Tunggal Putra Tanpa Medali di SEA Games 2021, Pelatih Minta Maaf

Oleh Liputan6.com pada 21 Mei 2022, 16:30 WIB
Diperbarui 21 Mei 2022, 16:30 WIB
Chico Aura Dwi Wardoyo - SEA Games 2021 - Bulu Tangkis
Perbesar
Tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo kalah 14-21 dan 14-21 dari pemain Thailand Kunlavut Vitidsarn pada laga semifinal cabang bulu tangkis beregu SEA Games 2022 di Bac Giang Gymnasium, Selasa (17/5/2022). (foto: PBSI)

Liputan6.com, Jakarta Dua wakil tunggal putra yang diturunkan di SEA Games 2021 belum bisa menyumbang medali di babak perorangan cabang bulutangkis. Chico Aura Dwi Wardoyo dan Christiana Adinata harus tersisih di babak-babak awal. 

Christian Adinata diketahui harus terhenti di babak 16 besar dari pebulu tangkis tuan rumah, Nguyen Tien Minh dengan 2 gim langsung 12-21, 19-21. Sementara Chico Aura Dwi Wardoyo harus dihadang wakil Singapura, Jiang Heng Jason Teh di babak perempat final dengan dua game 16-21, 16-21. 

Dengan hasil tersebut, pelatih tunggal putra, Harry Hartono menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Indonesia karena belum bisa menyumbangkan medali kepada kontingen Indonesia. 

“Kami mohon maaf kepada masyarakat Indonesia karena tahun ini tim tunggal putra belum bisa menyumbang medali,” kata Harry dilansir dari PB Djarum, Sabtu (21/5/2022). 

“Penampilan Chico dan Christian kurang maksimal, tentunya akan ada evaluasi dan catatan untuk diperbaiki dan ditingkatkan lagi,” jelasnya. 


Beban Berat

Christian Adinata - Bulu Tangkis - SEA Games 2021 - 16 Mei 2022
Perbesar
Christian Adinata menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Kamboja pada perempat final beregu putra bulu tangkis SEA Games 2021 Vietnam di Bac Giang Gymnasium, Senin (16/5/2022). (foto: PBSI)

Pada kesempatan yang sama, Harry mengatakan bahwa mereka dibebani beban yang cukup berat sehingga membuat dua wakil tunggal putra Indonesia sulit untuk tampil lepas. 

“Ada target yang menjadikan Chico dan Christian menjadi beban untuk tampil maksimal. Tetapi memang harus belajar mengatasi supaya beban itu menjadi motivasi,” ujar Harry. 

“Mental dan cara berpikir mereka harus kuat jika ingin standar levelnya tinggi dan event SEA Games ini bagus untuk pengalaman mereka berdua. Saya berharap mereka bisa lebih matang setelah dari sini,” tambah Harry. 


Jadwal Semifinal Wakil Indonesia di SEA Games 2021

Lapangan 1: 

Pertandingan ke-1: Pornpawee Chochuwong vs Putri Kusuma Wardani

Pertandingan ke-2: Apriyani Rahayu/ Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Insyirah Khan/Zhi Rui Bernice Lim

Pertandingan ke-3: Tuan Duc Do/Hong Nam Pham vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin 

Pertandingan ke-4: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas vs Chen Tang Jie/Peck Yen Wei 

Lapangan 2: 

Pertandingan ke-2: Gregoria Mariska Tunjung vs Phittayaporn Chaiwan 

Pertandingan ke-4: Pramudya Kusumawardana/Yeremia E.Y.Y. Rambitan vs Hee Yong Kai Terry/ Loh Kean Hean 

Pertandingan ke-5: Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso vs Hoo Pang Ron/Cheah Yee See.

Ket: Pertandingan dimulai pukul 13.00 WIB

Penulis: Jesslyn Koesman

 

 

 

 

Infografis bulu tangkis
Perbesar
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya