Sukses

Liverpool Diminta Kejar Declan Rice untuk Gantikan Posisi Jordan Henderson

Raksasa Liga Inggris Liverpool diminta mendatangkan Declan Rice dari West Ham. Pasalnya, gelandang berusia 23 tahun itu diyakini merupakan sosok yang tepat untuk menggantikan posisi Jordan Henderson di The Reds.

Liputan6.com, Jakarta Legenda Liverpool Danny Murphy meminta The Reds untuk mendatangkan Declan Rice ke Anfield. Pasalnya, gelandang West Ham itu diyakini merupakan sosok sempurna untuk menggantikan posisi Jordan Henderson di Liverpool.

Seperti yang diketahui, Henderson merupakan pemain penting dalam skuad asuhan Jurgen Klopp. Ia tercatat telah membela Liverpool sejak 2011. Sayangnya, gelandang asal Inggris itu bakal mengijak usia 32 tahun pada Juni mendatang.

Umurnya yang tak lagi muda membuat Henderson diprediksi bakal mengalami penurunan performa. Demi mengatasi hal ini, Liverpool mau tak mau harus menyiapkan sosok alternatif yang bisa mengambil alih peran Henderson.

Bintang The Hammers Declan Rice pun dinilai cocok menjadi pengganti Henderson di Anfield. Dilansir dari Mirror, pemain berusia 23 tahun itu tengah menikmati musim yang gemilang bersama West Ham.

Ia sukses membuktikan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik di Liga Inggris, usai membantu The Hammers bersaing memperebutkan posisi empat besar klasemen.

Di level intenasional, Rice juga tampil apik. Ia memainkan peran penting di balik kesuksesan Timnas Inggris melangkah ke final Euro 2020. Tak heran jika sang pemain kini menjadi target incaran populer jelang bursa transfer musim panas.

Raksasa Liga Premier Manchester United dan Chelsea sempat dikaitkan dengan Rice beberapa waktu lalu. Kini, Liverpool yang memuncaki klasemen sementara juga diharapkan ikut serta meramaikan perburuan tanda tangan sang pemain Inggris.

“Menurut saya, 100 persen Declan Rice. Jika Anda mencari pengganti Jordan Henderson, Anda membutuhkan seseorang yang bisa berada di sana selama sepuluh tahun ke depan,” ujar Murphy saat ditanya soal sosok yang tepat untuk menggantikan Henderson di Liverpool.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berharga Tinggi

Sayangnya, Rice tak bisa diboyong dengan mudah. West Ham mematok harga tinggi pada klub yang ingin menyewa jasa pemain berusia 23 tahun tersebut. The Hammers pun sempat dikabarkan ingin menduplikat taktik jitu Tottenham Hotspur demi mencegah kepergian Rice.

Melansir laporan Daily Star pada awal April lalu, klub yang ditukangi oleh Daivid Moyes tersebut pantang menjual Declan Rice, jika pihak peminat tak bersedia menyodorkan dana sebanyak yang mereka inginkan.

Adapun Moyes menganggap kepergian Rice harus dibayar dengan mahar senilai lebih dari 150 juta poundsterling. Label 100 juta poundsterling, yang disematkan pada anak asuhnya musim lalu, masih dianggap terlalu murah.

“Hal pertama yang harus (saya) katakan adalah dia (Declan Rice) tidak untuk dijual. Jika Anda tertarik, itu (harganya) akan lebih besar,” ujar Moyes seperti dikutip dari Daily Mail kala itu.

“Seratus (juta poundsterling) tergolong murah musim lalu. Seratus lima puluh (juta poundsterling) akan menjadi harga minimum, tetapi dia tidak untuk dijual,” sambung sang pelatih berusia 58 tahun.

3 dari 4 halaman

Tidak Mungkin

Murphy tak menampik bahwa Rice merupakan pemain mahal. Ia juga mengakui hampir tidak mungkin bagi Liverpool untuk mendapatkan uang sebanyak yang diinginkan West Ham. Meski demikian, mantan pemain The Reds itu masih menganggap kepindahan Rice bakal membawa hasil yang menakjubkan buat Liverpool.

“Saya tahu dia (Declan Rice) akan sangat mahal, dan Liverpool tidak akan membayar biaya sebanyak itu (untuk mendapatkan jasa Rice),” ujar eks pesepak bola berusia 45 tahun ini, seperti dilansir dari Mirror.

“Akan tetapi, jika Anda bertanya pada saya sebagai penggemar dan pengamat, penandatanganan Declan Rice oleh Liverpool akan menjadi hal yang luar biasa. Namun seperti yang saya katakan, itu tidak mungkin (terjadi),” sambung Murphy.

4 dari 4 halaman

Kontrak Rice di West Ham

Rice sejatinya masih terikat kontrak di West Ham hingga Juni 2024. Meski demikian, pihak klub sudah ingin mencegah kepergian pemain bintangnya, dengan menyodorkan kesepakatan anyar yang dapat memperpanjang masa tinggal Rice.

Laporan pada April lalu menyebut West Ham seidaknya telah tiga kali mengajukan tawaran kepada sang pemain. Kontrak baru tersebut bakal membuat Rice menyandang predikat sebagai penggawa dengan bayaran termahal di London Stadium.

West Ham kabarnya rela membayar 200.000 poundsterling per pekan demi mengamankan jasa Rice lebih lama. Walau begitu, sang pemain tetap ogah meneken kontrak baru dengan pihak klub. The Guardian mengeklaim Rice sudah tak ingin memasang komitmen jangka panjang dengan West Ham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Declan Rice adalah pemain sepak bola berbakat asal Inggris yang tergabung dalam klub West Ham United
    Declan Rice adalah pemain sepak bola berbakat asal Inggris yang tergabung dalam klub West Ham United

    Declan Rice

  • Jordan Henderson adalah seorang pemain bola yang tergabung di dalam klub Liverpool
    Jordan Henderson adalah seorang pemain bola yang tergabung di dalam klub Liverpool

    Jordan Henderson

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Tim sepak bola profesional yang berasal dari Inggris
    Tim sepak bola profesional yang berasal dari Inggris

    West Ham

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris