Sukses

ONE Championship: Hadapi Robin Catalan, Elpitua Siregar Siap Balas Dendam

Elipitua ingin membalas kekalahan dua petarung Indonesia atas Robin Catalan di ajang ONE Championship.

Liputan6.com, Jakarta- Petarung asal Indonesia Elipitua Siregar akhirnya jadi bertarung di ONE Championship lagi. Elipitua bakal berduel dengan atlet Filipina Robin Catalan dalam laga MMA divisi strawweight di ONE 157 pada Jumat, 20 Mei 2022. 

Duel Elipitua Siregar melawan Catalan akan dilangsungkan di Singapore Indoor Stadium. Kedua petarung awalnya dijadwalkan bertemu pada Januari lalu. Namun, Robin terpaksa mundur demi mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. 

Kala itu, lawan Elipitua berganti menjadi Senzo Ikeda dan mantan atlet gulat asal Medan ini terpaksa mengakui keunggulan sang lawan lewat TKO pada ronde ketiga.

Laga ini terasa penting bagi Elipitua yang ingin kembali ke jalur kemenangan sekaligus membalas kekalahan dua petarung Indonesia dari Robin Catalan. Jelang laga mendatang, ia pun membedah kelebihan serta kelemahan sang lawan.

"Menurut saya, Robin Catalan itu gayanya Muay Thai banget. Dia sering melayangkan tendangan dan pukulan. Tapi enggak boleh meremehkan kemampuan ground-nya. Dia susah dijatuhkan karena punya dasar wushu juga," ungkap Elipitua. 

Terlepas dari kelebihan sang lawan, Elipitua mengaku telah mempelajari kelemahan lawan yang bisa ia ekspos dalam laga nanti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernahkah Kalahkan 2 Petarung Indonesia

"[Kelemahannya] di ground. Dia mungkin bagus untuk menjatuhkan lawan atau menahan upaya takedown lawan. Cuma saat sudah bermain di bawah, masih bisa saya akali. Saya kira kelemahannya itu saat pertarungan berlangsung di bawah," tambahnya.

Elipitua bisa berubah menjadi sangat agresif saat laga berlangsung di area bawah. Sebagai mantan atlet gulat, pria yang besar di Sekolah Olahraga Ragunan ini telah mencetak tiga kemenangan di ONE Championship lewat kuncian, sementara satu lainnya lewat TKO.

Di sisi lain, Robin adalah atlet berpengalaman yang menjadi juara wushu dan Muay Thai di Filipina. Terlebih, Robin pernah mengalahkan Adrian Mattheis dan Stefer Rahardian di ONE Championship. Bekal itu tentu menambah kepercayaan dirinya.

3 dari 3 halaman

5 Besar

Kemenangan hat-trick atas Indonesia bukan hanya akan membuktikan kapasitasnya untuk menembus peringkat lima besar divisi strawweight, tetapi juga meningkatkan kondisi perekonomian sasana Catalan Fighting System tempatnya berlatih yang terdampak oleh pandemi. 

Terkait motivasi, Elipitua pun memiliki tekad untuk menang yang sama besarnya. Ia mempertaruhkan gengsi negara agar tidak sampai kalah tiga kali dari atlet yang sama.

"Targetnya yang penting bisa menghabisi lawan dan menang. Kalau untuk menang spektakuler atau bagaimana, itu urusan belakangan. Yang penting targetnya harus menang," ujarnya.

Ia pun sedikit memberikan gambaran bagaimana laga nanti akan berjalan.

"Pasti bakal main di atas dulu, lalu nyari timing sembari melihat reaksi dia bagaimana. Saya tetap fokus untuk mengincar takedown dan finishing di ground,” jelas Elipitua.  

 

"Entah itu ground and pound atau submission, tetap incar kemenangan di ground," pungkasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.