Sukses

Lolos ke Asian Games 2022 Hangzhou, Timnas Hoki Indonesia Minta Dukungan Kemenpora

Timnas Hoki Indonesia berharap diperhatian Kemenpora setelah berhasil meraih tiket ke Asian Games 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Tim Nasional Hoki Indonesia baru saja menorehkan prestasi ciamik. Tak cuma meraih tiket ke Asian Games 2022 Hangzhou, tetapi Pasukan Garuda sukses merebut medali perunggu pada babak kualifikasi Hoki Asian Games yang digelar di Bangkok, Thailand pada 5-15 Mei 2022.

Timnas Hoki Indonesia mampu mengalahkan tuan rumah Thailand 4-3 pada perebutan tempat ketiga. Sebelumnya di semifinal Indonesia kalah 0-2 dari Oman yang akhirnya menjadi juara setelah mengalahkan Bangladesh 6-1 di final.

"Kerja keras PP FHI akhirnya berbuah hasil. Timnas Hoki Indonesia bukan hanya memastikan tiket ke Asian Games 2022 Hangzhou tetapi juga tercatat untuk pertama kali meraih medali perunggu pada single event kualifikasi Asian Games. Ini prestasi yang membanggakan," kata Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy kepada awak media, Minggu (15/6/2022) malam.

Perjuangan Timnas Hoki Indonesia yang ditangani pelatih asal Malaysia, Dhaarma Raj, kata Yasser, cukup berat. "PP FHI mengapresiasi perjuangan anak-anak yang tampil luar biasa. Tidak mudah meraih medali perunggu ketiga dengan mengalahkan Thailand," katanya. 

Atas prestasi yang baru pertama diraih sejak hoki berdiri di Indonesia tersebut, Ketua Umum PP FHI, Mayjen Budi Sulistijono mengharapkan dukungan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pasalnya tiket ke Asian Games 2022 Hangzhou itu diperoleh melalui babak kualifikasi seperti halnya tiket ke Olimpiade.

"Kami mengharapkan Kemenpora memberikan dukungan terhadap Timnas Hoki Indonesia untuk melakukan persiapan menuju Asian Games 2022 Hangzhou. Karena, tiket yang diraih Timnas Indonesia berdasarkan prestasi yang diperoleh pada babak kualifikasi seperti halnya Olimpiade," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Federasi Hoki Asia

Ketua Eksekutif Federasi Hoki Asia, Dato Tayyab Ikram menyampaikan ucapan selamat atas prestasi luar biasa yang dicatat Timnas Hoki Indonesia. "Saya mengucapkan selamat kepada Tim Hoki Nasional Putra Indonesia atas kinerja dan pencapaian luar biasanya. Selamat kedua saya untuk Timnas Hoki Indonesia yang telah lolos kualifikasi Asian Games 2022 Hangzhou," katanya.

Dato Tayyab Ikram juga memuji kinerja PP FHI yang telah sukses meraih prestasi dalam waktu cukup singkat. "Kinerja PP FHI mengagumkan dalam waktu cepat bisa melakukan pengembangan, struktur organisasi dan pembentukan Timnas yang hebat," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Rahasia Sukses

Sementara itu, Dhaarma Raj mengungkap keberhasilan Timnas Hoki Indonesia di kualifikasi Asian Games tidak terlepas dari keseriusan PP FHI dalam mendukung persiapan. Termasuk mengirimkan Timnas Indonesia menjalani Training Camp (TC) di Malaysia . Termasuk pertandingan uji coba dengan beberapa klub Liga Malaysia dan klub negara bagian.

"Banyak kemajuan yang dialami Timnas Hoki Indonesia setelah menjalani TC di Malaysia dengan menjalani 14 laga uji coba yang dilakukan dalam suasana ramadan. Baik itu dalam performa tim maupun individu," ungkapnya.

"Kini, Timnas Hoki Indonesia telah memenuhi target lolos yang tidak mudah diraih dalam waktu singkat. Makanya, saya berharap pemerintah Indonesia memberikan dukungan terhadap persiapan menuju Asian Games 2022 Hangzhou. Waktu persiapan pun cukup panjang karena pelaksanaannya ditunda pada tahun 2023," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.