SEA Games 2021: Menang Dramatis Atas Thailand, Timnas Basket 5x5 Putri Amankan Perak

Oleh Liputan6.com pada 22 Mei 2022, 16:46 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 16:46 WIB
Timnas Basket Putri
Perbesar
Timnas Basket Putri kategori 5x5 yang akan membela Indonesia di ajang SEA Games 2021 (Sumber: PP Perbasi). 

Liputan6.com, Jakarta Timnas basket 5x5 putri Indonesia berhasil memetik kemenangan atas Thailand dengan 76-64 pada Sabtu (21/5/2022). Bertempat di Thanh Tri Gymnasium, timnas basket putri Indonesia berhasil memanfaatkan enam menit sisa di pertandingan kuarter keempat untuk mengembalikan keadaan. 

Dengan kemenagan ini, timnas basket 5x5 putri mengemas tiga kemenangan beruntun. Sementara itu, di papan klasemen, Indonesia menempati posisi runner-up dengan tujuh poin. Di puncak klasemen, Filipina masih memimpin dan Malaysia menempati posisi ketiga. 

Indonesia memang sudah mengemas medali perak karena perolehan poin Indonesia tidak akan bisa disalip oleh Malaysia maupun Thailand yang berada di posisi ketiga dan keempat. Namun, timnas basket 5x5 putri Indonesia masih berpeluang untuk mendapatkan emas. 

Namun, peluang mendapatkan emas sangat kecil. Hal ini terjadi jika Timnas Basket 5x5 putri menang atas Singapura di pertandingan terakhir pada Minggu (22/5/2022). 

Mereka juga berharap Filipina takluk kepada Malaysia. Di atas kertas, Filipina secara kelas di atas lebih baik dari Malaysia. Di saat yang sama, Malaysia juga bisa memastikan diri bawa pulang perunggu dengan kemenangan Indonesia atas Thailand. 

“Kalau Malaysia menang dari Filipina, kita bisa dapat emas. Tapi dengan kemenangan kita hari ini atas Thailand, Malaysia juga sudah lebih aman jaminan perunggu juga,” jelas Manajer Timans Basket 5x5 putri, Christopher Tanuwidjaja dilansir dari laman resmi federasi. 


Kunci Kemenangan Melawan Thailand

Basket SEA Games 2021
Perbesar
Pebasket Timnas Putri Indonesia, Ayu Sriartha, melakukan operan dibayangi pemain Harimau Malaya dalam babak penyisihan ABL 3x3 International Champions Cup 2022 di Discovery Shopping Mall Kuta, Sabtu malam (16/4/2022). (Bola.com/Maheswara Putra)

Pada kesempatan yang sama, Christopher Tanuwidjaja juga mengungkap kunci kemenangan atas timnas Thailand. 

“Kuncinya dua kata, tetap yakin! Jadi kemenangan atas Thailand itu bukan karena stamina pemain yang bagus bisa bertarung hingga saat ini, tapi lebih ke mental dan kemauan para pemain. Bagaimana mereka tetap yakin bisa menang meski dalam tekanan,” jelas Christopher.


Jadwal Pertandingan Timnas Basket 5x5 Indonesia Putri

Timnas Basket 5x5 Indonesia Putri 

 Minggu (22/5/2022) : Indonesia vs Singapura (13.00 WIB)

Penulis: Jesslyn Koesman

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya