Sukses

Update Perolehan Medali SEA Games 2021 per 14 Mei 2022: Tambah 5 Emas, Indonesia Melesat ke Posisi 2

Kontingen Indonesia menambah lima medali emas pada 14 Mei 2022 sehingga melesat ke urutan dua klasemen.

Liputan6.com, Jakarta- Perolehan medali kontingen Indonesia di SEA Games 2021 terus bertambah. Pada Sabtu (14/5/2022) siang WIB, Indonesia menambah lima keping medali emas ditambah empat perak dan satu perunggu.

Kembali cabang olahraga rowing atau dayung menjadi penyumbang medali bagi Indonesia. Rowing memberikan empat medali emas tambahan bagi Indonesia.

Keempat medali emas tambahan dari dayung diberikan oleh Ferdiansyah/Denri Maulidzar Alghiffari (Men’s Pair), Ihram (Men’s Lightweight Single Sculls), Jefri Ardianto Suwarno/Rio Riski Darmawan (Men’s Lightweight Pair) dan Memo/Edwini Ginanjar/Rifqi Harits Taufiqurrahman/Sulpianto (Men’s Quadruple Sculls).

Praktis dayung telah memberikan kontribusi delapan medali emas untuk Indonesia selama perhelatan SEA Games 2021.

Tambahan medali emas juga didapat Indonesia dari cabor Wushu. Untuk pertama kali Wushu menyumbang emas di SEA Games 2021 melalui Alisya Mellynar yang turun di Taijiquan.

Tambahan lima emas ini membuat Indonesia melesat ke urutan dua klasemen perolehan medali dengan total 12 emas, 13 perak dan 3 perunggu.

Tuan rumah Vietnam masih belum terbendung di puncak klasemen dengan koleksi 29 emas, 17 perak dan 26 perunggu. Malaysia turun ke posisi tiga dengan raihan 11 emas, lima perak dan 14 perunggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Emas Pertama

Emas pertama bagi kontingen Indonesia disumbangkan oleh duet Kakan Kusmana dan Ardi Isadi dari nomor Lightweight Men’s Double Sculls. 

Mereka tampil gemilang dalam lomba yang berlangsung di Thuy Nguyen Hai Phong Aquatics Center, Hai Pong, Vietnam. Keduanya mengungguli  pasangan Filipina Cris Nievarez dan Christian del Rosario yang merebut perak. Sementara medali perunggu disabet atlet Vietnam, Nhu Dinh Nam dan Bui Van Hoan.

3 dari 3 halaman

Pencak Silat

Sayangnya cabor andalan Indonesia Pencak Silat baru menghasilkan satu keping emas. Ririn Rinasih dan Riska Hermawan merebut emas di nomor seni ganda putri. Ririn dan Riska mengumpulkan 9.925 poin, unggul atas wakil Vietnam, Thi Thu Ha Nguyen dan Thi Huyen Nguyen, yang meraih medali perak.

Sayang di nomor lain yang diunggulkan, yakni nomor seni tunggal putri, Indonesia gagal menorehkan prestasi yang sama. Puspa Arum Sari yang menjadi peraih emas di Asian Games Palembang 2018 harus puas merebut medali perak setelah kalah dari atlet Filipina, Mary Francine Padios Cezar.

Jangan lewatkan klasemen medali SEA Games 2021 Hanoi pada tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.