Sukses

Sejarah, 3 Wasit Perempuan Bakal Pimpin Pertandingan Piala Dunia Qatar

Piala Dunia 2022 terus menggoreskan sejarah. Setelah menjadi ajang pertama yang berlangsung di Timur Tengah dan berlangsung pada musim dingin, pesta sepak bola termegah di muka bumi itu akan menghadirkan wasit perempuan.

Liputan6.com, Paris - Piala Dunia 2022 terus menggoreskan sejarah. Setelah menjadi ajang pertama yang berlangsung di Timur Tengah dan berlangsung pada musim dingin, pesta sepak bola termegah di muka bumi itu akan menghadirkan wasit perempuan. 

FIFA menunjuk Stephanie Frappart (Prancis), Salima Mukansanga (Rwanda), dan Yoshimi Yamashita (Jepang) dalam daftar pengadil pertandingan yang bertugas. Mereka juga bakal didukung tiga asisten wasit perempuan.

Momen ini juga mempertebal buku rekor masing-masing. Frappart menjadi wasit perempuan pertama yang memimpin laga Piala Super Eropa dan Liga Champions.

Mukansanga tercatat sebagai wasit perempuan pertama yang bertugas di Piala Afrika. Sementara Yamashita menjadi wasit perempuan pertama yang memimpin laga Liga Champions Asia.

"Kami punya kriteria utama, yakni mengedepankan kualitas dan bukan jenis kelamin. Saya berharap di masa depan, kehadiran wasit-wasit perempuan di kompetisi elite putra akan menjadi sesuatu yang normal dan tidak lagi sensasional," kata Presiden Komite Wasit FIFA Pierluigi Collina dilansir BBC.

Total FIFA menunjuk 36 wasit, 69 asisten, dan 24 ofisial video assistant referee untuk bekerja di Piala Dunia Qatar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disiarkan Emtek Group

Piala Dunia 2022 bisa dinikmati di Tanah Air melalui siaran langsung Emtek Grup yang memegang hak siar kompetisi. Berbagai program sudah disiapkan.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2022 akan tayang di berbagai platform milik Emtek Grup. Untuk televisi free to air, Piala Dunia 2022 bisa disaksikan di SCTV, Indosiar, dan O Channel. Kemudian ada juga TV terestrial digital Mentari TV.

Tayanan Piala Dunia juga bisa disaksikan lewat saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio.

Piala Dunia 2022 akan dimulai 21 November 2022. Rangkaian Piala Dunia 2022 di Emtek Grup sudah dimulai sejak pengundian fase grup pada 1 April 2022 di Doha, Qatar.

Dalam final draw tersebut turut diperkenalkan maskot Piala Dunia 2022 yakni La’eeb karakter serba putih dengan slogan “Now Is All”.

"Qatar sangat serius dalam menyiapkan perhelatan Piala Dunia 2022. Ini dibuktikan dengan stadion megah dengan teknologi canggih yang sudah siap pakai," sebut Hendy Lim sebagai Tim Advance SCM Group yang sudah mendarat di Qatar untuk memastikan kesiapan Piala Dunia 2022 di Qatar.

3 dari 3 halaman

Daftar Platform

EMTEK Group akan menyedikan platform medianya untuk live streaming Piala Dunia 2022 Qatar antara lain stasiun televisi SCTV, Indosiar, Champions TV, O Channel, Mentari TV, dan Vidio. Piala Dunia 2022 juga ditayangkan lewat Nex Parabola.

Sebanyak 64 pertandingan nantinya akan disiarkan, yang terbagi 40 jadwalnya berlangsung mulai pukul 17.00 WIB dan sisanya 24 pertandingan berlangsung pukul 02.00 WIB. 

Untuk penayangan melalui over the top (OTT), Vidio.com akan menayangkan seluruh pertandingan dengan sistem berbayar. Bagi anda yang ingin menonton live streaming acara olahraga, bisa bergabung menjadi langganan Vidio, ikuti langkah-langkah berikut :

Pengguna Desktop dan Mobile Browser

  • Masuk ke https://www.vidio.com/
  • Login dengan akun Vidio kamu
  • Masuk ke https://www.vidio.com/packages
  • Pilih paket yang diinginkan
  • Lanjut ke pembayaran ( Pilih metode pembayaran)
  • Pembayaran selesai dan selamat menonton

Pengguna Android 

  • Masuk ke aplikasi Vidio
  • Login dengan akun Vidio kamu 
  • Pilih More/lainnya di sebalah kanan bawah
  • Pilih Subcription and purchases
  • Pilih paket premier yang diinginkan 
  • Lanjut ke pembayaran ( Pilih metode pembayaran ) 
  • Pembayaran selesai dan selamat menonton.

Pengguna iOS

  • Masuk ke aplikasi Vidio
  • Login dengan akun Vidio kamu 
  • Pilih More/lainnya di sebalah kanan bawah
  • Pilih Subcription and purchases
  • Untuk  iOS App ada perbedaan harga terkait dari appstore.
  • Pilih paket premier yang diinginkan 
  • Lanjut ke pembayaran (hanya tersedia in app billing)
  • Pembayaran selesai dan selamat menonton, kembali ke Apps.

Vidio menawarkan paket Platinum mulai dari Rp19.000 per minggu, Rp29.000 per bulan, platinum + F1 Rp 49.000 atau Rp199.000 per tahun. Dengan paket tersebut anda dapat menyaksikan seluruh acara olahraga BRI Liga 1, Liga 3 Nasional, EPL, Serie A, La Liga,  beIN Sport channel, serta acara menarik lainnya seperti UCL, NBA, BRI Liga 1, Liga 2, Bein (1 & 3), BWF, WTA, Proliga 2022 IBL dan lain-lainnya nonton bebas iklan karena #SemuaAdaDiVidio. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.