Sukses

SEA Games 2021: Tim Putri Bulu Tangkis Indonesia Waspadai Tekanan Suporter Vietnam

Indonesia akan menghadapi Vietnam pada semifinal cabang bulu tangkis beregu putri SEA Games 2021. Lawan Vietnam, skuad Merah Putih akan mewaspadai tekanan penonton tuan rumah.

Liputan6.com, Bac Giang - Indonesia bakal menghadapi tuan rumah Vietnam pada semifinal cabang bulu tangkis beregu putri SEA Games 2021. Pertandingan ini tentunya tifak akan mundah karena tekanan penonton tuan rumah akan sangat terasa.

Bac Giang Gymnasium, tempat digelarnya cabang badminton, sangat bising ketika Vietnam berlaga. Sorak-sorai penonton, suara terompet, hingga tabuhan genderang silih berganti memekakkan telinga.

Bila dibandingkan, bisa setara dengan Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, ketika menggelar turnamen Indonesia Terbuka. Hal ini diwanti-wanti Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky.

Rionny berharap tim putri tidak gentar menghadapi semua tekanan tersebut. "Saya harap para pemain putri ini tetap fokus dan tak terpengaruh dengan penonton tuan rumah. Memang berisik, tapi mereka harus bisa atasi," kata Rionny dalam rilis PBSI yang diterima Liputan6.com, Senin (16/5/2022).

"Ini juga menjadi pengalaman dan tantangan buat mereka untuk menghadapi segala kondisi," lanjutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatian khusus

Selain tekanan publik tuan rumah, dua tunggal Vietnam juga perlu mendapat perhatian khusus. Nguyen Thuy Linh dan Vu Thi Trang adalah pemain yang sangat berpengalaman.

"Pemain kita juga harus mewaspadai pemain-pemain Vietnam. Dua tunggal putri mereka sangat berpengalaman walau sudah tidak banyak ikut bertanding," ucap Rionny.

"Tapi, saya yakin dengan motivasi tinggi dan tampil tanpa rasa takut, tim putri kita bisa memenangkan pertandingan," lanjut kakak dari Rexy Mainaky tersebut penuh keyakinan.

Putri Kusuma Wardani yang dipercaya turun di tunggal kedua mengaku ada rasa tegang. "Saya agak tegang menanti pertandingan besok, tapi karena persiapannya sudah cukup jadi saya siap untuk main. Tinggal mental dan pikirannya saja disiapkan lagi," ujar Putri.

"Lawan saya (Vu Thi Trang) sudah sangat senior, pasti pengalaman dia sudah banyak dan bagus. Besok saya harus main nothing to lose, tidak berpikir menang atau kalah, tapi berusaha main dengan maksimal."

 

3 dari 4 halaman

Siap sumbang poin

Senada dengan Putri, Ribka Sugiarto yang akan berpasangan dengan Febby Valencia Dwijayanti Gani juga mengaku sudah siap bertanding. Pasangan debutan ini ingin menyumbang poin untuk Indonesia.

"Ya pastinya mau menampilkan yang terbaik dan mau menyumbang poin setiap diturunkan. Pastinya sudah siap karena saya dan Febby kan juga sudah sering latihan bareng. Kebetulan dia sahabat saya jadi komunikasinya lebih gampang," papar Ribka.

"Berusaha untuk bermain yang terbaik, urusan hasil menang kalah sudah ada yang mengatur. Yang penting mau fokus satu-satu dan kerja keras," pungkas Ribka.

Semifinal cabang badminton beregu putri SEA Games 2022 akan berlangsung di Bac Giang Gymnasium, Selasa (17/5/2022) mulai pukul 09.00 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Line up Indonesia vs Vietnam

Tunggal putri 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Nguyen Thuy Linh

Ganda putri 1: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Pham Thi Khanh/Than Van Anh

Tunggal putri 2: Putri Kusuma Wardani/Vu Thi Trang (B)

Ganda putri 2: Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani vs Do Thi Hoai/Pham Nhu Thao

Tunggal putri 3: Stephanie Widjaja vs Vu Thi Anh Thu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.