Sukses

Erik ten Hag Sebut Jurrien Timber Layak Jadi Kapten Masa Depan MU

Pemain Ajax Jurrien Timber telah dikaitkan dengan kepindahan ke Manchester United (MU) jelang bursa transfer musim panas. Manajer baru Setan Merah, Erik ten Hag, memuji Timber dan menyebut sang pemain layak mengenakan ban kapten di klub mana pun.

Liputan6.com, Manchester- Pemain Ajax Jurrien Timber mulai ramai dibicarakan jelang bursa transfer musim panas. Sebabnya, Erik ten Hag yang kini berstatus sebagai manajer baru Manchester United (MU) dikabarkan tertarik menyewa jasa pesepak bola 20 berusia tahun tersebut.

Dilansir Metro, Ten Hag sudah mulai mempersiapkan pekerjaan di Old Trafford. Juru taktik asal Belanda itu diperkirakan bakal hadir dalam laga terakhir Liga Inggris antara MU melawan Crystal Palace di Selhurst Park pada Minggu (22/5/2022) malam WIB.

Erik ten Hag juga siap melakukan perombakan besar-besaran pada skuad Setan Merah. Total 10 pemain diprediksi akan hengkang dari Old Trafford pada penghujung musim ini.

Adapun Ten Hag diyakini telah mengadakan pembicaraan ekstensif dengan pihak klub terkait rencana transfer musim panas. Pelatih berkepala plontos itu kemungkinan akan mengganti pemain yang terdepak dengan mantan anak asuhnya di Ajax.

Jurrien Timber merupakan salah satu nama yang santer dikaitkan dengan Setan Merah. Bek asal Belanda ini konon berada di urutan teratas dalam target transfer Ten Hag di Old Trafford.

Tak heran jika sang pelatih berniat memboyong Timber ke MU. Pesepak bola kelahiran 2001 itu memegang peranan penting di balik keberhasilan Ajax memenangkan gelar Eredivisie musim ini. Ten Hag pun merasa sang pemain layak mengenakan ban kapten di mana pun ia berkarier.

“Dia (Jurrien Timber) adalah pemimpin hebat yang dilatih di Ajax. Di samping keterampilannya bermain sepak bola, ia juga memiliki kepribadian untuk menjadi kapten,” ujar Ten Hag dalam wawancara terakhirnya sebagai juru taktik Ajax, seperti dilansir dari Metro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengagum Timber

Sudah bukan rahasia bahwa Erik ten Hag merupakan pengagum Timber. Ia pun menegaskan bahwa sang pemain–bersama rekan setimnya, Antony yang juga dikaitkan dengan kepindahan ke MU–sangat layak untuk pindah ke tempat yang lebih besar.

“Saya pikir, semua klub top di Eropa ingin mendapatkan (jasa) Timber. Saya rasa hal itu berlaku untuk banyak pemain Ajax saat ini,” tutur Ten Hag kepada De Telegraaf, dikutip dari Metro.

“Jika Antony pergi, itu akan menjadi kerugian bagi Ajax karena mereka tidak memiliki orang lain yang dapat mengambil alih posisinya. Dia adalah (pemain) kelas atas,” sambung sang pelatih soal anak-anak asuhnya di Johan Cruyff Arena.

Adapun MU siap memberi sokongan dana bagi Ten Hag jelang bursa transfer musim panas. Klub yang terlempar ke posisi enam klasemen Liga Inggris itu bakal menyodorkan 120 juta poundsterling untuk dibelanjakan oleh sang pelatih. Dana tersebut masih akan ditambah dengan uang tunai yang didapat dari hasil penjualan pemain.

Laporan menyebut Ajax sejatinya tak melarang Ten Hag membajak pemain mereka. Walau begitu, juru taktik asal Belanda ini nampaknya tetap butuh pertimbangan bijak terkait dana, sebelum mulai memasuki jendela transfer.

3 dari 4 halaman

Pemain Lain

Selain Jurrien Timber, pemain Barcelona Sergino Dest juga dikabarkan masuk dalam radar incaran MU. Penggawa internasional Amerika Serikat itu kemungkinan bakal dijadikan pengganti Aaron Wan-Bissaka di Old Trafford.

Melansir laporan Liputan6.com, Dest memiliki kemampuan hebat saat membantu penyerangan. Ia juga dikenal sebagai pemain yang memiliki kecepatan luar biasa. Musim ini pun Dest mampu membuat tiga assist untuk Blaugrana.

Peluang MU mendapatkan jasa Dest terbuka lebar. Eks pemain Ajax Amsterdam itu mungkin dijual oleh Barca lantaran butuh dana tambahan untuk belanja pemain. Klub yang ditukangi oleh Xavi Hernandez juga sudah punya dua bek kanan, yakni Dani Alves dan Sergi Roberto. Oleh karena itu, pilihan untuk melepas Dest nampaknya tak menjadi masalah besar.

Dest merupakan pemain Barcelona ketiga yang dikaitkan dengan MU di jendela transfer musim panas 2022. Sebelumnya gelandang Frenkie de Jong dan winger Ousmane Dembele juga santer dikabarkan bakal diboyong ke Old Trafford.

Khusus Dembele, MU bisa mendapatkannya secara gratis lantaran kontrak sang pemain akan habis pada Juni mendatang. Adapun Frenkie de Jong kini dihargai 70 juta poundsterling. Namun, Barcelona kemungkinan belum rela berpisah dengan sang pemain.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.