Sukses

Libas Myanmar, Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23 menaklukkan Myanmar 3-1 pada laga Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Minggu (15/5/2022). Hasil ini membawa Garuda Muda ke semifinal.

Liputan6.com, Viet Tri - Timnas Indonesia U-23 menaklukkan Myanmar 3-1 pada laga Grup A SEA Games 2021 di Viet Tri Stadium, Minggu (15/5/2022). Hasil ini membawa Garuda Muda ke semifinal.

Egy Maulana Vikri ('6), Witan Sulaeman ('10) dan Marselino Ferdinan (45+2) membawa Garuda Muda unggul pada jeda. Myanmar mendapat gol hiburan dari Win Naing Tun ('67).

Timnas U-23 Indonesia kini mengoleksi sembilan angka dari empat pertandingan di SEA Games Vietnam. Mereka untuk sementara memimpin klasemen sementara, unggul dua poin atas Vietnam. Namun, Vietnam bisa kembali ke puncak jika membungkam Timor Leste malam nanti. 

Pasukan Shin Tae-yong coba mengakhiri dahaga prestasi di SEA Games. Terakhir kali mereka merebut medali emas pada 1991.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan

Timnas Indonesia U-23 langsung mendesak pertahanan Myanmar. Mereka langsung mendapat peluang saat laga belum genap berjalan dua menit.

Indonesia akhirnya mencetak gol. Irfan Jauhari melepas tembakan di kotak penalti tapi diblok pertahanan Myanmar. Bola muntah disambar Egy Maulana Vikri tapi masih membentur bek lawan. Namun bola masih melambung masuk ke gawang lawan. 1-0!

Menit ke-10, Ricky Kambuaya melakukan drive ke kotak penalti. Ia sempat mengecoh lawan namun alih-alih menembak ia malah memberikan backheel pada Witan Sulaeman. Dengan sepakan kaki kanannya. Witan sukses menjebol gawang Myanmar. 2-0!

Pada injury time, Indonesia bisa mencetak gol lagi. Dari sepak pojok, pemain Myanmar gagal melakukan clearance dengan sempurna. Bola yang jatuh di depan kotak penalti kemudian disambar Marselino Ferdinan. Bola berbelok arah usai membentur pemain lawan dan masuk ke gawang. 3-0!

Dalam kedudukan nyaman, timnas coba menguasai jalan pertandingan. Mereka mendapat peluang memperbesar skor melalui Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, Ronaldo Kwateh, hingga Marc Klok.

Namun,, justru Myanmar yang memperkecil skor melalui Win Naing Tun. Golnya pada pertengahan babak kedua sempat menumbuhkan harapan Myanmar. Namun, anak asuh Shin Tae-yong tampil tenang untuk mengamankan kemenangan.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam, Rizki Ridho, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga; Marselino Ferdinan, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Irfan Jauhari, Egy Maulana

Myanmar: Pyae Phyo Thu; Hein Zeyar Lin, Soe Moe Kyaw, Thet Hein Soe, Ye Lin Htet, Aung Wunna Soe; Lwin Moe Aung, Myat Kaung Khant, Zaw Win Thein; Htet Phyoe Wai, Win Naing Tun

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.