Anggaran Terbatas, MU Terancam Gagal Dapatkan Bintang Barcelona

Oleh AY Yustiawan pada 20 Mei 2022, 19:30 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 19:30 WIB
Liga Inggris MU vs Chelsea
Perbesar
Gelandang Chelsea N'Golo Kante berebut bola dengan gelandang Manchester United Bruno Fernandes pada lanjutan Liga Inggris 2021/2022 di Old Trafford, Manchester, Jumat (29/4/2022) dini hari WIB. Laga Manchester United vs Chelsea berakhir tanpa pemenang. Kedua tim berakhir sama kuat 1-1. (AP Photo/Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU dilaporkan telah memberi tahu Barcelona bahwa mereka tidak akan menghabiskan sebagian besar anggaran musim panas mereka untuk mendatangkan gelandang Frenkie de Jong.

Pemain internasional Belanda terus dikaitkan dengan kepindahan ke Old Trafford. Pelatih MU yang akan masuk Erik ten Hag dikatakan tertarik untuk reuni dengan pemain yang dia latih di Ajax.

Namun, menurut Daily Mail, juara Liga Inggris 20 kali itu tidak siap untuk membobol bank untuk pemain berusia 25 tahun itu selama jendela transfer musim panas.

Laporan tersebut mengklaim bahwa Barcelona menginginkan 65 juta poundsterling untuk pemain Belanda itu, yang telah mencetak empat gol dan mencatatkan lima assist dalam 46 penampilan untuk raksasa Catalan musim ini.

Namun, MU harus bekerja dengan 'anggaran terbatas' karena kegagalan mereka lolos ke Liga Champions 2022-23, sehingga Setan Merah diduga tidak bisa mendapatkan De Jong.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk klub. Jika tuas ekonomi yang ingin kami aktifkan terlepas, tidak ada pemain yang akan pergi karena alasan ekonomi," kata presiden Barcelona Joan Laporta kepada Radio Catalunya ketika ditanya tentang kemungkinan kepergian De Jong pada musim panas.

"Saya bersikeras. Biarkan manajemen olahraga bekerja. Ada pemain yang dikutip telah menerima tawaran. Di area olahraga, Xavi dan Mateu Alemany memerintah dan dia akhirnya memutuskan manajemen olahraga klub. Saya akan mengikuti apa yang profesional klub." ujar Laporta.


Situasi Ekonomi

Liga Europa Napoli vs Barcelona
Perbesar
Gelandang Barcelona Frenkie De Jong berebut bola dengan gelandang Napoli Fabian Ruiz pada play-off fase gugur Liga Europa 2021/2022 di Stadion Diego Armando Maradona, Jumat (25/2/2022) dini hari WIB. Barcelona melaju ke babak 16 besar usai menang telak 4-2 di kandang Napoli. (ANDREAS SOLARO/AFP)

Sementara itu, manajer Barcelona Xavi juga baru-baru ini mengakui bahwa pemain Belanda itu bisa meninggalkan Camp Nou musim panas ini karena alasan keuangan.

"Dia pemain penting bagi saya, dan dia memulai setiap pertandingan kecuali beberapa karena rotasi. Tapi itu tergantung pada situasi ekonomi. Bagi saya, Frenkie bisa menjadi salah satu legenda klub," kata Xavi kepada wartawan.


Sisa Kontrak

Frenkie de Jong
Perbesar
Barcelona menang 1-0 atas Deportivo Alaves dalam duel pekan ke-22 Liga Spanyol 2021/22, Senin (24/1/2022). Frenkie de Jong mencetak gol tunggal Barca. (AFP/Ander Gillenea)

De Jong telah mencetak 13 gol dan 17 assist dalam 139 penampilan untuk Barcelona sejak pindah dari Ajax pada 2019.

Gelandang itu masih memiliki lebih dari empat tahun tersisa untuk kontraknya di Camp Nou dan diyakini ingin bertahan di klub selama jendela transfer musim panas ini.


Biaya Transfer

Foto: 5 Transfer Besar yang Bisa Terjadi pada Musim Panas 2022
Perbesar
Frenkie de Jong merupakan pemain andalan Barcelona. Namun, beredar kabar jika gelandang muda tersebut bakal dijual untuk meringankan krisis keuangan yang terjadi di tubuh Blaugrana. Nama yang paling santer akan menggaet De Jong adalah Manchester United. Hal tersebut tak lepas dari keberadaan Erik Ten Hag, yang merupakan pelatih De Jong di Ajax Amsterdam. (AFP/Lluis Gene)

Namun, Barcelona masih memiliki masalah keuangan, dan pemain asal Belanda itu diyakini dipandang sebagai pemain yang mampu menaikkan biaya transfer besar di bursa transfer mendatang.

Klub La Liga dilaporkan dapat memberikan sanksi penjualan mantan pemain muda Ajax untuk membawa pemain Bayern Munich Robert Lewandowski ke Camp Nou musim panas ini.


Pengganti Fernandinho

Foto: Melihat Aksi Garang Gabriel Jesus Saat Bawa Manchester City Melumat Watford di Liga Inggris
Perbesar
Selain mencetak empat gol, Gabriel Jesus juga sangat merepotkan barisan pertahanan tim tamu. (AP/Jon Super)

Manchester City juga dianggap menunjukkan minat pada De Jong, dengan juara Liga Premier bersiap untuk menandatangani pengganti Fernandinho.

De Jong diskors untuk pertandingan La Liga Barcelona dengan Getafe akhir pekan lalu tetapi kembali bertanding untuk pertandingan Minggu melawan Villarreal.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya