Sukses

Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam: Garuda Muda Kalah Telak di Laga Perdana

Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Vietnam 0-3 di laga Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 gagal memetik kemenngan saat menghadapi Vietnam pada partai Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Jumat malam WIB (6/5/2022). Garuda Muda kalah 0-3 lewat gol Nguyen Tien Linh, Dung do Hing dan Do Le Van.

Di awal pertandingan Indonesia dan Vietnam bermain cukup hati-hati, meski sering diwarnai pelanggaran keras. Indonesia sebenarnya lebih banyak menguasai bola dan cukup bersabar sebelum melakukan tekanan.

Serangan Indonesia beberapa kali dimotori Saddil Ramdani bersama Ricky Kambuaya dan Egy Maulana Vikri. Namun, penyelesaian akhir tim Garuda Muda masih belum berjalan dengan baik.

Vietnam juga tidak terburu-buru mengalirkan bola ke lini pertahanan Indonesia. Mereka lebih banyak melepaskan umpan jauh ke pemain sayap.

Menit 15 Vietnam mendapat peluang pertama. Duc Hoang Ngyuen mencoba melepaskan tembakan, tapi bola masih bergulir di sisi gawang Indonesia.

Peluang emas didapat Anh Ly Cong Hoang empat menit kemudian. Lolos dari kawalan bola yang dilepaskannya hanya melintas di depan gawang Indonesia.

Indonesia mendapat kesempatan mencetak gol melalui Egy Maulana Vikri. Tapi, tendangannya masih jauh dari sasaran.

Memasuki menit 30 Vietnam mulai gencar melakukan serangan, namun mereka selalu gagal dalam penyelesaian akhir. Sebaliknya, Indonesia juga kerap melakukan kesalahan mendasar.

Menit 37 Binh Nguyen Thanh hampir melakukan kesalahan dan bisa berujung gol. Selanjutnya ada dua kesempatan Indonesia mencetak gol melalui Egy dan Andhika memanfaatkan kemelut di depan gawang Vietnam.

Jelang babak pertama berakhir, Indonesia dan Vietnam masih kesulitan mencetak gol, meski banyak mendapat peluang. Skor pun tetap 0-0 di babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Laga di babak ini belum berjalan satu menit Anh Ly Cong Hoang nyaris membawa keunggulan untuk Vietnam. Beruntung, bola masih bisa diaamankan kiper Adi Satrio.

Peluang emas kedua didapat Vietnam. Sayang, sundulan Nguyen Tien Linh mengarah tepat ke pelukan Adi Satrio.

Akhirnya menit 54 Vietnam berhasil membuka keunggulan. Kerjasama apik di dalam pertahanan Indonesia diselesaikan Nguyen Tien Linh dengan baik.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong mengganti 3 pemain dan memasukkan Ronaldo, Witan, dan Alfreanda. Mereka mencoba mengejar ketinggalan satu gol.

Unggul satu gol Vietnam lebih percaya diri dalam melakukan serangan. Beberapa kali peluang berbahaya tercipta di depan gawang Indonesia.

Vietnam menambah kemenangan pada rmenit 73. Kerja sama apik di daerah pertahanan Indonesia diselesaikan dengan sontekan Dung do Hing.

Indonesia makin kesulitan mengejar defisit dua gol, karena sering mendapat tekanan. Marc Klok dan kawan-kawan terus-terusan mendapat gempuran lawannya.

Menit 88 gawang Indonesa kembali kebobolan. Tendangan lemah Do Le Van meluncur ke gawang Adi Satrio. Hingga laga berakhir kedudukan 3-0 untuk Vietnam tetap tidak berubah.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Vietnam: 20 Anh Bui Hoang Viet, 2 Xuan Le Van, 4 Binh Nguyen Thanh, 16 Dung do Hing, 18 Toan Nguyen Van, 14 Duc Hoang Ngyuen, 12 Tai Phan Tuan, 7 Do Le Van, 11 Tung Nguyen Van, 10 Anh Ly Cong Hoang, 9 Nguyen Tien Linh

Indonesia: Muhammad Adi Satrio, Ilham Rio, Fachrudin Ariyanto, Rizki Rido, Firza Andhika, Marc Klok, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari, Saddil Ramdani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.