Sukses

Xavi Izinkan Barcelona Jual Pemain Bintangnya, tapi Bukan Frenkie de Jong

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada pertengahan musim ini, Xavi Hernandez memang belum berkesempatan mendaratkan satu pemain pun ke Camp Nou.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez kabarnya telah bersedia melepas salah satu pemain bintangnya pada bursa transfer musim panas nanti. Langkah ini dibutuhkan guna memberi ruang bagi mantan gelandang Barcelona tersebut dalam mendapatkan pemain yang dibutuhkan tim pada musim depan.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada pertengahan musim ini, Xavi memang belum berkesempatan mendaratkan satu pemain pun ke Camp Nou. Karena itu, mantan pelatih Al Sadd tersebut tidak ingin momen pertama pembelian pemainnya pada Juni nanti mengalami kegagalan.

Xavi ingin memperbaiki kekuatan Barcelona yang belum ideal pada musim ini. Sejumlah nama juga sudah masuk dalam daftar incaran pria berusia 42 tahun itu saat bursa transfer kembali dibuka.

Krisis finansial yang melanda Barcelona menjadi tantangan bagi Xavi. Dan demi menambah anggaran belanjanya musim ini, Xavi Hernandez pun rela melepas salah satu amunisi andalannya ke tim lain.

Namun menurut media olahraga Sport seperti dilansir dari Football Espana, pemain tersebut bukanlah Frenkie de Jong yang belakangan sering dikaitkan dengan Manchester United atau MU. Pemain yang ingin dilepas Xavi ternyata adalah Sergino Dest yang selama ini bermain sebagai bek kanan. 

Dest baru berusia 21 tahun. Mantan pemain Ajax itu didatangkan ke Camp Nou pada tahun 2020 lalu dengan nilai transfer yang diperkirakan mencapai 21 juta euro atau setara dengan Rp319,8 Miliar. Meski demikian, Xavi bersedia melepas Dest demi mendapatkan pemain Chelsea, Cesar Azpilicueta.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berkutat dengan Cedera

Dest sebenarnya pemain yang sangat potensial. Usianya yang masih muda membuat kesempatannya untuk berkembang terbuka lebar. Hanya saja, sejak di datangkan ke Camp Nou, Dest sebagai bek kanan sepertinya sangat kesulitan untuk memenuhi harapan Xavi yang cenderung bertahan.

Belakangan Dest terpaksa mengakhiri musim lebih cepat akibat cedera saat pertandingan.

Dest sebenarnya masih menyisakan kontrak 3 tahun lagi bersama Barcelona. Sebelumnya, Barcelona juga memagari pemain Amerika Serikat itu dengan klausul pelepasan senilai 400 juta euro. Namun melihat kebutuhan tim, Xavi sepertinya tidak segan-segan meleas Dest bila ada yang berminat.

 

 

 

3 dari 4 halaman

MU Lirik De Jong

Sementara itu, kedatangan Erik Ten Hag ke Manchester United juga ternyata berimbas kepada Barcelona. Mantan pelatih Ajax Amsterdam itu kabarnya ingin memboyong mantan anak asuhnya, Frenkie De Jong yang saat ini masih memberkuat Barcelona dan rela menebus dalam jumlah besar.   

Kabar terbaru menyebutkan, proses kepindahan bahkan sudah mencapai 95 persen. Hal ini terungkap lewat kicauan jurnalis olahraga jurnalis Gerard Romero.

"Sebelum akhir liga dan dengan kemungkinan 95 persen, Frenkie de Jong akan ditransfer ke MU. Ini adalah murni masalah ekonomi. Barca perlu menjual pemain," tulis Romero di akun Twitter miliknya.

 

4 dari 4 halaman

Barcelona Butuh Uang

De Jong sebenarnya pemain krusial bagi Barcelona. Sejak bergabung pada musim panas 2019, dia selalu jadi pilihan utama di lini tengah terlepas dari siapa pun pelatih yang bertugas.

Di sisi lain, De Jong juga bahagia di Camp Nou. Sosok berusia 25 tahun ini bahkan berencana meneken kontrak baru berdurasi panjang.

Masalahnya, manajemen berpandangan lain. Barcelona melihat sekarang merupakan momen terbaik untuk melepas De Jong selagi harganya masih tinggi.

"Operasi akan ditutup antara 70 dan 80 juta euro. Situasinya masih bisa berubah. Klub melihat bahwa jika dia bertahan untuk satu musim lagi dan tidak meledak, dia akan kehilangan nilai jual dan Barcelona kehilangan uang," klaim Romero. (Simak berita selengkapnya di sini).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.