Sukses

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021: Bertemu Sesama Tim Terluka

Setelah bertemu Vietnam, Timnas Indonesia U-23 selanjutnya akan bertemu Timor Leste. Seperti halnya Indonesia, Timor Leste juga menderita kekalahan di laga perdana mereka di SEA Games 2021.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 mengawali perjalanannya dengan hasil yang kurang memuaskan di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam. Pada laga perdana grup A yang berlangsung di Viet Tri Stadium, Phu To, pasukan Shin Tae-yong dipaksa menyerah tiga gol tanpa balas oleh tim tuan rumah, Jumat malam (6/5/2022). 

Hasil ini membuat perjalanan Timnas U-23 tidak mudah. Skuad Garuda Muda harus lebih berhati-hati dalam menghadapi pertandingan berikutnya bila ingin memastikan satu tempat di babak semifinal.

Setelah bertemu Vietnam, Timnas Indonesia U-23 selanjutnya akan bertemu Timor Leste. Seperti halnya Indonesia, Timor Leste juga menderita kekalahan di laga perdana mereka di SEA Games 2021. 

Di atas kertas, Timor Leste bukanlah lawan sulit bagi Indonesia. Namun Garuda Muda pantas waspada mengingat, Timor Leste sudah menelan dua kekalahan. Di laga perdana, Timor Leste dipaksa menyerah 0-4 oleh Filipina. Sedangkan di laga kedua, Timor Leste kalah tipis 2-3 dari timnas Myanmar.

Dua kekalahan ini membuat Timor Leste tidak punya banyak pilihan. Mereka wajib memenangkan  pertandingan melawan timnas Indonesia U-23 demi menjaga peluang ke babak semifinal.

Sementara itu, dua tim teratas dari masing-masing grup bakal melaju ke babak semifinal. Saat ini, Grup A masih dipimpin oleh Filipina dengan 4 poin, disusul Vietnam di urutan kedua dengan poin yang sama.

Posisi ketiga ditempati oleh Indonesia, disusul Timor Leste di urutan keempat.

Simak jadwal lengkap timnas di SEA Games 2021 pada halaman selanjutnya.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23

Jumat, 6 Mei 2022

Vietnam vs Timnas Indonesia

Pukul: 19.00 WIB

Stadion: Viet Tri Stadium, Phu Tho

Siaran langsung: RCTI

Live streaming: RCTI+

 

Selasa, 10 Mei 2022

Timnas Indonesia vs Timor Leste

Pukul: 19.00 WIB

Stadion: Viet Tri Stadium, Phu Tho

Siaran langsung: RCTI

Live streaming: RCTI+

 

Jumat, 13 Mei 2022

Filipina vs Timnas Indonesia

Pukul: 16.00 WIB

Stadion: Viet Tri Stadium, Phu Tho

Siaran langsung: RCTI

Live streaming: RCTI+

 

Minggu, 15 Mei 2022

Timnas Indonesia vs Myanmar

Pukul: 16.00 WIB

Stadion: Viet Tri Stadium, Phu Tho

Siaran langsung: RCTI

Live streaming: RCTI+

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Indonesia

1. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

2. Egy Maulana, FK Senica

3. Witan Sulaeman, FK Senica

4. Elkan Baggott, Ipswich Town

5. Fachruddin Aryanto, Madura United

6. Ronaldo Joybera, Madura United

7. Muhammad Adi, Persik

8. Ernando Ari, Persebaya

9. Rizky Ridho, Persebaya

10. Rachmat Irianto, Persib

11. Marselino Ferdinan, Persebaya

12. Ricky Kambuaya, Persib

13. Marc Klok, Persib

14. Syahrian Abimanyu, Persija

15. Ilham Rio, Persija

16. Irfan Jauhari, Persis

17. Muhamad Ridwan, Persik

18. Firza Andika, Persija

19. Alfeandra Dewangga, PSIS

20. Saddil Ramdani, Sabah FC

4 dari 4 halaman

Indonesia Vs Vietnam

Sementara itu, timnas Indonesia gagal memetik poin saat bertemu tuan rumah Vietnam di laga perdana, 6 Mei lalu. Dalam duel ini, pasukan Shin Tae-yong dipaksa menyerah dengan skor telak 0-3.

Bertanding di Viet Tri Stadium,  Indonesia dan Vietnam bermain cukup hati-hati sepanjang babak pertama. Indonesia sebenarnya lebih banyak menguasai bola dan cukup bersabar melakukan tekanan.

Babak pertama berakhir imbang tanpa gol. Namun di babak kedua, Vietnam justru menggila.

Babak ini belum berjalan satu menit Anh Ly Cong Hoang nyaris membawa keunggulan untuk Vietnam. Beruntung, bola masih bisa diaamankan kiper Adi Satrio.

Peluang emas kedua didapat Vietnam. Sayang, sundulan Nguyen Tien Linh mengarah tepat ke pelukan Adi Satrio.

Akhirnya menit 54 Vietnam berhasil membuka keunggulan. Kerjasama apik di dalam pertahanan Indonesia diselesaikan Nguyen Tien Linh dengan baik.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong mengganti 3 pemain dan memasukkan Ronaldo, Witan, dan Alfreanda. Mereka mencoba mengejar ketinggalan satu gol.

Unggul satu gol Vietnam lebih percaya diri dalam melakukan serangan. Beberapa kali peluang berbahaya tercipta di depan gawang Indonesia.

Vietnam menambah kemenangan pada rmenit 73. Kerja sama apik di daerah pertahanan Indonesia diselesaikan dengan sontekan Dung do Hing.

Indonesia makin kesulitan mengejar defisit dua gol, karena sering mendapat tekanan. Marc Klok dan kawan-kawan terus-terusan mendapat gempuran lawannya.

Menit 88 gawang Indonesa kembali kebobolan. Tendangan lemah Do Le Van meluncur ke gawang Adi Satrio. Hingga laga berakhir kedudukan 3-0 untuk Vietnam tetap tidak berubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.