Sukses

Kejuaraan Dunia Motocross MXGP Kembali Digelar di Indonesia, Kali Ini di Sumbawa

MXGP kembali mampir ke Indonesia setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19. Kali ini akan dilangsungkan di Sumbawa.

Liputan6.com, Jakarta- Setelah absen dua tahun akibat pandemi virus corona Covid-19 kejuaraan dunia Motocross MXGP akan singgah lagi di Indonesia. Salah satu seri MXGP musim 2022 akan digelar di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada Juni nanti.

Kehadiran MXGP melengkapi sederet ajang balapan motor bergengsi dunia di NTB. Sebelumnya NTB sukses menjadi tuan rumah balapan MotoGP, World Superbike hingga Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika.

MXGP Indonesia 2022 diselenggarakan di SAMOTA, Sumbawa, pada tanggal 24-26 Juni 2022. Terakhir kali MXGP hadir di Indonesia pada tahun 2019 di Palembang dan Semarang.

Perjalanan MXGP di Indonesia dimulai tahun 2017 di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung. Sejak saat itu MXGP rutin memasukkan Indonesia sebagai salah satu tuan rumah hingga Covid-19 menyerang.

Alasan pemilihan lokasi di SAMOTA Sumbawa karena daerah ini merupakan integrasi dari 3 kawasan indah yang cukup popular di dunia (Saleh, Moyo, Tambora). MXGP diharapkan menjadi titik balik agar SAMOTA agar dapat lebih dikenal dunia.

"Alasan pemilihan lokasi di SAMOTA Sumbawa karena daerah ini merupakan integrasi dari 3 kawasan indah yang cukup popular di dunia (Saleh, Moyo, Tambora). Kami yakin mudah-mudahan semua akan disuguhkan dengan petualangan yang hebat dan mengalami pengalaman spiritual yang luar biasa di NTB," tutur Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Penonton

Sumbawa sebagai tuan rumah penyelenggaraan MXGP of Indonesia 2022 giat mempersiapkan diri dari sisi fasilitas infastruktur maupun logistik, dengan dukungan penuh dari para stakeholders penyelenggara, masyarakat Sumbawa dan penggiat otomotif di Indonesia.

MXGP di Sumbawa menargetkan dihadiri 75.000 orang penonton selama 3 hari perhelatan. Tiket MXGP Indonesia ini akan dijual dengan berbagai pilihan mulai awal Juni.

3 dari 3 halaman

Efek Domino

Kehadiran MXGP diharapkan bisa memberi efek domino yang baik bagi Sumbawa seperti Mandalika saat menggelar MotoGP.

"Kegiatan otomotif semakin meningkat ketika sukses Mandalika membuktikan bahwa ekonomi itu bergerak tinggi. Bukan hanya kegiatan ekonomi, tetapi promosi pariwisatanya menjangkau hampir seluruh dunia. Sebanyak 1,6 miliar mata dunia tertuju ke Mandalika dan kita berharap nanti saat kegiatan MXGP di Samota Sumbawa juga begitu," ungkap ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.