Sukses

Chelsea Akhirnya Dapatkan Pemilik Baru, Uang Penjualan Disumbangkan Abramovich

Chelsea akan memiliki pemilik baru. Semua uang penjualan Chelsea akan didonasikan oleh Abramovich.

Liputan6.com, London- Setelah melalui jalan berliku, Chelsea akhirnya akan memiliki pemilik baru. The Blues pada Sabtu (7/5/2022) mengkonfirmasi telah tercapai kesepakatan akuisisi klub oleh grup kepemilikan baru, yang dipimpin Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter dan Hansjoerg Wyss.

Chelsea sebelumnya dimiliki taipan Rusia Roman Abramovich. Namun Abramovich terpaksa harus menjual Chelsea akibat dampak dari invasi Rusia terhadap Ukraina.

Abramovich dinilai dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Demi menekan Rusia menghentikan perang, pemerintah Inggris menjatuhkan sanksi kepada Abramovich berupa pembekuan aset yang berdampak pada Chelsea.

Akibat sanksi tersebut, Abramovich langsung mundur dari Chelsea. Abramovich juga kemudian terpaksa menjual Chelsea. Setelah ada beberapa investor yang berminat Chelsea akhirnya akan jatuh ke tangan Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter dan Hansjoerg Wyss.

Untuk mendapatkan Chelsea, Boehly dan kawan-kawan harus menggelontorkan dana besar mencapai 2,5 miliar poundsterling untuk membeli saham klub. Sepenuhnya penghasilan dari penjualan klub akan didonasikan oleh Abramovich.

"Dari total investasi yang dilakukan, uang pembelian saham Chelsea ini akan disimpan ke rekening bank Inggris yang dibekukan dengan tujuan untuk disumbangkan 100% untuk tujuan amal sebagaimana dikonfirmasi oleh Roman Abramovich. Persetujuan Pemerintah Inggris akan diperlukan untuk transfer dana dari rekening bank Inggris yang dibekukan," demikian pernyataan resmi Chelsea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen

Masuknya pemilik baru tidak akan mengurangi kekuatan Chelsea. Boehly sudah berkomitmen menyuntikan dana 1,75 miliar pounds untuk investasi lebih lanjut demi kepentingan klub.

Dana ini akan dipakai untuk investasi di Stamford Bridge, Akademi, Tim Wanita dan Kingsmeadow dan melanjutkan pendanaan untuk Chelsea Foundation.

Penjualan Chelsea ke Boehly cs diperkirakan akan lengkap pada akhri Mei 2021.

 

3 dari 4 halaman

Harapan

Fans Chelsea berharap pergantian pemilik tidak akan mempengaruhi performa tim. Di bawah kepemilikan Abramovich, Chelsea sukses besar. Mereka mampu dua kali juara Liga Champions.

Abramovich selama ini dikenal royal mengeluarkan dana sehingga Chelsea bisa merekrut pemain-pemain bintang berharga mahal.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.