Sukses

Profil Bilqis Prasista, Pembunuh Raksasa di Uber Cup 2022: Putri Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Bilqis Prasista sukses mengalahkan pebulutangkis nomor satu dunia, Akane Yamaguchi pada partai ketiga tim Indonesia di ajang Uber Cup 2022.

Liputan6.com, Jakarta Nama Bilqis Prasista mendandak jadi trending. Keberhasilannya mengalahkan tunggal putri nomor satu dunia, Akane Yamaguchi di Uber Cup 2022 menarik perhatian pencinta olahraga tepok bulu Tanah Air.

Keduanya bertemu pada laga perdana babak penyisihan grup A yang mempertemukan Indonesia dan Jepang. Bilqis tampil pada laga pembuka di Impact Arena, Bangkok, pada Rabupagi  (11/5/2022).

Tidak disangka, Bilqis yang menempati peringkat 333 dunia tampil penuh percaya diri. Dengan perjuangan keras, putri legenda bulu tangkis, Joko Suprianto itu akhirnya menang 21-19, 21-19.

"Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak. Tadi strategi saya hanya bagaimana membuat dia lari terus. Juga saya harus siap tahan dan semangat," kata Bilqis dalam kutipan wawancara yang dikirimkan PBSI ke Liputan6.com. 

Kemenangan Bilqis atas Akane memang tidak diikuti wakil-wakil Indonesia lainnya. Pada partai ketiga grup A, Indonesia harus menyerah 1-4  dari Jepang. Meski demikian, keberhasilan Bilqis Prasista membungkam Akane, tunggal putri nomor 1 dunia tetap layak mendapat pujian. 

Wajar bila namanya pun sempat jadi trending topic di Twitter. Bahkan tidak sedikit netizen yang berdoa agar wanita berusia 19 tahun itu mampu menjadi penerus legenda tunggal putri Indonesia, Susi Susanti.

(Simak beritanya pada tautan ini).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa Bilqis?

Bilqis sebenarnya bukanlah sosok yang asing bagi para pencinta olahraga tepok bulu Indonesia. Atlet jebolan PB Djarum itu sudah bergabung dengan pelantas PBSI sejak 2020 lalu. Dia menyita perhatian perhatian usai memenangkan sejumlah kejuaraan, termasuk Jakarta Junior International Series 2019.

Sebelum tampil di Piala Uber 2022, Bilqis ikut mengantar tim Indonesia menjuarai BATC Malaysia 2022. 

Bilqis kemudian terpilih menjadi bagian dari tim Thomas dan Uber Indonesia tahun ini. Dia tampil di nomor tunggal putri dan selalu memenangkan pertandingan sejak partai pertama Indonesia di grup A.

 

3 dari 4 halaman

Putri Legenda

Bilqis lahir di Magelang, 24 Mei 2003 lalu. Darah atlet kental mengalir dalam tubuhnya. Ayahnya, merupakan legenda bulutangkis Indonesia, Joko Suprianto yang pernah jadi juara dunia tahun 1993. Sementara ibunya, Zelin Resiana bagian dari tim  Indonesia saat menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Bilqis juga punya saudara kembar bernama Bilqis Pratista. Keduanya sama-sama bermain bulu tangkis dan masuk klub PB Djarum, 2018. Namun baru Bilqis Prasista yang sukses menembus pelatnas PBSI.

4 dari 4 halaman

Penampilan di Uber Cup 2022

Sementara itu, penampilan Bilqis di Piala Uber 2022 memang cukup mencuri perhatian. Dia selalu menang setiap kali dipercaya tampil oleh tim pelatih.

Di laga perdana melawan Prancis, Bilqis Prasista sukses menumbangkan Yaelle Hoyaux. Saat itu, Bilqis meraih kemenangan 17-21, 21-14, 21-18.

Sementar di laga kedua, Jerman, Bilqis juga meraih kemenangan,  melawan Florentine Schoffski. Dalam laga ini, Bilqis meraih kemenangan dengan skor akhir 21-12, 12-21, 21-7.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.