5 Pemain Amerika Selatan Terbaik dalam Sejarah Liga Inggris

Oleh Muhammad Fachri Darmawan pada 12 Mei 2022, 13:20 WIB
Diperbarui 12 Mei 2022, 14:47 WIB
Fernandinho.
Perbesar
Fernandinho saat meraih gelar bersama Manchester City. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Siapa pemain Amerika Selatan terbaik dalam sejarah Liga Inggris? Sebagai liga terbaik di dunia, Liga Inggris merupakan episentrum dari bertemunya pemain sepak bola terbaik di dunia. Baik dari daratan Asia sampai Amerika Selatan.

Yang sering mencuri perhatian adalah bagaimana kiprah fantastis dari pemain sepak bola asal Amerika Selatan di klub-klub top Liga Inggris. Pemain tersebut rerata memiliki peran yang sangat vital dalam kesuksesan klub merengkuh gelar juara di daratan Inggris.

So, siapa aja sih pemain asal Amerika Selatan yang terbaik dalam 10 tahun terakhir ini?


1. Sergio Aguero, Argentina (Manchester City)

Sergio Aguero.
Perbesar
Selebrasi Sergio Aguero. (Foto: Getty)

Buat penggila Liga Inggris, pasti nggak bakal lupa akan selebrasi gol dari Sergio Aguero. Gol tersebut merupakan momen yang paling ikonik dalam sejarah Liga Inggris. 

Gimana nggak, gol di menit 90+ tersebut mengunci gelar juara Liga Inggris pertama untuk Manchester City dalam 44 tahun terakhir. Selama 10 tahun berkiprah di sana, Aguero juga telah mempersembahkan 13 gelar juara untuk The Citizens. 

Sepanjang karirnya di Manchester City, dia pun tercatat tak pernah sekali pun mencetak kurang dari 10 gol dalam satu musim. Musim terburuk Aguero adalah pada musim 2012-2013 di mana dia hanya mencetak 17 gol di semua kompetisi. Bisa dibilang, nggak buruk banget yha untuk seorang striker.

Total dia telah mencetak 381 gol dalam 674 laga di semua kompetisi yang ia mainkan. Dilansir dari Transfermarkt, ia juga tercatat sebagai pemain asing paling subur di Liga Inggris dengan torehan 260 gol dari 390 penampilan bersama The Citizens.


2. Luis Suarez, Uruguay (Liverpool)

Foto: 5 Rekrutan yang Secara Dramatis Mampu Mengubah Nasib Liverpool
Perbesar
Sulit untuk menemukan daftar pemain terbaik Liverpool tanpa melihat nama Luis Suarez. (AFP/Glyn Kirk)

Meskipun hanya menghabiskan dua setengah musim di Liverpool, Bintang Uruguay ini berhasil mencetak 82 gol dalam 133 laga untuk The Reds. Terlepas dari segala kontroversi yang dibuatnya, catatan itu membuktikan bahwa Suarez adalah salah satu striker terbaik yang pernah ada di Anfield.

Musim terbaik El Pistolero, julukan Luis Suarez di Liverpool adalah saat di musim 2013/2014. Di musim itu ia berhasil mencetak 31 gol tanpa penalti dalam 38 pertandingan Liga Inggris yang dimainkan. Dengan hasil itu, Suarez merengkuh Golden Boot dan European Golden Shoe.

 


3. Carlos Tevez, Argentina (West Ham United, Manchester United, Manchester City)

Carlos Tevez dan Sepak Terjang Pemain Manchester United Asal Amerika Latin
Perbesar
Carlos Tevez - Peran penyerang asal Argentina ini sangat besar saat membawa Manchester United meraih gelar Liga Champions 2008/09. Selama di Old Trafford Tevez memenangi dua Liga Inggris, satu Piala Liga, Piala Dunia Klub dan Liga Champions. (AFP/Paul Ellis)

Kiprah terbaik El Apache, julukan Tevez saat ia menjadi bagian dari skuad setan merah. Didatangkan dari West Ham United, ia berhasil memenangi dua gelar Liga Inggris, satu Piala Liga, Piala Dunia Antar Klub, dan Liga Champions 2008/09.

Sebelum melanjutkan kiprahnya di Liga Inggris dengan pindah ke tetangga berisik mereka, Manchester City, ia berhasil mendapatkan Golden Boot bersama Dimitar Berbatov pada musim 2010/11.


4. Antonio Valencia, Ekuador (Wigan Athletic, Manchester United)

Foto: Barisan Bek Fantastis dengan Assist Terbanyak di Liga Inggris
Perbesar
Antonio Valencia - Mantan kapten Manchester United ini masuk dalam daftar bek pencipta assist terbanyak di Liga Inggris. Pemain yang memutuskan untuk gantung sepatu pada mei lalu itu telah menorehkan 35 assist dalam 197 penampilan. (Foto: EPA/Peter Powell)

Mantan kapten Manchester United ini masuk dalam daftar bek pencipta assist terbanyak di Liga Inggris. Pemain yang sudah gantung sepatu ini telah menorehkan 35 assist dalam 325 penampilan di Liga Inggris.

Dengan jumlah penampilan tersebut, sampai sekarang ia masih memegang rekor sebagai pemain Amerika Selatan dengan penampilan terbanyak di Liga Inggris. Ia juga telah meraih enam trofi bergengsi, termasuk dua gelar juara Liga Premier Inggris, satu trofi Piala FA, dua trofi Piala Liga Inggris, dan satu trofi Liga Europa.

 


5. Fernandinho, Brasil (Manchester City)

Manchester City Kembali Geser Liverpool di Puncak Klasemen Liga Inggris
Perbesar
Gelandang Manchester City, Fernandinho melakukan selebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Leeds United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Elland Road di Leeds, Inggris utara (30/4/2022). City menang telak atas Leeds 4-0. (AFP/Oli Scarff)

Musim Fernandinho di Liga Inggris di Manchester City akan berakhir musim panas ini. Dilansir dari Transfermarkt, pemain yang didatangkan dari Shakhtar Donetsk pada 2013, sejauh ini sudah berhasil melakoni 381 pertandingan untuk The Citizens dengan sumbangan 26 gol dan 33 assist.

Sebanyak 11 trofi sudah dimenangi Fernandinho bersama The Citizens, di antaranya empat titel Premier League, satu Piala FA, dan enam Piala Liga. Di samping itu, mungkin ia akan dikenal sebagai pemain asal Brazil yang menerima kartu kuning terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

Itulah deretan 5 pemain asal Amerika Selatan terbaik dalam sejarah Liga Premier. Ada kah salah satunya pemain idola kamu?

 

(*)

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya