Update Perolehan Medali SEA Games 2021 per 19 Mei 2022: Atletik Sumbang Emas, Indonesia Ada di Posisi 3

Oleh Thomas pada 19 Mei 2022, 12:50 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 12:50 WIB
Odekta Naibaho Elvina
Perbesar
Odekta Naibaho Elvina merebut emas atletik marathon putri SEA Games 2021 (Dok Koni)

Liputan6.com, Jakarta- Indonesia mendapat satu medali emas SEA Games 2021 dari cabang olahraga atletik pada Kamis (19/5/2022) pagi. Satu keping emas dipersembahkan oleh Odekta Naibaho Elvina pada nomor Marathon putri.

Pelari asal Sumatera Utara itu mencatatkan waktu 2 jam 55 menit 27 detik. Odekta harus melawan cuaca lembab di sekitar Hanoi National Sports Complex, My Dinh, cukup sejuk.

"Akhirnya impianku selama ini terwujud mengumandakangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Terima kasih Ayah Ibu atas doa restumu," ujar Odekta.

Untuk meraih emas SEA Games 2021, Odekta harus bersaing mengalahkan dua pesaing beratnya Christine Hallasgo dari Filipina dan atlet Singapura Jasmine Goh.

Pada Kamis ini, cabor atletik juga menambah dua medali perak melalui Agus Prayogo yang bertanding pada nomor Marathon putra dan Hendro Yap pada nomor jalan cepat putra 20 km walk.

“Pagi hari ini, atletik menyumbangkan 1 medali emas melalui Odekta Naibaho dan 2 medali emas dari Agus Prayogo dan Hendro. Selamat kepada para atlet yang telah berhasil meraih prestasi untuk Indonesia padaSEA Games Vietnam. Terima kasih atas kerja keras para atlet, pelatih, ofisial dan Ketum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang dipimpin Bapak Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar,” kata Ketum KONI Pusat Marciano Norman.


Catur

SEA Games - Ilustrasi SEA Games Vietnam
Perbesar
SEA Games - Ilustrasi SEA Games Vietnam (Bola.com/Adreanus Titus)

Sementara itu tim catur rapid putri Indonesia memastikan meraih medali emas SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, setelah menang perhitungan Tiebreak (TB) 2 dari tuan rumah Vietnam.

Pada babak kelima catur cepat tim putri yang berlangsung di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Vietnam, Kamis, Indonesia yang menurunkan IM Medina Warda Aulia dan WIM Ummi Fisabilillah, menang 1,5 - 0,5 dari Thailand sehingga total poin yang dicapai menjadi 6,0.

Dengan demikian, Indonesia bisa menyamai total poin yang didapat Vietnam yang pada babak terakhir menang mutlak 2-0 atas Malaysia.

Karena total poin sama maka pemenang ditentukan lewat TB2 yang memakai perhitungan tim pemenangan mendapat nilai 2, seri 1 dan kalah 0.

Dalam 4 babak yang dimainkan dengan sistem round robin, duet Medina dan Umi mencatat 3 kemenangan dan sekali seri saat menghadapi Filipina, sehingga total TB2 Indonesia adalah 7. Adapun, Vietnam mencatat 3 kemenangan dan sekali kekalahan dari Indonesia di babak kedua.

Dengan tambahan satu emas dari catur cepat putri, maka Indonesia sudah mendapat dua emas dari cabor catur di SEA Games 2021. Sebelumnya WIM Dewi AA Citra merebut emas catur standar.


Posisi 3

Sumbangan emas dari catur dan atletik membuat Indonesia sudah mengoleksi 39 emas hingga Kamis siang WIB. Indonesia pun berada di urutan tiga klasemen medali.

Posisi pertama masih ditempati tuan rumah Vietnam yang sudah mendapat 132 emas. Thailand menyusul di urutan dua dengan 56 emas.

Jangan lewatkan klasemen medali SEA Games 2021 Hanoi pada tautan ini.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya