Segera Bertanding, Ini Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Vietnam di SEA Games 2021

Oleh Marco Tampubolon pada 06 Mei 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2022, 18:00 WIB
Timnas Indonesia U-23 latihan di Vietnam. (PSSI).
Perbesar
Timnas Indonesia U-23 latihan di Vietnam. (PSSI).

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 bakal mengawali kiprahnya di SEA Games 2021 Hanoi. Pasukan Shin Taa-yong bakal meretas asa meraih emas perdana dari cabang sepak bola setelah terakhir kali direbut pada 1991 lalu.

Namun perjalanan Timnas Indonesia U-23 tidak mudah. Sebab di babak penyisihan, Garuda Muda bergabung di grup A yang dihuni, Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste. Di laga perdana, Timnas Indonesia U-23 yang sebelumnya mengasah kemampuan di Korea Selatan bahkan sudah harus bertemu tuan rumah.

Pertarungan bakal berlangsung di Viet Tri Stadium, Hanoi, Jumat (6/6/2022). Ini merupakan duel ulangan final SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina. Dalam laga tersebut, Indonesia menyerah 0-3.

Sebanyak 20 pemain diboyong ke SEA Games 2021. Sebagian merupakan pemain yang sempat bersinar di Piala AFF 2020 lalu. Sayang, PSSI gagal menghadirkan bek kiri berbakat Pratama Arhan. Mantan pemain PSIS Semarang itu tidak mendapat izin dari timnya, Tokyo Verdy untuk tampil di multi cabang 2 tahunan ini.

SEA Games 2021 Hanoi juga bakal jadi debut pemain naturalisasi Marc Klok bersama tim Merah Putih. Pemain berdarah Belanda itu pun tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Gelandang yang memperkuat Persib Bandung itu siap memberikan kemampuan terbaiknya agar Garuda Muda meraih hasil yang maksimal.

"Jadi semua sudah siap. Kami sudah persiapan di Korea. Kami sudah merasa dalam kondisi bagus untuk bermain," jelas pemain naturalisasi asal Belanda tersebut seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

Marc Klok menilai Vietnam tim yang bagus apalagi mereka juara bertahan dan bermain di kandang sendiri."Mereka main di kandang sendiri dan itu pasti keuntungan. Namun kami tidak fokus ke mereka, tetapi ke diri sendiri dan itu lebih penting," Mark Klok menjelaskan.

 

 


Latihan di Vietnam

Timnas Indonesia U-23 berlatih di Vietnam. (PSSI).
Perbesar
Timnas Indonesia U-23 latihan di Vietnam. (PSSI).

Timnas U-23 menggelar latihan perdana di Vietnam, Rabu (4/5/2022). Sebanyak 18 pemain semangat dan antusias mendengar instruksi Shin Tae-yong. Sementara dua nama yakni Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam belum bergabung dengan skuad Garuda Muda.

"Hari ini kami memulai latihan di lapangan karena semalam hanya latihan pemulihan kondisi setelah tiba di sini. Kami latihan eksekusi atau skema bola mati, serta terus mematangkan taktik dan strategi," kata Shin Tae-yong dilansir situs resmi federasi.

"Kondisi pemain hingga saat ini sangat baik dan siap melakoni laga perdana melawan Vietnam. Meski begitu, lapangan yang kami pakai untuk latihan hari ini rumputnya tidak bagus dan tidak cocok untuk sepak bola modern saat ini," tambahnya.

Gelandang Saddil Ramdani menikmati latihan tersebut. Dia merasa dalam kondisi baik dan enjoy.

"Tadi kami diberikan latihan bagaimana strategi saat set piece. Kami siap memberikan yang terbaik untuk Indonesia di ajang SEA Games 2021 ini.

"Namun saat latihan, lapangan yang kami saya rasa tidak bagus. Banyak lubang dan berpasir. Namun ini bukan menjadi alasan kami, melawan Vietnam di laga perdana tentu menjadi laga yang penting dan kami berjuang keras demi meraih kemenangan," kata Saddil.


Tuan Rumah Tertekan

Park Hang-seo
Perbesar
Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan.

Sementara itu, Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo menyebut anak-anak asuhnya berada dalam situasi tertekan jelang laga perdana SEA Games 2021 kontra Timnas Indonesia U-23,

Seperti yang telah diketahui, Timnas Vietnam menyandang status sebagai tuan rumah sekaligus juara bertahan cabor sepak bola di ajang olahraga multievent tersebut. Tak heran jika tuntutan mempertahankan gelar juara menjadi faktor yang memengaruhi psikologis skuad The Golden Star sebelum menghadapi pertandingan.

“SEA Games tahun ini diadakan di Vietnam dan kami adalah juara bertahan. Saya tahu bahwa masyarakat Vietnam berharap banyak dari kami,” ujar Park Hang-seo pada Kamis (5/5/2022) lalu seperti dilansir dari Soha.vn, Jumat (6/5/2022).

“Saya pikir para pemain berada di bawah tekanan (karena hal itu). Akan tetapi, kami akan mencoba (memberikan) yang terbaik dan membawa kebahagiaan bagi banyak orang,” pungkas sang juru taktik berusia 64 tahun.


Link Live Streaming

Pertandingan Timnas Indonesia U-23 Vs Vietnam di SEA Games 2021 bakal disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi RCTI. Kick off bakal berlangsung mulai pukul 19.00 WIB.

Pertandingan krusial ini juga bisa disaksikan melalui live streaming di RCTI+. Anda bisa mengikutinya lewat link ini: https://www.rctiplus.com/tv/rcti.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya