa disertai medali kebanggannya itu.

Medali pemenang saya dicuri, seseorang melepaskannya dari leher saya. Jika saya bisa mengajukan permohoinan, saya akan berterima kasih, itu satu-satunya yang saya miliki, ”katanya, menurut La Repubblica.


Dedikasi

Foto: Kemeriahan Pesta Scudetto AC Milan, 11 Tahun Penantian Tuntas Tadi Malam
Perbesar
AC Milan berhasil mengunci titel juara Serie A musim ini setelah meraih kemenangan besar atas Sassuolo dengan tiga gol tanpa balas. (AFP/Filippo Monteforte)

Pelatih berusia 56 tahun itu mendedikasikan gelar juara untuk ayahnya, yang meninggal pada September 2019, beberapa minggu sebelum penunjukannya sebagai pelatih Milan.

“Dia akan bangga dengan saya, di mana pun dia berada sekarang,” kata pelatih Rossoneri kepada DAZN setelah pertandingan.


Pelatih Terbaik

Sassuolo vs AC Milan
Perbesar
Para pemain AC Milan, termasuk Olivier Giroud, merayakan kemenangan setelah memenangkan pertandingan sepak bola Serie A antara AC Milan dan Sassuolo, di Stadion Mapei Reggio Emilia, Italia, Minggu, 22 Mei 2022. AC Milan mengamankan gelar Serie A pertamanya dalam 11 tahun pada Minggu dengan kemenangan 3-0 di Sassuolo. (Spada/LaPresse via AP)

Pioli juga dinobatkan sebagai pelatih terbaik musim ini, dan penghargaan diberikan legenda Milan Paolo Maldini.

Terkait dengan kejadian yang menimpa Pioli, menjanjikan akan menolongnya. Dia berpesan melalui Twitter: "Jangan khawatir Tuan Pioli, kami akan memberi Anda medali lagi besok."


Penantian Panjang

AC Milan, Sassuolo, Serie A, Liga Italia
Perbesar
Pemain AC Milan, Alessio Romagnoli, mencetak gol bagi timnya dalam laga kontra Sassuolo pada giornata 14 Serie A Liga Italia, Minggu (28/11/2021). (AP Photo/Luca Bruno)

Seperti diketahui, penantian panjang AC Milan merengkuh gelar juara Liga Italia akhirnya berakhir di markas Sassuolo. Rossoneri merengkuh scudetto musim 2021/2022 usai kalahkan tuan rumah 3-0 di Stadion Mapei.

Kemenangan AC Milan ditentukan dua gol Olivier Giroud dan Franck Kessie. Tuan rumah hingga akhir laga tak mampu memperkecil ketinggalan.

Dengan hasil ini, AC Milan juga sukses menyudahi paceklik gelar Liga Italia mereka yang telah berlangsung 11 tahun. Sebelumnya, kali terakhir skuad Rossoneri juara Liga Italia yaitu pada musim 2010-2011.


Jumlah Trofi

Sassuolo vs AC Milan
Perbesar
Pemain AC Milan Olivier Giroud melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua timnya saat pertandingan Serie A antara Sassuolo melawan AC Milan di stadion Citta del Tricolore, di Reggio Emilia, Italia, Minggu, 22 Mei 2022. AC Milan menang 3-0 dan meraih gelar Serie A. (Foto AP/Antonio Calanni)

Keberhasilan Rossonesi scudetto sekaligus menambah total trofi Liga Italia mereka. Hingga saat ini, Milan meraih 19 gelar scudetto.

AC Milan sebenarnya hanya membutuhkan satu poin untuk mengamankan gelar Liga Italia, karena mereka memiliki rekor head-to-head superior dengan rival bebuyutannya Inter dan keunggulan dua poin menuju babak final.


Peringkat Kedua

Sassuolo vs AC Milan
Perbesar
Para pemain AC Milan merayakan kemenangan setelah memenangkan pertandingan sepak bola Serie A antara AC Milan dan Sassuolo, di Stadion Mapei Reggio Emilia, Italia, Minggu, 22 Mei 2022. AC Milan mengamankan gelar Serie A pertamanya dalam 11 tahun pada hari Minggu dengan skor 3-0 menang di Sassuolo. (Michele Nucci/LaPresse melalui AP)

Saat Milan menang, Inter juga menang 3-0 di markas sendiri saat menjamu Sampdoria. Tiga gol Inter dilesakkan Ivan Perisic, dan Joaquin Correa. Hasil itu membuat Inter mengakhiri Liga Italia 2021-2022 di peringkat kedua klasemen dengan raihan 84 poin.

Nerazzurri, julukan Inter, terpaut dua angka dari AC Milan yang memastikan diri sebagai juara usai mengantongi 86 poin.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya