Sukses

Menpora Sempat ke Ruang Ganti Timnas Basket Sebelum Raih Emas SEA Games 2021

Menpora ternyata sempat membakar motivasi pemain timnas basket Indonesia di ruang ganti sebelum berduel dengan Filipina.

Liputan6.com, Hanoi- Timnas basket Indonesia mengukir sejarah baru di SEA Games 2021. Untuk pertama kalinya Indonesia bisa meraih medali emas basket putra di SEA Games usai meruntuhkan dominasi Filipina.

Medali emas SEA Games 2021 cabor basket putra jadi milik Indonesia usai menang 85-81 atas Filipina di laga terakhir, Minggu (22/5/2022) sore WIB. Duel Indonesia vs Filipina jadi penentuan peraih emasnya karena kedua tim sebelumnya selalu menang. 

Sepanjang sejarah cabor basket putra SEA Games, Filipina begitu dominam. Mereka 18 kali merebut emas. Sejak 1991, Filipina selalu mendapat emas basket putra. Sebelum Indonesia, hanya Malaysia yang sempatndua kali menggagalkan Filipina mendapat emas.

Sukses timnas basket Indonesia mengukir sejarah baru ternyata ada peran dari Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Menpora rupanya sempat datang ke ruang ganti pemain dan membakar semangat Abraham Damar Grahita dan kawan-kawan sebelum bertanding melawan Filipina. 

"Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pemain yang sudah berjuang sampai di laga terakhir hari ini, karena nanti pertandingan yang menentukan medali emas, saya minta pemain untuk tidak emosi di lapangan. Bermain lepas saja dan berikan yang terbaik," ujar Menpora Amali.

"Bisa ya, Emas," ucap Menpora Amali yang diikuti oleh teriakan bisa para pemain dan staf pelatih di ruang ganti Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2 Perak

Bola basket juga mendapat dua medali perak. Yang pertama dari basket putri 3x3 dan kemudian basket 5x5 putri. 

Di basket 5x5 putri, Pada laga terakhir Indonesia putri menang atas Singapura dan membuat rekor menang-kalah 4-1 di klasemen grup.

3 dari 3 halaman

Kalah Head to Head dari Filipina

Rekor tersebut sama dengan yang dimiliki oleh Filipina. Akan tetapi, Filipina unggul secara head to head atas Indonesia.

Indonesia kalah dari Filipina pada pertemuan di SEA Games 2021. Adapun satu kekalahan Filipina kalah dari Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.