Jadi Incaran Raksasa Liga Inggris, Jude Bellingham Pilih Bertahan di Borussia Dortmund

Oleh Theresia Melinda Indrasari pada 15 Mei 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 15 Mei 2022, 06:00 WIB
FOTO: 5 Pemain Elit Eropa yang Siap Bergabung usai Manchester City Raih Gelar Liga Inggris, dari Lionel Messi hingga Harry Kane - Jude Bellingham
Perbesar
Jude Bellingham. Setelah tampil reguler bersama Borussia Dortmund, gelandang 18 tahun asal Inggris ini menjadi subjek ketertarikan sejumlah tim elit Eropa. (AFP/Ina Fassbender/Pool)

Liputan6.com, Jakarta - Wonderkid asal Inggris Jude Bellingham angkat bicara usai dirinya menjadi subyek ketertarikan sejumlah klub besar, mulai dari Manchester United (MU), Chelsea, hingga Liverpool, jelang bursa transfer musim panas mendatang.

Pemain berusia 18 tahun tersebut mengaku lebih ingin tinggal di Borussia Dortmund setidaknya selama satu musim lagi, ketimbang hijrah ke raksasa Liga Inggris.

Seperti yang diketahui, Bellingham merupakan salah satu wonderkid papan atas di Eropa. Ia sukses membuktikan kualitasnya sebagai pemain reguler di Timnas Inggris, sejak bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2020.

Melansir laporan Metro, eks gelandang Birmingham City ini telah hampir mencatatkan 100 pertandingan bersama klubnya di Bundesliga. Ia juga tampil di Liga Champions serta sukses mengantar Die Borussen keluar sebagai kampiun DFB-Pokal musim lalu.

Catatan tersebut membuat berbagai klub besar mulai menunjukkan ketertarikannya pada Bellingham. Kendati demikian, bintang Borussia Dortmund ini memilih untuk setia bertahan di klub yang telah membantunya berkembang selama dua musim terakhir.

“Satu-satunya masa depan yang saya pikirkan adalah pertandingan berikutnya untuk Dortmund,” ujar Bellingham kepada Ruhr Nachrichten BVB, kala ditanya soal masa depannya di Borussia Dortmund, seperti dilansir dair Metro.

“Saya menantikan musim depan. Saya menantikan hal itu dimulai lagi. Namun ya, saya akan berada di sini (Borussia Dortmund) musim depan,” kata gelandang internasional Inggris itu.

“Nasib saya ada di tangan saya sendiri dan saya tahu bahwa jika saya mempercayai orang-orang di sekitar saya, saya bisa maju,” tuturnya menambahkan.


Upaya MU

Foto: Deretan 6 Gelandang di Bawah 20 Tahun dengan Nilai Pasar Selangit, Pedri Termahal
Perbesar
Jude Bellingham. Gelandang Borussia Dortmund berusia 18 tahun ini memiliki nilai pasar mencapai 70 juta euro atau setara sekitar Rp.1,1 triliun. (AFP/Sascha Schuermann)

Manchester United sejatinya telah berupaya merayu Bellingham sejak dua tahun silam. Setan Merah bahkan meminta Sir Alex Ferguson untuk turut meyakinkan sang gelandang serta memberinya tur di fasilitas pelatihan klub.

Bellingham kabarnya terkesan dengan upaya MU. Akan tetapi, ia masih enggan menyegel kepindahan ke Old Trafford. Laporan pada Februari juga menyebut, Direktur Sepak Bola MU John Murtough kembali melanjutkan upaya pengejaran terhadap Bellingham. Namun, pemain berusia 18 tahun itu tetap bergeming.

Pasca kedatangan Jadon Sancho ke MU, Bellingham lagi-lagi dikaitkan dengan Setan Merah. Gelandang internasional Inggris itu diprediksi bakal mengikuti jejak mantan rekan setimnya di Old Trafford. Kendati demikian, Bellingham hingga kini masih setia bermain di Borussia Dortmund dan berkomitmen untuk membela sang raksasa Bundesliga musim depan.


Berkembang di Borussia Dortmund

Bayern Munchen vs Borussia Dortmund
Perbesar
Gelandang Borussia Dortmund Jude Bellingham (kiri) berebut bola dengan gelandang Bayern Munchen Serge Gnabry pada pekan ke-31 Bundesliga musim 2021/2022 di Allianz Arena, Minggu (24/4/2022) dini hari WIB. Bayern Munchen kembali menjadi juara Bundesliga usai menghajar rivalnya Borussia Dortmund 3-1. (Kerstin JOENSSON / AFP)

Tak heran jika Jude Bellingham amat loyal pada klubnya. Borussia Dortmund memang telah menjadi tempat bagi sang pemain untuk berkembang, sejak mencatatkan kepindahan dari Birmingham City pada 2020 silam.

Bellingham pun mengaku sangat berterima kasih kepada Die Borussen. Pemain kelahiran tahun 2003 ini menilai para pelatih dan staf di Signal Iduna Park punya peran besar dalam mengasah bakatnya dalam hal sepak bola.

“Saya datang dari Inggris sebagai talenta muda. Tidak banyak tekanan kala itu. Musim pertama berjalan dengan baik. (Namun) ada pula masa-masa ketika saya duduk di bangku cadangan atau tidak bermain sama sekali.”

“Saya pikir, perkembangan saya tahun ini berarti saya telah memainkan peran yang lebih besar di setiap pertandingan. Saya sangat berterima kasih kepada Dortmund atas cara mereka mengembangkan bakat saya,” ujar Bellingham, dilansir dari Mirror.

“Saya rasa, penghargaan layak diberikan kepada staf pelatih yang membuat saya senang di sekeliling saya. Dengan cara ini, saya bisa fokus memenangkan pertandingan, dan karena itulah saya berada di sini,” pungkas Bellingham.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya